Desa Wisata Kulit Manding: Menikmati Budaya dan Kerajinan Kulit di Yogyakarta

Posted on

Desa Wisata Kulit Manding adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi pecinta budaya dan kerajinan kulit di Yogyakarta. Desa ini terletak di Kecamatan Bantul, sekitar 10 km dari pusat Kota Yogyakarta. Desa Wisata Kulit Manding menawarkan pengalaman unik bagi wisatawan untuk belajar tentang proses pembuatan kulit yang tradisional, serta menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Sejarah Desa Wisata Kulit Manding

Desa Wisata Kulit Manding memiliki sejarah yang panjang dalam industri kulit di Yogyakarta. Desa ini telah menjadi pusat produksi kulit sejak abad ke-17, saat Kerajaan Mataram memindahkan kerajinan kulit dari Keraton Yogyakarta ke Manding. Sejak saat itu, Desa Wisata Kulit Manding menjadi pusat produksi dan distribusi kulit di Yogyakarta.

Proses Pembuatan Kulit di Desa Wisata Kulit Manding

Proses pembuatan kulit di Desa Wisata Kulit Manding masih menggunakan metode tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Proses ini dimulai dari pengolahan kulit mentah hingga menjadi kulit siap pakai. Pengolahan kulit mentah meliputi proses pembersihan, pengikisan, pengelupasan, dan pemotongan. Setelah itu, kulit akan diwarnai dan dijemur untuk mengeringkan.Setelah kulit kering, proses selanjutnya adalah pengukiran dan pengerjaan detail pada kulit. Proses ini memerlukan keahlian dan ketelitian yang tinggi, karena kesalahan kecil dapat merusak kualitas kulit. Setelah selesai, kulit akan dijahit dan dipasang untuk menjadi produk jadi seperti tas, dompet, dan sepatu.

Wisata Lainnya:  Taman Wisata Cibodas: Tempat Wisata Alam yang Menakjubkan di Puncak

Wisata Kuliner di Desa Wisata Kulit Manding

Selain menawarkan pengalaman belajar tentang pembuatan kulit, Desa Wisata Kulit Manding juga menawarkan wisata kuliner yang lezat dan unik. Salah satu makanan khas Desa Wisata Kulit Manding adalah gudeg kulit sapi, yang terbuat dari kulit sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas Yogyakarta. Selain itu, ada juga sate kulit yang terbuat dari kulit sapi yang dipanggang dengan bumbu kacang.

Tempat Wisata di Sekitar Desa Wisata Kulit Manding

Desa Wisata Kulit Manding memiliki lokasi yang strategis yang mudah diakses oleh wisatawan. Selain itu, desa ini juga berdekatan dengan beberapa tempat wisata terkenal di Yogyakarta, seperti Candi Prambanan, Taman Sari, dan Keraton Yogyakarta.

Akomodasi di Desa Wisata Kulit Manding

Untuk wisatawan yang ingin menginap di Desa Wisata Kulit Manding, terdapat beberapa penginapan yang tersedia di sekitar desa. Penginapan tersebut biasanya berupa homestay atau guesthouse yang menawarkan pengalaman menginap yang autentik dan dekat dengan budaya lokal.

Kesimpulan

Desa Wisata Kulit Manding adalah destinasi wisata yang menarik bagi pecinta budaya dan kerajinan kulit di Yogyakarta. Di sini, wisatawan dapat belajar tentang proses pembuatan kulit yang tradisional, menikmati wisata kuliner yang lezat, serta menikmati alam yang indah di sekitarnya. Desa Wisata Kulit Manding juga memiliki lokasi yang strategis, dekat dengan beberapa tempat wisata terkenal di Yogyakarta.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *