Menikmati Keindahan Wisata Sangiran

Posted on

Pendahuluan

Sangiran merupakan sebuah kawasan yang terletak di Sragen, Jawa Tengah. Kawasan ini terkenal dengan situs fosil manusia purba yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, Sangiran juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dinikmati saat berkunjung ke wisata Sangiran.

Keindahan Alam

Sangiran terletak di daerah perbukitan yang mempesona. Di sekitar kawasan ini terdapat pemandangan yang indah seperti perbukitan hijau, sawah yang menghijau, dan sungai yang jernih. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat beberapa air terjun yang memukau seperti air terjun Grojogan Sewu dan air terjun Jumog. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan di sekitar kawasan atau melakukan kegiatan outdoor seperti hiking atau camping.

Situs Fosil Manusia Purba

Sangiran terkenal sebagai situs fosil manusia purba yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di kawasan ini terdapat beberapa situs fosil manusia purba seperti Sangiran 2, Sangiran 17, dan Sangiran 31. Selain itu, di Sangiran juga terdapat museum yang menampilkan koleksi fosil manusia purba dan artefak lainnya. Wisatawan dapat mempelajari sejarah dan budaya manusia purba di museum tersebut.

Wisata Lainnya:  Wisata Tanjung Sakti: Keindahan Pantai yang Menakjubkan

Kegiatan Edukasi

Sangiran juga menawarkan kegiatan edukasi yang menarik bagi wisatawan. Di kawasan ini terdapat beberapa program seperti program pelatihan arkeologi dan program pelatihan paleontologi. Program ini memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk belajar dan memahami lebih dalam mengenai sejarah dan budaya manusia purba.

Kuliner Khas

Saat berkunjung ke Sangiran, wisatawan juga dapat mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Salah satu kuliner khas Sangiran adalah empal gentong yang terkenal dengan kuah santannya yang gurih dan daging sapi yang empuk. Selain itu, di sekitar kawasan Sangiran juga terdapat banyak warung makan yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman.

Pusat Kerajinan

Sangiran juga terkenal sebagai pusat kerajinan batu alam. Di kawasan ini terdapat banyak pengrajin yang menghasilkan berbagai macam kerajinan seperti patung, vas, dan hiasan dinding dari batu alam. Wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan tersebut dan membeli sebagai oleh-oleh.

Kesimpulan

Sangiran merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, belajar sejarah dan budaya manusia purba, mencicipi kuliner khas daerah, dan melihat proses pembuatan kerajinan batu alam. Sangiran juga mudah dijangkau karena terletak di jalur utama antara Solo dan Semarang. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Sangiran dan nikmati keindahannya.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *