Air Terjun Songgo Langit: Pesona Wisata Alam Indonesia

Posted on

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Salah satu kekayaan alam yang dapat dinikmati adalah air terjun Songgo Langit. Air terjun ini terletak di Desa Sruni, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan memiliki keindahan alam yang mempesona.

Lokasi dan Akses ke Air Terjun Songgo Langit

Untuk mencapai air terjun Songgo Langit, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari pusat kota Kediri, pengunjung dapat menggunakan angkutan umum ke Terminal Mojo. Dari Terminal Mojo, pengunjung dapat menggunakan ojek atau mobil sewaan untuk mencapai air terjun Songgo Langit.

Untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, jalur yang harus dilalui adalah jalur Kediri-Mojokerto. Setelah melewati pengruh Desa Sruni, pengunjung harus memarkir kendaraannya di tempat parkir dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 300 meter.

Keindahan Air Terjun Songgo Langit

Keindahan air terjun Songgo Langit terletak pada aliran air yang jernih dan segar serta pemandangan sekitar air terjun yang masih asri. Dengan ketinggian 25 meter, air terjun Songgo Langit menghasilkan suara gemericik air yang menenangkan. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar air terjun yang masih alami.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Alam di Tempat Wisata Majalaya

Di sekitar air terjun, terdapat beberapa batu besar yang dapat digunakan untuk duduk dan bersantai sambil menikmati keindahan air terjun. Jika pengunjung ingin memotret keindahan air terjun, pengunjung dapat naik ke atas bukit kecil yang berada di sebelah kanan air terjun. Dari atas bukit, pengunjung dapat mengambil foto panorama air terjun Songgo Langit.

Fasilitas di Air Terjun Songgo Langit

Di sekitar air terjun, terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung seperti tempat parkir, toilet, warung makan, dan tempat istirahat. Fasilitas tersebut dapat digunakan untuk keperluan pengunjung selama berada di kawasan air terjun Songgo Langit.

Di sekitar air terjun juga terdapat beberapa petugas pengamanan dan pemandu wisata yang siap membantu pengunjung selama berada di kawasan air terjun Songgo Langit. Petugas pengamanan dan pemandu wisata tersebut bertugas untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Keunikan Air Terjun Songgo Langit

Salah satu keunikan air terjun Songgo Langit adalah adanya cerita rakyat yang berkaitan dengan nama air terjun tersebut. Menurut cerita rakyat, air terjun Songgo Langit berasal dari kisah cinta dua insan. Kisah tersebut bermula dari seorang putri cantik yang bernama Songgo Langit yang jatuh cinta pada seorang pemuda tampan yang bernama Jaka Tarub.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Singosari Lawang: Menikmati Keindahan Alam dan Sejarah di Jawa Timur

Songgo Langit dan Jaka Tarub saling mencintai dan akhirnya menikah. Namun, pada suatu hari Songgo Langit menemukan rahasia Jaka Tarub yaitu sebuah keris pusaka yang dapat membuat Jaka Tarub kembali ke dunianya yang asal. Songgo Langit merasa kecewa dan membuang keris pusaka tersebut ke sungai. Akibatnya, Jaka Tarub kembali ke dunianya yang asal dan Songgo Langit kembali ke langit sebagai bidadari.

Menurut cerita rakyat, air terjun Songgo Langit berasal dari tempat keris pusaka tersebut dibuang oleh Songgo Langit. Oleh karena itu, air terjun tersebut dinamakan air terjun Songgo Langit. Kisah tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang berkunjung ke air terjun Songgo Langit.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Songgo Langit

Di air terjun Songgo Langit, pengunjung dapat melakukan beberapa aktivitas seperti berenang, memancing, dan berkemah. Aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan memperhatikan keselamatan dan kenyamanan pengunjung.

Berenang di kolam air terjun Songgo Langit dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung. Namun, pengunjung harus memperhatikan keselamatan saat berenang. Pengunjung juga dapat memancing di sekitar air terjun Songgo Langit dan menikmati ikan segar yang ditangkap.

Wisata Lainnya:  Wisata di Paris Perancis: Menikmati Kota Romantis di Eropa

Berkemah di sekitar air terjun Songgo Langit juga dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung. Pengunjung dapat membawa peralatan berkemah dan menikmati malam di sekitar air terjun Songgo Langit. Namun, pengunjung harus memperhatikan keselamatan saat berkemah dan menjaga kebersihan kawasan sekitar.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Songgo Langit

Untuk pengunjung yang ingin berkunjung ke air terjun Songgo Langit, berikut adalah tips yang bisa diikuti:

  • Memperhatikan cuaca sebelum berkunjung
  • Membawa peralatan yang cukup
  • Menggunakan pakaian yang nyaman
  • Memperhatikan keselamatan saat beraktivitas di sekitar air terjun
  • Menjaga kebersihan kawasan sekitar
  • Menghargai budaya dan lingkungan sekitar

Kesimpulan

Air terjun Songgo Langit adalah salah satu kekayaan alam Indonesia yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Dengan lokasi yang mudah dijangkau dan fasilitas yang memadai, air terjun Songgo Langit dapat menjadi destinasi wisata alam yang menarik bagi pengunjung. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat melakukan beberapa aktivitas seperti berenang, memancing, dan berkemah. Namun, pengunjung harus memperhatikan keselamatan dan kenyamanan selama berada di kawasan air terjun Songgo Langit.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *