Menikmati Keindahan Alam di Tempat Wisata di Amuntai

Posted on

Amuntai merupakan kota kecil yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Meskipun tergolong kecil, kota ini memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Amuntai yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu liburan Anda.

1. Danau Siring

Danau Siring merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Amuntai. Danau ini terletak di Desa Siring Agung, Kecamatan Amuntai Tengah. Danau Siring memiliki panorama alam yang indah, dengan air yang jernih dan pemandangan pegunungan yang hijau di sekitarnya.

Selain menikmati keindahan alam, di Danau Siring Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti bersepeda, memancing, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

2. Air Terjun Amandit

Tempat wisata di Amuntai selanjutnya adalah Air Terjun Amandit. Air terjun ini terletak di Desa Amandit, Kecamatan Amuntai Selatan. Air Terjun Amandit memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki kolam alami yang dapat digunakan untuk berenang atau sekadar bermain air.

Untuk mencapai Air Terjun Amandit, Anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari jalan utama. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang memukau di sepanjang perjalanan.

3. Pantai Basirih

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai di Amuntai, maka Pantai Basirih bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai ini terletak di Desa Basirih, Kecamatan Amuntai Utara. Pantai Basirih memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, sehingga cocok untuk berenang atau sekadar bersantai menikmati pemandangan laut.

Di sekitar Pantai Basirih juga terdapat warung makan dan penginapan yang bisa digunakan untuk beristirahat atau sekadar menikmati makanan khas daerah.

4. Desa Wisata Handep Haruk

Desa Wisata Handep Haruk merupakan salah satu tempat wisata di Amuntai yang menawarkan pengalaman berbeda. Desa ini terletak di Kecamatan Amuntai Tengah dan memiliki keunikan dalam budaya dan tradisi masyarakatnya.

Wisata Lainnya:  30 Tempat Wisata di Dubai yang Wajib Dikunjungi

Di Desa Wisata Handep Haruk, Anda bisa belajar tentang kehidupan sehari-hari masyarakat setempat, seperti membuat makanan tradisional, mengikuti upacara adat, atau sekadar berinteraksi dengan warga setempat. Selain itu, di Desa Wisata Handep Haruk juga terdapat berbagai kerajinan tangan khas daerah yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh.

5. Bukit Batu Kambing

Bukit Batu Kambing merupakan tempat wisata di Amuntai yang cocok untuk Anda yang suka hiking atau mendaki. Bukit ini terletak di Desa Banua Hanyar, Kecamatan Amuntai Selatan, dan memiliki ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut.

Selain menikmati pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan, di puncak Bukit Batu Kambing Anda juga bisa menikmati pemandangan Kota Amuntai dari ketinggian yang menakjubkan.

6. Air Terjun Kambang

Tempat wisata di Amuntai selanjutnya adalah Air Terjun Kambang. Air terjun ini terletak di Desa Kambang, Kecamatan Amuntai Tengah, dan memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air Terjun Kambang memiliki kolam alami yang dapat digunakan untuk berenang atau sekadar bermain air.

Untuk mencapai Air Terjun Kambang, Anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari jalan utama. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang memukau di sepanjang perjalanan.

7. Taman Wisata Alam Sungai Amuntai

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam di Amuntai, maka Taman Wisata Alam Sungai Amuntai bisa menjadi pilihan yang tepat. Taman ini terletak di Kecamatan Amuntai Tengah dan memiliki panorama alam yang indah, dengan sungai yang mengalir di sekitarnya dan pemandangan pegunungan yang hijau di kejauhan.

Anda bisa menikmati keindahan alam di Taman Wisata Alam Sungai Amuntai dengan berjalan-jalan di sepanjang sungai atau sekadar duduk-duduk menikmati pemandangan. Selain itu, di taman ini juga terdapat area perkemahan dan spot memancing yang bisa digunakan untuk bersantai dengan keluarga atau teman.

8. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling merupakan tempat wisata di Amuntai yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Bukit ini terletak di Desa Tangkiling, Kecamatan Amuntai Tengah, dan memiliki ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut.

Anda bisa menikmati pemandangan Kota Amuntai dari puncak Bukit Tangkiling, sambil menikmati angin segar dan udara yang sejuk. Di sepanjang perjalanan menuju puncak, Anda juga akan disuguhi keindahan alam yang memukau.

Wisata Lainnya:  Air Terjun Tumpak Sewu: Keindahan Alam yang Menakjubkan di Jawa Timur

9. Masjid Agung Amuntai

Masjid Agung Amuntai merupakan salah satu tempat wisata di Amuntai yang memiliki nilai sejarah dan keindahan arsitektur. Masjid ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Amuntai Tengah, dan memiliki arsitektur yang khas dengan atap bergaya Jawa.

Anda bisa mengunjungi Masjid Agung Amuntai untuk beribadah atau sekadar menikmati keindahan arsitekturnya. Di sekitar masjid juga terdapat pasar tradisional dan toko-toko oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi.

10. Puncak Kandangan

Puncak Kandangan merupakan tempat wisata di Amuntai yang cocok untuk Anda yang suka hiking atau mendaki. Puncak ini terletak di Desa Kandangan, Kecamatan Amuntai Tengah, dan memiliki ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut.

Anda bisa menikmati pemandangan Kota Amuntai dan sekitarnya dari puncak Kandangan, sambil menikmati udara yang sejuk dan segar. Namun, perjalanan menuju puncak cukup melelahkan, sehingga disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan pendakian.

11. Air Terjun Kunci

Tempat wisata di Amuntai selanjutnya adalah Air Terjun Kunci. Air terjun ini terletak di Desa Kunci, Kecamatan Amuntai Tengah, dan memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Air Terjun Kunci memiliki kolam alami yang dapat digunakan untuk berenang atau sekadar bermain air.

Untuk mencapai Air Terjun Kunci, Anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari jalan utama. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang memukau di sepanjang perjalanan.

12. Bukit Batu Lintang

Bukit Batu Lintang merupakan tempat wisata di Amuntai yang cocok untuk Anda yang suka hiking atau mendaki. Bukit ini terletak di Desa Batu Lintang, Kecamatan Amuntai Tengah, dan memiliki ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut.

Anda bisa menikmati pemandangan Kota Amuntai dan sekitarnya dari puncak Bukit Batu Lintang, sambil menikmati udara yang sejuk dan segar. Namun, perjalanan menuju puncak cukup melelahkan, sehingga disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan pendakian.

13. Pantai Bulan Sabit

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai di Amuntai, maka Pantai Bulan Sabit bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai ini terletak di Desa Bulan Sabit, Kecamatan Amuntai Utara. Pantai Bulan Sabit memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, sehingga cocok untuk berenang atau sekadar bersantai menikmati pemandangan laut.

Di sekitar Pantai Bulan Sabit juga terdapat warung makan dan penginapan yang bisa digunakan untuk beristirahat atau sekadar menikmati makanan khas daerah.

Wisata Lainnya:  Indomaret Grand Wisata: Toko Kelontong Terbaik di Kota Bekasi

14. Air Terjun Hamparaya

Tempat wisata di Amuntai selanjutnya adalah Air Terjun Hamparaya. Air terjun ini terletak di Desa Hamparaya, Kecamatan Amuntai Tengah, dan memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Air Terjun Hamparaya memiliki kolam alami yang dapat digunakan untuk berenang atau sekadar bermain air.

Untuk mencapai Air Terjun Hamparaya, Anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari jalan utama. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang memukau di sepanjang perjalanan.

15. Bukit Gula-Gula

Bukit Gula-Gula merupakan tempat wisata di Amuntai yang cocok untuk Anda yang suka hiking atau mendaki. Bukit ini terletak di Desa Gula-Gula, Kecamatan Amuntai Tengah, dan memiliki ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut.

Anda bisa menikmati pemandangan Kota Amuntai dari puncak Bukit Gula-Gula, sambil menikmati angin segar dan udara yang sejuk. Di sepanjang perjalanan menuju puncak, Anda juga akan disuguhi keindahan alam yang memukau.

16. Danau Riam Kanan

Tempat wisata di Amuntai selanjutnya adalah Danau Riam Kanan. Danau ini terletak di Desa Riam Kanan, Kecamatan Amuntai Selatan, dan memiliki panorama alam yang indah, dengan air yang jernih dan pemandangan pegunungan yang hijau di sekitarnya.

Selain menikmati keindahan alam, di Danau Riam Kanan Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti bersepeda, memancing, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

17. Pantai Baru

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai di Amuntai, maka Pantai Baru bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai ini terletak di Desa Baru, Kecamatan Amuntai Selatan. Pantai Baru memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, sehingga cocok untuk berenang atau sekadar bersantai menikmati pemandangan laut.

Di sekitar Pantai Baru juga terdapat warung makan dan penginapan yang bisa digunakan untuk beristirahat atau sekadar menikmati makanan khas daerah.

18. Air Terjun Bapinang

Tempat wisata di Amuntai selanjutnya adalah Air Terjun Bapinang. Air terjun ini terletak di Desa Bapinang, Kecamatan Amuntai Tengah, dan memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air Ter

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *