Kampung Cina Kota Wisata Cibubur: Wisata Sejarah yang Menarik

Posted on

Kampung Cina Kota Wisata Cibubur merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di kawasan Kota Wisata Cibubur, kawasan ini menyimpan sejarah yang cukup menarik. Letaknya yang strategis membuat tempat ini menjadi ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Sejarah Kampung Cina Kota Wisata Cibubur

Kampung Cina Kota Wisata Cibubur memiliki sejarah yang cukup panjang. Kampung ini merupakan tempat tinggal para pekerja asal Tiongkok yang bekerja di perkebunan teh Cibarusah pada masa kolonial Belanda.

Para pekerja asal Tiongkok ini dibawa oleh Belanda untuk bekerja di perkebunan teh Cibarusah pada tahun 1863. Karena jarak yang cukup jauh dari perkebunan, maka mereka memilih untuk tinggal di daerah yang dekat dengan perkebunan tersebut.

Pada tahun 1960-an, Kampung Cina Kota Wisata Cibubur menjadi salah satu kawasan industri penghasil genteng. Seiring dengan perkembangan zaman, kawasan ini kemudian berubah menjadi kawasan wisata sejarah.

Wisata Lainnya:  Wisata Batam Singapore: Menikmati Keindahan Wisata di Batam dan Singapura

Keunikan Kampung Cina Kota Wisata Cibubur

Kampung Cina Kota Wisata Cibubur memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya. Kawasan ini menyimpan jejak sejarah yang cukup panjang, seperti rumah-rumah tua bergaya Tiongkok yang masih terawat dengan baik.

Tersedia juga toko-toko yang menjual barang-barang khas Tiongkok, seperti lukisan, patung, dan kerajinan tangan. Selain itu, wisatawan bisa mencicipi kuliner khas Tiongkok yang lezat di restoran-restoran yang ada di kawasan ini.

Tempat Wisata yang Ramah Keluarga

Kampung Cina Kota Wisata Cibubur merupakan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Selain dapat menambah pengetahuan sejarah, wisatawan juga dapat menikmati keindahan arsitektur rumah-rumah bergaya Tiongkok yang masih terawat dengan baik.

Kawasan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti toilet, tempat parkir, dan tempat istirahat. Tersedia pula guide yang siap memberikan informasi seputar kawasan ini.

Cara Menuju Kampung Cina Kota Wisata Cibubur

Kampung Cina Kota Wisata Cibubur dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan dapat mengikuti rute Jakarta-Cikampek tol, lalu keluar di gerbang Cibubur. Kemudian, ikuti jalan arteri Cibubur sampai ke kawasan Kota Wisata Cibubur.

Wisata Lainnya:  Strategi Pengembangan Wisata: Meningkatkan Potensi Pariwisata Indonesia

Jika menggunakan transportasi umum, wisatawan dapat naik angkutan umum dari Terminal Kampung Rambutan menuju Terminal Jatijajar. Kemudian, naik angkutan umum jurusan Cibubur dan turun di depan gerbang Kota Wisata Cibubur.

Jadwal Buka Kampung Cina Kota Wisata Cibubur

Kampung Cina Kota Wisata Cibubur buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp 10.000,- per orang.

Kesimpulan

Kampung Cina Kota Wisata Cibubur merupakan tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Kawasan ini menyimpan jejak sejarah yang cukup panjang, seperti rumah-rumah tua bergaya Tiongkok yang masih terawat dengan baik. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas Tiongkok yang lezat di restoran-restoran yang ada di kawasan ini.

Kampung Cina Kota Wisata Cibubur juga merupakan tempat wisata yang ramah keluarga. Kawasan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti toilet, tempat parkir, dan tempat istirahat. Jadwal buka yang fleksibel juga membuat wisatawan dapat mengunjungi kawasan ini kapan saja.

Jadi, bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan sejarah dan menikmati kuliner khas Tiongkok, jangan lupa kunjungi Kampung Cina Kota Wisata Cibubur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *