Desa Wisata Jelok – Pesona Wisata yang Tak Boleh Dilewatkan!

Posted on

Jika kamu ingin mencari tempat wisata yang menenangkan dan menyenangkan, maka Desa Wisata Jelok bisa menjadi pilihan yang tepat. Terletak di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan keunikan budaya lokal yang patut dijaga.

Sejarah Desa Wisata Jelok

Desa Wisata Jelok sebenarnya merupakan sebuah desa kecil yang terletak di kaki Gunung Arjuno. Desa ini diresmikan sebagai desa wisata pada tahun 2010, dengan tujuan untuk menjadikan desa ini sebagai destinasi wisata yang ramah lingkungan dan memiliki nilai budaya yang tinggi.

Sejak saat itu, Desa Wisata Jelok semakin dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Desa ini juga mendapatkan berbagai penghargaan dalam bidang pariwisata, seperti Juara 1 Lomba Desa Wisata Tingkat Nasional pada tahun 2013.

Wisata Lainnya:  Wisata Tretes: Menikmati Keindahan Alam di Kota Malang

Keindahan Alam di Desa Wisata Jelok

Desa Wisata Jelok memiliki keindahan alam yang memukau, terutama karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Arjuno. Kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dari atas bukit, melihat hamparan sawah dan perkebunan yang hijau, serta merasakan udara segar yang menyegarkan.

Di sini juga terdapat beberapa air terjun yang bisa kamu kunjungi, seperti Air Terjun Kakek Bodo dan Air Terjun Tumpak Bajing. Air terjun ini sangat indah dan menarik, sehingga banyak wisatawan yang datang untuk melihat keindahan alam yang dimilikinya.

Keunikan Budaya Lokal di Desa Wisata Jelok

Selain keindahan alamnya, Desa Wisata Jelok juga memiliki keunikan budaya lokal yang patut dijaga. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam kesenian tradisional, seperti tari jaipong, tari topeng, dan wayang kulit.

Tak hanya itu, di Desa Wisata Jelok juga terdapat berbagai macam kerajinan tangan yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh, seperti kerajinan anyaman bambu dan kerajinan kain tenun. Kamu juga bisa belajar membuat kerajinan tersebut langsung dari para pengrajin lokal yang ahli dalam bidangnya.

Wisata Lainnya:  PPN Biro Perjalanan Wisata: Mengenal Lebih Dekat

Akomodasi di Desa Wisata Jelok

Jika kamu ingin menginap di Desa Wisata Jelok, kamu bisa memilih beberapa penginapan yang tersedia di sana. Terdapat beberapa homestay dan villa yang bisa kamu sewa dengan harga yang terjangkau.

Di sini kamu juga bisa mencicipi berbagai hidangan khas lokal yang lezat, seperti nasi pecel, sate ayam, dan sayur lodeh. Kamu juga bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Desa Wisata Jelok, seperti kopi Arabika dan madu asli.

Cara Menuju Desa Wisata Jelok

Untuk menuju Desa Wisata Jelok, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api. Dari Kota Malang, kamu bisa naik bus jurusan Karangploso dan turun di Terminal Karangploso. Setelah itu, kamu bisa menggunakan ojek atau angkutan umum untuk menuju Desa Wisata Jelok.

Jika kamu ingin menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti rute Malang – Kepanjen – Karangploso. Setelah sampai di Karangploso, kamu bisa mengikuti petunjuk arah ke Desa Wisata Jelok.

Kesimpulan

Desa Wisata Jelok merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam dan keunikan budaya lokal. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam kegiatan menarik, seperti berjalan-jalan di hamparan sawah, melihat air terjun yang indah, dan belajar membuat kerajinan tangan.

Wisata Lainnya:  Taman Rekreasi Selecta: Pilihan Terbaik untuk Berlibur di Malang

Jangan lupa untuk mencicipi hidangan khas lokal yang lezat dan membeli oleh-oleh khas Desa Wisata Jelok untuk dibawa pulang. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin berkunjung ke Desa Wisata Jelok.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *