Desa Wisata Wanurejo – Wisata Asri di Tengah Kota Jogja

Posted on

Desa Wisata Wanurejo merupakan destinasi wisata yang terletak di tengah kota Yogyakarta. Desa ini menawarkan suasana yang asri dan tenang, jauh dari keramaian kota. Terletak di kaki Gunung Merapi, Wanurejo memiliki keindahan alam yang memukau dan udara yang segar.

Lokasi Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak tempuh dari pusat kota Yogyakarta sekitar 15 km dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit.

Untuk menuju ke Desa Wisata Wanurejo, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengikuti rute Jalan Kaliurang – Jalan Monjali – Jalan Candi Gebang – Jalan Sunan Pandanaran. Namun, jika menggunakan angkutan umum, pengunjung dapat naik bus TransJogja rute 2A dan turun di Halte Wanurejo.

Wisata Lainnya:  Wisata Outbound Malang: Liburan Seru dan Menantang

Keindahan Alam Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Terletak di kaki Gunung Merapi, desa ini memiliki lanskap yang indah dan udara yang segar. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sawah, perkebunan, dan hutan yang masih asri.

Selain itu, Desa Wisata Wanurejo juga memiliki air terjun yang indah, yaitu Air Terjun Surodipo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan airnya sangat jernih. Pengunjung dapat berenang dan menikmati keindahan alam sekitar.

Budaya dan Kearifan Lokal di Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo juga memiliki budaya dan kearifan lokal yang masih dijaga hingga saat ini. Salah satu kearifan lokal yang masih dilestarikan adalah seni tari lengger. Seni tari lengger merupakan tarian yang ditarikan oleh wanita dengan gerakan yang lemah gemulai.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan gula kelapa tradisional. Gula kelapa yang dihasilkan di Desa Wisata Wanurejo terkenal dengan rasa yang sangat nikmat dan kualitas yang baik.

Akomodasi di Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo menyediakan berbagai macam akomodasi yang dapat dipilih oleh pengunjung. Terdapat homestay, villa, dan cottage yang dapat disewa dengan harga yang terjangkau. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa tenda untuk berkemah di tepi sungai.

Wisata Lainnya:  Menikmati Pesona Wisata Joko Tingkir di Indonesia

Desa Wisata Wanurejo juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Terdapat kolam renang, lapangan olahraga, dan area bermain untuk anak-anak.

Wisata Kuliner di Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo juga terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat. Salah satu kuliner khas yang harus dicoba adalah nasi jagung. Nasi jagung adalah nasi yang dibuat dari jagung yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu yang khas.

Selain itu, pengunjung juga dapat mencoba berbagai macam makanan dan minuman tradisional seperti gudeg, wedang uwuh, dan wedang ronde.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo menawarkan berbagai macam kegiatan yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Pengunjung dapat berjalan-jalan menikmati keindahan alam sekitar, berenang di kolam renang, atau bermain dengan anak-anak di area bermain.

Pengunjung juga dapat mengikuti berbagai macam kegiatan seperti belajar membuat gula kelapa tradisional, belajar menari lengger, atau belajar membuat kerajinan tangan dari bambu.

Harga Tiket Masuk ke Desa Wisata Wanurejo

Harga tiket masuk ke Desa Wisata Wanurejo sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk masuk ke dalam desa wisata ini. Sedangkan untuk menggunakan fasilitas seperti kolam renang dan lapangan olahraga, pengunjung perlu membayar tambahan biaya.

Wisata Lainnya:  Gaji Pemandu Wisata: Panduan Lengkap untuk Menentukan Penghasilan yang Layak

Kelebihan dan Kekurangan Desa Wisata Wanurejo

Desa Wisata Wanurejo memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui oleh pengunjung sebelum berkunjung. Kelebihan dari desa wisata ini adalah suasana yang asri dan tenang, keindahan alam yang memukau, dan kearifan lokal yang masih dilestarikan.

Namun, kekurangan dari Desa Wisata Wanurejo adalah jarak yang agak jauh dari pusat kota Yogyakarta dan kurangnya fasilitas umum seperti minimarket dan ATM.

Kesimpulan

Desa Wisata Wanurejo merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Desa ini menawarkan keindahan alam yang memukau, kearifan lokal yang masih dilestarikan, dan berbagai macam kegiatan yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Harga tiket masuk yang terjangkau membuat Desa Wisata Wanurejo menjadi destinasi wisata yang ramah bagi semua kalangan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *