Desa Wisata Kaliurang Timur: Keindahan Alam yang Menawan di Yogyakarta

Posted on

Desa wisata Kaliurang Timur adalah destinasi wisata yang terletak di kawasan pegunungan Merapi, Yogyakarta. Desa ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan, serta berbagai aktivitas outbond dan rekreasi yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Sejarah Desa Wisata Kaliurang Timur

Desa Wisata Kaliurang Timur awalnya merupakan sebuah desa kecil yang terletak di kaki Gunung Merapi. Namun, setelah terjadinya letusan besar pada tahun 2010, desa ini mengalami kerusakan yang cukup besar dan sebagian besar penduduknya terpaksa mengungsi.

Setelah pemulihan pasca bencana, pemerintah dan masyarakat setempat bekerja sama untuk mengembangkan desa ini menjadi destinasi wisata yang menarik. Berbagai fasilitas dan aktivitas outbond pun dibangun untuk menarik wisatawan datang ke desa ini.

Keindahan Alam Desa Wisata Kaliurang Timur

Desa wisata Kaliurang Timur terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan. Dikelilingi oleh pegunungan dan hutan yang masih asri, desa ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan menenangkan.

Wisata Lainnya:  Altur Wisata Mulia: Melihat Keindahan Indonesia dengan Berbeda

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas outbond seperti trekking, bersepeda, hingga menikmati pemandangan sunset yang spektakuler. Di sini, pengunjung juga dapat menikmati udara sejuk dan segar yang membuat liburan semakin menyenangkan.

Tempat Wisata di Desa Wisata Kaliurang Timur

Terdapat berbagai tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Desa Wisata Kaliurang Timur, antara lain:

1. Kaliadem

Kaliadem adalah sebuah tempat wisata yang berada di kawasan Merapi. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah pegunungan dan hutan yang masih asri. Selain itu, di Kaliadem juga terdapat museum vulkanologi yang menarik untuk dikunjungi.

2. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo adalah sebuah kebun teh yang terletak di Desa Wisata Kaliurang Timur. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah perkebunan teh yang terhampar luas. Selain itu, pengunjung juga dapat menyicipi teh segar yang dipetik langsung dari kebun.

3. Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah gunung berapi yang terletak di kawasan Kaliurang. Meskipun pernah mengalami letusan besar pada tahun 2010, Gunung Merapi masih menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan pegunungan yang spektakuler.

Wisata Lainnya:  Wisata Slawi: Wisata Rekreasi yang Menarik di Tengah Kota Slawi

Akomodasi di Desa Wisata Kaliurang Timur

Terdapat berbagai akomodasi yang bisa dipilih di Desa Wisata Kaliurang Timur, antara lain:

1. Villa

Di desa ini terdapat villa-villa yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, ruang tamu, dan dapur. Villa-villa ini cocok untuk keluarga atau rombongan yang ingin berlibur dengan kenyamanan yang lebih.

2. Homestay

Jika ingin merasakan pengalaman menginap di rumah penduduk setempat, homestay bisa menjadi pilihan yang tepat. Di Desa Wisata Kaliurang Timur, terdapat berbagai homestay yang menawarkan suasana yang asri dan tenang.

3. Camping Ground

Bagi yang ingin merasakan sensasi berkemah di tengah alam, camping ground bisa menjadi pilihan yang tepat. Di Desa Wisata Kaliurang Timur, terdapat berbagai camping ground yang menyediakan fasilitas lengkap seperti tenda, api unggun, dan toilet umum.

Cara Menuju Desa Wisata Kaliurang Timur

Desa wisata Kaliurang Timur dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengikuti jalur Yogya-Solo, lalu belok kanan menuju Kaliurang. Desa wisata Kaliurang Timur terletak sekitar 10 km dari Kaliurang.

Wisata Lainnya:  Rumah di Kota Wisata Cibubur: Investasi Properti yang Menjanjikan

Jika menggunakan transportasi umum, pengunjung dapat naik bus atau angkutan kota dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Terminal Giwangan. Dari Terminal Giwangan, pengunjung dapat naik bus atau angkutan kota menuju Kaliurang, lalu turun di Desa Wisata Kaliurang Timur.

Kesimpulan

Desa Wisata Kaliurang Timur adalah destinasi wisata yang menarik dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman. Dikelilingi oleh keindahan alam yang menawan, desa ini menawarkan berbagai aktivitas outbond dan rekreasi yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Desa Wisata Kaliurang Timur dan menikmati keindahan alamnya yang luar biasa!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *