Desa Wisata Ubud: Destinasi Wisata Terbaik di Bali

Posted on

Jika Anda ingin merasakan pengalaman wisata yang unik dan berbeda di Bali, maka cobalah mengunjungi Desa Wisata Ubud. Terletak di pusat pulau Bali, Desa Wisata Ubud menawarkan suasana alam yang indah dan budaya yang kaya. Desa ini dikenal sebagai pusat seni dan budaya Bali yang membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Bali.

Sejarah Desa Wisata Ubud

Desa Wisata Ubud memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Desa ini awalnya didirikan pada abad ke-8 oleh para pendeta Hindu dari Jawa yang mencari tempat yang tenang untuk mempraktikkan agama mereka. Pada abad ke-16, desa ini menjadi pusat kerajaan yang kuat dan kemudian menjadi pusat seni dan budaya Bali.

Saat ini, Desa Wisata Ubud telah berkembang menjadi pusat seni dan budaya yang terkenal di seluruh dunia. Desa ini adalah rumah bagi banyak seniman dan pengrajin Bali yang menghasilkan berbagai macam karya seni dan kerajinan tangan.

Tempat Wisata di Desa Wisata Ubud

Desa Wisata Ubud menawarkan banyak tempat wisata yang menarik dan unik. Berikut beberapa tempat wisata yang paling populer di Desa Wisata Ubud:

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul adalah tempat suci bagi umat Hindu Bali. Pura ini terletak di desa Tampaksiring, sekitar 15 menit berkendara dari Desa Wisata Ubud. Di dalam pura ini terdapat kolam suci yang diyakini memiliki kekuatan untuk membersihkan roh dan pikiran dari segala macam dosa dan kejahatan.

Wisata Lainnya:  Wisata Viral - Liburan Seru yang Bikin Heboh

Museum Seni Neka

Museum Seni Neka adalah museum seni yang terletak di Desa Wisata Ubud. Museum ini menampilkan karya seni Bali dari masa lalu hingga masa kini. Anda dapat melihat berbagai macam karya seni seperti lukisan, patung, dan kerajinan tangan Bali yang indah dan unik.

Monkey Forest Ubud

Monkey Forest Ubud adalah hutan tempat tinggal bagi berbagai macam spesies monyet. Hutan ini terletak di tengah-tengah Desa Wisata Ubud dan merupakan tempat wisata yang populer. Anda dapat berjalan-jalan di dalam hutan dan melihat monyet-monyet yang lucu dan menggemaskan.

Pasar Seni Ubud

Pasar Seni Ubud adalah pasar seni yang terletak di pusat Desa Wisata Ubud. Pasar ini adalah tempat yang tepat untuk membeli berbagai macam kerajinan tangan Bali seperti pakaian, tas, dan perhiasan. Anda dapat memilih dari berbagai macam barang yang indah dan unik dengan harga yang terjangkau.

Budaya di Desa Wisata Ubud

Desa Wisata Ubud adalah tempat yang kaya akan budaya Bali. Budaya ini dapat dilihat dari berbagai macam kegiatan dan acara yang diadakan di desa ini. Berikut adalah beberapa kegiatan dan acara budaya yang dapat Anda nikmati di Desa Wisata Ubud:

Tari Kecak

Tari Kecak adalah tarian tradisional Bali yang dipentaskan oleh para penari yang duduk melingkar dan menyanyikan suara “cak” secara bersamaan. Tarian ini biasanya dipentaskan di malam hari di Pura Uluwatu dan Pura Tanah Lot. Namun, Anda juga dapat menonton tari Kecak di Desa Wisata Ubud.

Wisata Lainnya:  Wisata Tunjungan Blora: Tempat Wisata Terbaik di Blora

Pawai Ogoh-ogoh

Pawai Ogoh-ogoh adalah acara tahunan yang diadakan pada malam sebelum Hari Raya Nyepi. Acara ini melibatkan pembuatan patung Ogoh-ogoh yang menakutkan dan diparadekan di sekitar desa sebelum akhirnya dibakar. Acara ini merupakan simbol dari pembersihan roh dan pikiran sebelum memasuki tahun baru.

Upacara Ngaben

Upacara Ngaben adalah upacara kematian Bali yang sangat penting. Upacara ini melibatkan pembakaran jenazah dan pemberian penghormatan kepada para leluhur. Upacara Ngaben biasanya diadakan di Pura Dalem, yang terletak di kawasan Desa Wisata Ubud.

Kuliner di Desa Wisata Ubud

Desa Wisata Ubud juga menawarkan berbagai macam kuliner Bali yang lezat. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang harus Anda coba saat berkunjung ke Desa Wisata Ubud:

Babi Guling

Babi Guling adalah makanan khas Bali yang terbuat dari daging babi yang dipanggang dengan rempah-rempah yang khas. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi, sayur, dan sambal. Di Desa Wisata Ubud, Anda dapat menemukan banyak warung yang menjual Babi Guling yang lezat.

Nasi Campur

Nasi Campur adalah makanan Bali yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk seperti ayam betutu, sate, dan lawar. Di Desa Wisata Ubud, Anda dapat menemukan banyak restoran yang menyajikan Nasi Campur yang enak.

Jus Buah Segar

Di Desa Wisata Ubud, Anda dapat menemukan banyak warung yang menjual jus buah segar yang lezat. Jus buah segar ini biasanya terbuat dari buah-buahan tropis seperti mangga, nanas, dan jeruk. Jus buah segar ini merupakan minuman yang segar dan menyehatkan.

Wisata Lainnya:  Wisata Bulukumba: Keindahan Alam di Tepian Laut Timur Indonesia

Akomodasi di Desa Wisata Ubud

Desa Wisata Ubud menawarkan banyak pilihan akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Berikut adalah beberapa pilihan akomodasi yang tersedia di Desa Wisata Ubud:

Hotel Bintang 5

Di Desa Wisata Ubud, Anda dapat menemukan banyak hotel bintang 5 yang mewah dan nyaman. Hotel ini menawarkan fasilitas yang lengkap seperti kolam renang, spa, dan restoran yang lezat. Beberapa hotel bintang 5 yang terkenal di Desa Wisata Ubud antara lain Four Seasons Resort Bali at Sayan dan The Royal Pita Maha.

Villa

Villa adalah pilihan akomodasi yang cocok bagi Anda yang ingin merasakan suasana Bali yang lebih intim dan pribadi. Di Desa Wisata Ubud, Anda dapat menemukan banyak villa yang indah dan mewah. Villa ini biasanya dilengkapi dengan kolam renang pribadi dan taman yang indah.

Guest House

Jika Anda mencari akomodasi yang lebih terjangkau, maka guest house adalah pilihan yang tepat. Di Desa Wisata Ubud, Anda dapat menemukan banyak guest house yang menyediakan kamar yang bersih dan nyaman dengan harga yang terjangkau.

Kesimpulan

Desa Wisata Ubud adalah destinasi wisata terbaik di Bali yang menawarkan berbagai macam tempat wisata, kegiatan budaya, kuliner, dan akomodasi yang menarik dan unik. Jika Anda ingin merasakan pengalaman wisata yang berbeda di Bali, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Desa Wisata Ubud.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *