Keraton Kanoman: Sejarah, Keunikan, dan Pesona Tariannya

Posted on

Keraton Kanoman menjadi salah satu objek wisata budaya yang cukup populer di Cirebon. Keraton ini berada di daerah Kanoman, tepatnya di Jalan Kasepuhan No. 14, Kanoman, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Keraton Kanoman memiliki sejarah yang panjang dan menarik, serta keunikan dan pesona tariannya yang khas.

Sejarah Keraton Kanoman

Keraton Kanoman didirikan oleh Pangeran Wangsakerta pada tahun 1706. Pangeran Wangsakerta merupakan putra dari Pangeran Kusumayuda, yang merupakan putra sulung Sultan Anom I. Pangeran Wangsakerta membangun keraton ini setelah ia terlibat konflik dengan adiknya, yaitu Pangeran Wangsakusuma, yang membangun Keraton Kasepuhan.

Keraton Kanoman awalnya dibangun di daerah Karang Anyar, tetapi kemudian dipindahkan ke daerah Kanoman pada tahun 1724. Pada masa pemerintahan Pangeran Wiralaga, keraton ini mengalami perluasan dan renovasi yang membuatnya semakin megah dan indah.

Pada masa penjajahan Belanda, Keraton Kanoman menjadi tempat perlindungan bagi para pejuang kemerdekaan. Setelah Indonesia merdeka, keraton ini menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya di Kota Cirebon.

Wisata Lainnya:  Pantai Carita Anyer Pandeglang: Surganya Wisata Pantai di Indonesia

Keunikan Keraton Kanoman

Keraton Kanoman memiliki keunikan yang berbeda dengan keraton-keraton lain di Jawa. Salah satu keunikan tersebut adalah arsitektur bangunannya yang mencirikan gaya arsitektur Cirebon. Bangunan keraton ini memiliki sentuhan kesenian Cirebon, khususnya dalam ornamen-ornamen ukiran kayunya.

Di dalam keraton ini terdapat berbagai macam koleksi seni dan budaya Cirebon, seperti wayang golek, kain batik, dan gamelan. Koleksi-koleksi tersebut menjadi bukti kekayaan seni dan budaya Cirebon yang sangat terjaga dengan baik oleh pengelola keraton.

Pesona Tari Keraton Kanoman

Tari Keraton Kanoman merupakan salah satu tarian tradisional yang sangat terkenal di Cirebon. Tarian ini memiliki gerakan-gerakan yang khas dan indah, serta diiringi oleh musik gamelan yang merdu.

Tari Keraton Kanoman biasanya ditampilkan pada acara-acara adat, seperti pernikahan, khitanan, dan upacara adat lainnya. Tarian ini juga sering ditampilkan di keraton sebagai bagian dari kegiatan seni dan budaya.

Cara Menuju Keraton Kanoman

Jika Anda ingin berkunjung ke Keraton Kanoman, Anda dapat menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota atau ojek. Keraton ini berada di pusat Kota Cirebon, sehingga mudah dijangkau dari berbagai tempat di kota ini.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Plempoh: Wisata Budaya yang Menyegarkan

Bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengakses keraton ini melalui Jalan Brigjen Dharsono atau Jalan Pangeran Cakrabuana. Keraton Kanoman memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung.

Kegiatan di Keraton Kanoman

Keraton Kanoman menjadi salah satu pusat kegiatan seni dan budaya di Kota Cirebon. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai macam kegiatan seni dan budaya, seperti pertunjukan tari, pertunjukan musik, serta pameran seni dan budaya.

Keraton Kanoman juga menyediakan berbagai macam layanan bagi pengunjungnya, seperti sewa kostum adat Cirebon, kursus tari dan musik, serta penginapan bagi para wisatawan yang ingin menginap di keraton ini.

Rekomendasi Penginapan di Sekitar Keraton Kanoman

Bagi Anda yang ingin menginap di sekitar Keraton Kanoman, Anda dapat memilih beberapa penginapan yang berada di sekitar keraton ini. Beberapa rekomendasi penginapan tersebut antara lain:

  • Hotel Cirebon Plaza
  • Hotel Prima Cirebon
  • Hotel Santika Cirebon
  • Hotel Grand Dian Boutique

Hotel-hotel tersebut memiliki fasilitas yang memadai dan lokasi yang strategis, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Keraton Kanoman dan sekitarnya.

Wisata Lainnya:  Wisata Cilongok Ajibarang: Menikmati Keindahan Alam Jawa Tengah

Kesimpulan

Keraton Kanoman merupakan salah satu objek wisata budaya yang menarik di Kota Cirebon. Keraton ini memiliki sejarah yang panjang dan keunikan yang berbeda dengan keraton-keraton lain di Jawa. Tidak hanya itu, tari Keraton Kanoman juga menjadi salah satu tarian tradisional yang sangat terkenal di Cirebon.

Jika Anda ingin berkunjung ke Keraton Kanoman, Anda dapat menikmati berbagai macam kegiatan seni dan budaya, serta menginap di penginapan-penginapan terdekat. Dengan demikian, liburan Anda di Kota Cirebon akan semakin berkesan dan mengesankan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *