5 Rekomendasi Lokasi Rekreasi di Kulon Progo Yogyakarta

5 Rekomendasi Lokasi Rekreasi di Kulon Progo Yogyakarta

Posted on

Kulon Progo adalah kabupaten di Propinsi Derah Spesial Yogyakarta, yang memiliki Ibu Kota Wates.

Kabupaten Kulon Progo bersebelahan dengan Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di samping Timur, di samping Barat berbatasan dengan Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa tengah, di samping Utara bersebelahan dengan Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa tengah dan di samping Selatan bersebelahan dengan Samudera Hindia.

5 Rekomendasi Lokasi Rekreasi di Kulon Progo Yogyakarta

Kulon Progo mempunyai banyak destinasi wisata sebagai daya magnet pelancong, dimulai dari Kalibiru yang terkenal, Gua Kiskendo, Kebun Teh Nglinggo, air terjun Kemang Soka, Pantai Glagah, sampai Ekowisata Sungai Mudal. Berikut referensi destinasi wisata yang memikat buat didatangi.

1. Kalibiru

Salah

satu arah rekreasi yang cukup terkenal di Kulon Progo adalag Rekreasi Alam Kali Biru.

Kalibiru menyuguhkan panorama hijaunya rimba dengan bentangan berbukit yang paling luas dengan panorama yang indah. Pertama kali terciptanya tempat ini ialah sebuah rimba negara yang diatur jadi tempat rekreasi.

Sebagai tempat rekreasi yang ada pada daratan tinggi, Kalibiru memercayakan panorama alam sebagai daya magnet khusus untuk pelancong.

Di samping itu, Kalibiru memberikan fasilitas pelancong untuk menyaksikan panorama dengan menara pandang dan gardu pandang yang berwujud rumah pohon.

Sarana lain yang ditawari oleh Kalibiru yakni outbond, salah satunya flying fox, trackking dan beberapa permainan yang lain.

Disamping itu, ada pula sarana simpatisan yang ada pada tempat ini ibarat homestay yang sejumlah 6 dengan kemampuan 10 – 15 orang, penjual makanan dimulai dari yang enteng sampai yang berat.

2.
Bukit Isis Nglinggo

Jika Anda suka berkamping, Bukit Isis Nglinggo kemungkinan ialah opsi yang akurat. Bukit Ngisis Nglinggo berada di teritori Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Bukit Ngisis Nglinggo punyai banyak keunggulan dari sisi tempatnya. Tempat ini dikitari banyak gunung salah satunya ialah Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, dan Sindoro.

Dari Bukit Ngisis Nglinggo, pengunjung dapat camping dan menanti matahari keluar atau tenggelam secara jelas.

Keunggulan yang lain ialah ada titik 0 tepian di antara Kabupaten Kulon Progo, Magelang dan Purworejo . Maka, tempat ini lumayan strategis untuk didatangi.

Pilihan

harga paket camping di Bukit Ngisis Nglinggo cukup bermacam. Ada paket camping dimulai dari harga Rp25.000 – Rp250.000. Harga itu bergantung dengan sarana yang pengunjung tentukan.

3. Gua Kiskendo

Gua Kiskendo sebagai salah satunya objek rekreasi teritori karst yang berada di dusun Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo di Pegunungan Menoreh.

Berada 38 Km dari Jogja dan 21 KM dari Wates. Gua aktif ini punyai banyak ornament stalaktit dan stalagmit dengan bagian narasi Ramayana yang terpahat indah pada relief disekitaran mulut gua Kiskendo.

Di teritori ini disediakan bumi perkemahan yang dapat dicarter dengan sarana yang komplet.

4.
Kebun Teh Nglinggo

Tidak hanya di teritori pucuk Bogor yang mempunyai kebun teh, teritori Kebun Teh Nglinggo tidak kalah memanjakan mata untuk didatangi.

Kebun Teh Nglinggo dan Tritis berada di Samigaluh, Kulon Progo. Salah satu kebun teh di Yogyakarta ini patut menjadi salah satu lokasi yang harus Anda datangi.

Selain disajikan panorama yang alami, Anda bisa juga berkeliling-keliling kebun teh dengan mengemudikan mobil off road, nikmati matahari keluar dari Bukit Ngisis, sampai menyaksikan keelokan Candi Borobudur dengan teropong bintang di Bukit Jaran.

5. Air Terjun Kembang Soka

Jika ingin berekreasi air, Air terjun Kembang Soka harus masuk ke lis tempat yang perlu didatangi.

Air terjun Kembang Soka berada di di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Air

terjun ini berada di lembah sungai dengan bentangan bukit-bukit Menoreh. Nama Kembangsoka dipasangkan untuk teritori air terjun ini karena dulu ada beberapa pohon Soka yang tumbuh di situ.

Masyarakat sekitaran juga memberikan nama air terjun ini Kembangsoka. Untuk ke arah air terjun Kembangsoka pelancong harus jalan lebih kurang 200 mtr. dari parkir.

Setelah tiba di air terjun, wisatawan lanjut jalan ke dasar lembah. Antiknya jalan yang dipasang berbentuk jembatan kayu yang melewati pas di muka air terjun.

Sesudah bertemu dengan jembatan kayu, pelancong akan bertemu sama air terjun besar yang mengucur ke sebuah kolam besar dibawahnya.

Pada

akhir jembatan kayu pelancong disajikan kolam yang lumayan besar datang dari 2 saluran air terjun. Keunggulan pada air terjun Kembangsoka ini ialah airnya yang tak pernah kering saat musim kemarau datang karena ada 3 sumber mata air disekelilingnya.

Pengelola air terjun Kembangsoka mengaplikasikan ide back to nature. Ide ini diaplikasikan pada kolam dan jembatan yang dibuat bermaterial kayu.

Bangunan yang memakai konstruksi beton ada banyak tetapi tidak kurangi keelokan alam Kembangsoka.

Ide back to nature diharapkan jadi daya magnet untuk pelancong yang ingin hilangkan capek.

Fasilitas pendukungpun telah ada seperti warung makan, masjid dan toilet . Maka pelancong tak perlu cemas untuk menghabiskan hari di Kembangsoka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.