Desa Wisata Setulang: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya di Desa Wisata Setulang

Posted on

Desa Wisata Setulang adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Desa wisata yang berada di kaki Gunung Setulang ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, serta keunikan budaya Dayak yang masih terjaga dengan baik.

Keindahan Alam Desa Wisata Setulang

Desa Wisata Setulang memiliki pesona alam yang sangat memukau. Dari puncak Gunung Setulang, kita bisa melihat pemandangan hutan tropis yang hijau dan lebat. Di sini juga terdapat air terjun Setulang yang mempesona, dengan ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang menjulang tinggi.

Selain itu, Desa Wisata Setulang juga memiliki keunikan lain, yaitu Bukit Batu. Bukit Batu adalah sebuah bukit yang terdiri dari batu-batu besar yang membentuk formasi yang unik. Dari atas Bukit Batu, kita bisa melihat pemandangan hutan dan sungai yang sangat indah.

Wisata Lainnya:  Taman Mandala Wisata: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota

Keunikan Budaya Desa Wisata Setulang

Desa Wisata Setulang juga menawarkan keunikan budaya Dayak yang masih terjaga dengan baik. Di sini, kita bisa melihat rumah panggung tradisional Dayak yang masih dihuni oleh penduduk setempat. Selain itu, kita juga bisa melihat berbagai jenis senjata tradisional Dayak, seperti mandau dan parang.

Setiap tahun, Desa Wisata Setulang juga mengadakan festival budaya yang menampilkan berbagai jenis tarian tradisional Dayak. Festival ini dihadiri oleh ribuan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Desa Wisata Setulang

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Desa Wisata Setulang, seperti hiking, camping, dan berenang di air terjun Setulang. Selain itu, kita juga bisa belajar tentang kebudayaan Dayak dengan mengunjungi rumah panggung tradisional dan museum senjata tradisional.

Desa Wisata Setulang juga menawarkan wisata kuliner yang lezat. Di sini, kita bisa mencicipi berbagai jenis makanan tradisional Dayak, seperti sambal kelapa, sayur asem, dan papeda.

Cara Menuju Desa Wisata Setulang

Desa Wisata Setulang bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari Pontianak, kita bisa naik bus atau taksi menuju Putussibau, lalu melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur darat ke Desa Wisata Setulang.

Wisata Lainnya:  Wisata Tebing Breksi dan Sekitarnya: Destinasi Wisata yang Memukau di Yogyakarta

Kesimpulan

Desa Wisata Setulang adalah destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di sini, kita bisa menikmati keindahan alam yang memukau, serta belajar tentang kebudayaan Dayak yang masih terjaga dengan baik. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, seperti hiking, camping, dan berenang di air terjun Setulang. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Desa Wisata Setulang dan menikmati keindahan alam dan budaya yang ada di sana!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *