Bukit Siguntang: Sejarah, Keindahan, dan Wisata Terbaik di Palembang

Posted on

Bukit Siguntang menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Palembang. Bukit ini memiliki sejarah yang panjang dan memiliki panorama yang indah. Bukit Siguntang juga memiliki banyak kegiatan wisata yang menarik untuk dinikmati. Berikut adalah informasi selengkapnya mengenai Bukit Siguntang.

Sejarah Bukit Siguntang

Bukit Siguntang adalah tempat bersejarah yang terletak di Palembang. Bukit ini dianggap sebagai tempat kelahiran Kerajaan Sriwijaya, kerajaan maritim yang pernah berjaya di Asia Tenggara. Bukit Siguntang juga dianggap sebagai tempat dimana Sang Sapurba dan Sang Nila Utama berasal. Keduanya merupakan tokoh legendaris yang dianggap sebagai pendiri Kerajaan Melayu.

Bukit Siguntang memiliki makam-makam yang dianggap sebagai makam dari Sang Sapurba dan Sang Nila Utama. Selain itu, di Bukit Siguntang juga terdapat beberapa peninggalan sejarah lainnya seperti batu bertulis dan candi.

Keindahan Bukit Siguntang

Bukit Siguntang memiliki panorama yang indah. Dari atas bukit, pengunjung dapat melihat pemandangan kota Palembang yang luas. Selain itu, di sekitar bukit terdapat banyak pepohonan dan taman yang membuat suasana menjadi sejuk dan nyaman.

Wisata Lainnya:  Wisata Dekat Stasiun Pasar Turi

Di Bukit Siguntang juga terdapat beberapa spot foto yang menarik. Salah satunya adalah patung Sriwijaya yang terletak di depan pintu gerbang. Patung ini memiliki ukiran yang indah dan dapat menjadi latar belakang foto yang menarik.

Wisata di Bukit Siguntang

Bukit Siguntang memiliki banyak kegiatan wisata yang menarik. Salah satunya adalah mengunjungi makam Sang Sapurba dan Sang Nila Utama. Pengunjung juga dapat mengunjungi batu bertulis dan candi yang terdapat di sekitar bukit.

Di Bukit Siguntang juga terdapat Taman Kambang Iwak, sebuah taman air yang menyajikan berbagai wahana air yang menarik. Selain itu, di dekat Bukit Siguntang terdapat Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya yang menyajikan berbagai artefak dan peninggalan sejarah dari Kerajaan Sriwijaya.

Transportasi ke Bukit Siguntang

Bukit Siguntang terletak di pusat kota Palembang, sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan umum seperti angkutan kota atau taksi. Pengunjung juga dapat menggunakan ojek atau sewa mobil untuk menuju Bukit Siguntang.

Untuk masuk ke Bukit Siguntang, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Tiket masuk sudah termasuk akses ke Taman Kambang Iwak dan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya.

Wisata Lainnya:  Cara Naik Bus Wisata Jakarta: Panduan Lengkap

Kesimpulan

Bukit Siguntang adalah tempat wisata yang menarik di Palembang. Selain memiliki sejarah yang panjang, Bukit Siguntang juga memiliki panorama yang indah dan banyak kegiatan wisata yang menarik. Jika kamu berkunjung ke Palembang, jangan lupa untuk mengunjungi Bukit Siguntang.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *