Desa Wisata Sukunan: Pesona Alam dan Kearifan Lokal

Posted on

Desa Wisata Sukunan merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang populer di kalangan wisatawan dalam negeri. Terletak di Dusun Sukunan, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, desa wisata ini menawarkan pesona alam yang memesona serta kearifan lokal yang sangat kental.

Lokasi dan Aksesibilitas

Desa Wisata Sukunan terletak sekitar 30 km dari Kota Magelang dan 45 km dari Kota Yogyakarta. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus atau travel dari kedua kota tersebut.

Jika Anda mengambil rute dari Kota Magelang, Anda dapat mengikuti jalan menuju Candi Borobudur, kemudian belok ke kiri menuju Desa Candirejo. Setelah itu, Anda akan menemukan petunjuk arah menuju Desa Wisata Sukunan.

Jika Anda mengambil rute dari Kota Yogyakarta, Anda dapat mengikuti jalan menuju Candi Prambanan, kemudian belok ke kanan menuju Desa Candirejo. Setelah itu, Anda akan menemukan petunjuk arah menuju Desa Wisata Sukunan.

Wisata Lainnya:  Taman Wisata Air Kito: Keindahan Alam di Tengah Kota

Keindahan Alam yang Memesona

Desa Wisata Sukunan menawarkan keindahan alam yang masih asri dan mempesona. Anda dapat menikmati pemandangan sawah yang menghijau, perbukitan yang menyejukkan, dan sungai yang jernih.

Anda juga dapat melakukan aktivitas seperti berjalan-jalan santai, trekking, atau bersepeda di sekitar desa untuk menikmati keindahan alam yang disajikan.

Kearifan Lokal yang Kental

Selain keindahan alamnya, Desa Wisata Sukunan juga menawarkan kearifan lokal yang sangat kental. Anda dapat melihat langsung bagaimana masyarakat setempat menjaga kelestarian lingkungan dan memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak.

Anda juga dapat belajar tentang kesenian dan budaya khas Jawa Tengah seperti gamelan, batik, dan wayang kulit dari para penduduk desa yang masih melestarikannya hingga saat ini.

Wisata Kuliner

Desa Wisata Sukunan juga menawarkan berbagai kuliner khas Jawa Tengah yang lezat dan menggugah selera. Anda dapat mencoba aneka jajanan pasar tradisional seperti cenil, klepon, atau jadah tempe.

Anda juga dapat mencicipi masakan khas Jawa Tengah seperti soto, gudeg, atau nasi liwet yang disajikan dengan cita rasa yang khas dan autentik.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Boyolayar: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Lokal di Kabupaten Nganjuk

Paket Wisata Desa Wisata Sukunan

Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang lebih lengkap di Desa Wisata Sukunan, Anda dapat memilih paket wisata yang disediakan oleh pengelola desa wisata. Paket wisata tersebut biasanya mencakup aktivitas seperti trekking, bersepeda, belajar membuat batik, atau menanam padi bersama masyarakat setempat.

Dengan memilih paket wisata, Anda akan mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam dan menyeluruh tentang kehidupan di Desa Wisata Sukunan.

Akomodasi

Desa Wisata Sukunan menyediakan berbagai jenis akomodasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Mulai dari homestay, villa, hingga camping ground.

Anda dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan keinginan dan budget Anda untuk menikmati pengalaman menginap yang nyaman dan menyenangkan di Desa Wisata Sukunan.

Kesimpulan

Desa Wisata Sukunan merupakan destinasi wisata yang cocok untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman wisata yang berbeda dari biasanya. Dengan keindahan alamnya yang memesona dan kearifan lokal yang kental, Anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak bisa dilupakan.

Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Jawa Tengah dan memilih paket wisata yang sesuai dengan keinginan Anda untuk merasakan pengalaman yang lebih lengkap dan mendalam di Desa Wisata Sukunan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *