Desa Wisata Kembangarum: Menikmati Wisata Alam dengan Nuansa Tradisional

Posted on

Desa Wisata Kembangarum merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan nuansa tradisional. Terletak di kaki Gunung Merbabu, tepatnya di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, desa wisata ini menawarkan berbagai macam kegiatan dan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Sejarah Desa Wisata Kembangarum

Desa Wisata Kembangarum awalnya merupakan desa yang terkenal dengan produksi bunga krisan. Namun, pada tahun 2005, desa ini bertransformasi menjadi desa wisata yang menawarkan keindahan alam dan budaya lokal. Desa ini kemudian dikelola oleh warga setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kembangarum.

Objek Wisata di Desa Wisata Kembangarum

Desa Wisata Kembangarum menawarkan berbagai macam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa objek wisata yang dapat Anda kunjungi di desa wisata ini:

Wisata Lainnya:  Jadwal dan Harga Tiket KA Mataram Terbaru

1. Air Terjun Kedung Pengilon

Air terjun Kedung Pengilon merupakan salah satu objek wisata yang paling populer di Desa Wisata Kembangarum. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan terletak di tengah hutan yang rindang. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus melewati beberapa jembatan dan tangga yang cukup curam.

2. Puncak Gunung Merbabu

Bagi Anda yang suka mendaki gunung, Puncak Gunung Merbabu bisa menjadi pilihan yang tepat. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Untuk mencapai puncak ini, Anda harus melewati beberapa jalur pendakian yang cukup menantang.

3. Kampung Krisan

Desa Wisata Kembangarum juga terkenal dengan kampung krisannya yang indah. Di sini, Anda dapat melihat berbagai macam jenis krisan yang ditanam oleh warga setempat. Selain itu, di kampung krisan ini juga terdapat beberapa pusat oleh-oleh yang menjual berbagai macam produk olahan krisan.

4. Desa Wisata Kebun Teh

Jika Anda ingin merasakan sensasi berkebun teh, Anda dapat mengunjungi Desa Wisata Kebun Teh yang terletak di Desa Kaliwungu, Kabupaten Semarang. Di sini, Anda dapat melihat langsung proses penanaman, perawatan, dan panen teh dari dekat.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Desa Wisata Kembangarum

Desa Wisata Kembangarum menawarkan berbagai macam kegiatan yang dapat Anda lakukan selama berwisata di sana. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di desa wisata ini:

Wisata Lainnya:  Wisata Laut Indonesia – Menikmati Keindahan Alam Bawah Laut Indonesia

1. Mendaki Gunung Merbabu

Bagi Anda yang suka mendaki gunung, Anda dapat mencoba mendaki Gunung Merbabu yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Namun, pastikan Anda sudah memiliki persiapan dan perlengkapan yang cukup sebelum melakukan pendakian.

2. Menjelajahi Hutan Kedung Pengilon

Hutan Kedung Pengilon adalah hutan yang sangat rindang dan menyegarkan. Anda dapat menjelajahi hutan ini dan menikmati keindahan alamnya. Namun, pastikan Anda tidak merusak lingkungan dan membuang sampah sembarangan.

3. Berkebun Krisan

Di Desa Wisata Kembangarum, Anda dapat mencoba berkebun krisan bersama warga setempat. Anda akan diajarkan cara menanam dan merawat krisan, serta memanen bunga krisan yang sudah tumbuh dewasa.

4. Mencicipi Olahan Krisan

Di Desa Wisata Kembangarum, Anda juga dapat mencicipi berbagai macam olahan dari krisan seperti sirup, teh, dan makanan ringan. Selain itu, Anda juga dapat membeli oleh-oleh berupa produk olahan krisan.

Akomodasi dan Transportasi di Desa Wisata Kembangarum

Desa Wisata Kembangarum memiliki beberapa penginapan dan homestay yang dapat Anda sewa untuk menginap selama berwisata di sana. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus, angkutan kota, atau taksi untuk mencapai desa wisata ini. Namun, pastikan Anda mengecek jadwal dan rute transportasi terlebih dahulu.

Wisata Lainnya:  Wisata Cikalong Wetan: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota Bandung

Harga Tiket Masuk ke Desa Wisata Kembangarum

Harga tiket masuk ke Desa Wisata Kembangarum cukup terjangkau. Untuk masuk ke objek wisata seperti Air Terjun Kedung Pengilon atau Kampung Krisan, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk masuk ke Puncak Gunung Merbabu, Anda harus membayar biaya pendakian sekitar Rp 150.000 – Rp 200.000 per orang.

Kesimpulan

Desa Wisata Kembangarum adalah destinasi wisata yang sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan nuansa tradisional. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai macam objek wisata seperti Air Terjun Kedung Pengilon, Puncak Gunung Merbabu, Kampung Krisan, dan Desa Wisata Kebun Teh. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti mendaki gunung, menjelajahi hutan, berkebun krisan, dan mencicipi olahan krisan. Jangan lupa untuk mencari informasi terlebih dahulu mengenai akomodasi dan transportasi sebelum berkunjung ke Desa Wisata Kembangarum.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *