Menikmati Keindahan Wisata Prabumulih dengan Berbagai Destinasi Menarik

Posted on

Prabumulih merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Meskipun tidak sebesar kota-kota lain di Indonesia, Prabumulih menyimpan banyak pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner, semua bisa ditemukan di kota kecil yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa destinasi menarik yang wajib dikunjungi saat berlibur di Prabumulih.

1. Air Terjun Curup Embun

Jika Anda suka dengan wisata alam, maka Air Terjun Curup Embun harus masuk dalam daftar kunjungan Anda. Air terjun yang terletak di Desa Embacang Kecamatan Cambai ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan dikelilingi oleh hutan hijau yang masih alami. Suara gemericik air yang jernih dan udara sejuk yang menyegarkan akan membuat Anda merasa rileks dan tenang.

2. Danau Ranau

Danau Ranau merupakan danau alami terbesar di Sumatera Selatan. Danau ini terletak di ketinggian 1.200 mdpl dan dikelilingi oleh pegunungan yang indah. Selain menikmati keindahan alam, Anda juga bisa melakukan aktivitas seperti memancing, berperahu, atau sekadar bersantai di tepi danau.

3. Puncak Gunung Besar

Bagi Anda yang suka dengan olahraga pendakian, Puncak Gunung Besar adalah destinasi yang tepat untuk Anda kunjungi. Gunung Besar memiliki ketinggian sekitar 1.965 mdpl dan memiliki jalur pendakian yang menantang. Namun, usaha yang dihasilkan akan terbayar ketika Anda berhasil mencapai puncak dan menikmati pemandangan yang spektakuler dari atas.

4. Museum Batu Tulis

Wisata sejarah juga bisa ditemukan di Prabumulih. Museum Batu Tulis adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika Anda ingin mengetahui sejarah Prabumulih lebih dalam. Museum ini berisi berbagai koleksi batu tulis yang digunakan sebagai naskah pada masa lampau. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai artefak kuno lainnya yang menarik untuk dilihat.

Wisata Lainnya:  Objek Wisata Amerika Serikat yang Terkenal dengan Gletsernya Adalah

5. Kuliner Prabumulih

Liburan tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas daerah yang dikunjungi. Prabumulih memiliki banyak kuliner lezat yang patut Anda coba. Salah satunya adalah pempek. Pempek Prabumulih memiliki cita rasa yang berbeda dengan pempek dari daerah lain. Selain itu, ada juga masakan khas Palembang seperti pindang patin dan tekwan yang bisa Anda nikmati di Prabumulih.

6. Pasar Kuto Padang

Jika Anda ingin berbelanja oleh-oleh khas Prabumulih, Pasar Kuto Padang adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Pasar ini menjual berbagai barang seperti kerajinan tangan, pakaian adat, dan makanan khas Prabumulih. Harga barang yang dijual juga terjangkau, sehingga cocok bagi Anda yang ingin berbelanja dengan budget yang terbatas.

7. Istana Raja Pagaruyung

Salah satu destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi di Prabumulih adalah Istana Raja Pagaruyung. Istana ini merupakan salah satu peninggalan sejarah kerajaan Pagaruyung yang pernah berdiri di Sumatera Barat. Di dalam istana, Anda bisa melihat berbagai koleksi kerajaan seperti kursi kerajaan, perhiasan, dan senjata tradisional.

8. Wisata Religi

Bagi Anda yang ingin mengisi liburan dengan kegiatan spiritual, Prabumulih juga memiliki wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Masjid Agung Al-Mujahidin. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Prabumulih dan memiliki arsitektur yang indah. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi tempat ziarah seperti Makam Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani dan Makam Syekh Burhanuddin.

9. Pantai Tanjung Senang

Prabumulih tidak memiliki pantai yang besar, namun Pantai Tanjung Senang merupakan destinasi wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. Pantai ini terletak di Desa Bumi Agung dan memiliki pemandangan yang indah. Anda bisa menghabiskan waktu dengan bermain di pantai, berenang, atau sekadar menikmati keindahan alam.

10. Taman Wisata Alam Bukit Puntang

Taman Wisata Alam Bukit Puntang adalah destinasi wisata alam yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam dan melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda, berkuda, atau sekadar berjalan-jalan. Selain itu, di taman ini juga terdapat beberapa wahana permainan untuk anak-anak.

11. Wisata Edukasi Peternakan Sapi

Wisata Edukasi Peternakan Sapi adalah destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak. Di sini, anak-anak bisa belajar tentang peternakan sapi dan cara merawatnya. Selain itu, anak-anak juga bisa melakukan aktivitas seperti memberi makan sapi atau berkeliling di sekitar peternakan.

Wisata Lainnya:  Harga Tiket Masuk Telaga Saat Puncak, 6 Tips yang Wajib Anda Perhatikan¬†¬†

12. Desa Wisata Tanjung Bulan

Desa Wisata Tanjung Bulan adalah destinasi wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi. Di sini, Anda bisa melihat kehidupan masyarakat Prabumulih yang masih mempertahankan adat dan budaya tradisional. Anda juga bisa mencoba berbagai makanan khas Prabumulih dan membeli kerajinan tangan yang dibuat oleh masyarakat setempat.

13. Wisata Air Terjun Curup Tenang

Wisata Air Terjun Curup Tenang adalah destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan hijau yang masih alami. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berenang atau sekadar bersantai di tepi air terjun.

14. Wisata Religi Masjid Jami’ Al-Husna

Masjid Jami’ Al-Husna adalah salah satu masjid terbesar di Prabumulih. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan cocok untuk dijadikan destinasi wisata religi. Di dalam masjid, Anda bisa melihat berbagai koleksi seni dan arsitektur Islam yang menarik.

15. Wisata Religi Makam Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani

Makam Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani adalah tempat ziarah yang penting bagi umat Islam di Prabumulih. Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani merupakan tokoh sufi terkenal di dunia Islam dan memiliki banyak pengikut di Indonesia. Di makam ini, Anda bisa merasakan atmosfer yang sakral dan berdoa di dekat makam Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani.

16. Wisata Religi Makam Syekh Burhanuddin

Makam Syekh Burhanuddin adalah salah satu tempat ziarah terkenal di Prabumulih. Syekh Burhanuddin merupakan tokoh sufi yang terkenal di daerah Sumatera Selatan. Di makam ini, Anda bisa merasakan atmosfer yang sakral dan berdoa di dekat makam Syekh Burhanuddin.

17. Wisata Religi Masjid Al-Hidayah

Masjid Al-Hidayah adalah salah satu masjid terbesar di Prabumulih. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan cocok untuk dijadikan destinasi wisata religi. Di dalam masjid, Anda bisa melihat berbagai koleksi seni dan arsitektur Islam yang menarik.

18. Wisata Sejarah Suku Anak Dalam

Suku Anak Dalam adalah suku asli yang tinggal di hutan di sekitar Prabumulih. Suku ini memiliki kebudayaan dan adat yang unik dan menarik untuk dipelajari. Anda bisa mengunjungi desa-desa suku Anak Dalam dan belajar tentang kehidupan mereka di hutan.

19. Wisata Sejarah Kampung Dalam

Kampung Dalam adalah salah satu kampung di Prabumulih yang memiliki sejarah yang panjang. Kampung ini dulu menjadi pusat perdagangan dan perkebunan pada masa kolonial Belanda. Di kampung ini, Anda bisa melihat bangunan-bangunan tua yang masih terawat dengan baik dan belajar tentang sejarah kampung Dalam.

Wisata Lainnya:  Wisata Baru di Puncak Bogor: Menikmati Keindahan Alam di Atas Bukit

20. Wisata Sejarah Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak adalah salah satu peninggalan sejarah dari masa kolonial Belanda. Benteng ini terletak di pusat kota Prabumulih dan menjadi salah satu ikon dari kota ini. Di dalam benteng, Anda bisa melihat berbagai koleksi sejarah dan seni dari masa lalu.

21. Wisata Alam Danau Air Manis

Danau Air Manis adalah danau buatan yang terletak di sekitar Prabumulih. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk piknik atau sekadar bersantai. Selain itu, di sekitar danau terdapat berbagai wahana permainan yang menarik untuk anak-anak.

22. Wisata Kuliner Sate Padang

Sate Padang adalah salah satu kuliner khas Sumatera Barat yang bisa Anda nikmati di Prabumulih. Sate Padang dibuat dari daging sapi atau kambing yang dipanggang dengan bumbu kacang yang khas. Rasanya yang gurih dan pedas akan membuat lidah Anda bergoyang.

23. Wisata Kuliner Martabak Manis

Martabak Manis adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang bisa Anda nikmati di Prabumulih. Martabak Manis ini terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan telur, susu, dan gula. Di atasnya, ditambahkan berbagai topping seperti coklat, keju, atau kacang.

24. Wisata Kuliner Pindang Patin

Pindang Patin adalah salah satu kuliner khas Palembang yang bisa Anda nikmati di Prabumulih. Pindang Patin terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu khas Palembang seperti daun jeruk, lengkuas, dan cabai. Rasanya yang pedas dan segar akan membuat Anda ketagihan.

25. Wisata Kuliner Tekwan

Tekwan adalah salah satu kuliner khas Palembang yang bisa Anda nikmati di Prabumulih. Tekwan terbuat dari adonan ikan yang dicampur dengan tepung sagu dan dibentuk bulat-bulat. Tekwan kemudian dimasak dengan kuah kaldu ikan yang khas. Rasanya yang gurih dan pedas akan membuat Anda ketagihan.

26. Wisata Alam Hutan Kota Prabumulih

Hutan Kota Prabumulih adalah destinasi wisata alam yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam dan melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda, berjalan-jalan, atau sekadar beristirahat di bawah pohon-pohon yang rindang.

27. Wisata Alam Bukit Betung

Bukit Betung adalah destinasi wisata alam yang cocok untuk dikunjungi bersama teman atau

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *