Wisata Wonogiri Seperti Bali: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Jawa

Posted on

Wonogiri, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, memang belum sepopuler destinasi wisata di Bali atau Lombok. Namun, jika Anda ingin menikmati keindahan alam yang tak kalah menakjubkan, wisata Wonogiri bisa menjadi pilihan yang tepat.

Keindahan Pantai dan Bukit di Wonogiri

Wisata pantai di Wonogiri bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai tetapi enggan berjauhan dari Jawa Tengah. Salah satu pantai yang paling populer adalah Pantai Parangtritis.

Selain Pantai Parangtritis, masih ada beberapa pantai lain yang tak kalah indah seperti Pantai Klayar dan Pantai Jatimalang. Di Pantai Klayar, Anda bisa menikmati keindahan gua yang ada di sekitar pantai. Sementara di Pantai Jatimalang, Anda bisa menikmati panorama keindahan pantai dari atas bukit.

Bicara tentang bukit, Wonogiri juga memiliki sejumlah bukit yang menawarkan panorama alam yang memukau. Bukit Gantole, misalnya, yang menawarkan pemandangan alam yang indah dari atas bukit. Tak hanya itu, di Bukit Gantole juga tersedia tempat untuk berfoto yang keren dan unik.

Wisata Lainnya:  Wisata Cibodas Bogor: Surga Wisata Alam yang Menawan

Menikmati Wisata Alam di Wonogiri

Wonogiri juga memiliki sejumlah wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Terdapat tiga air terjun yang menjadi favorit para wisatawan, yaitu Air Terjun Jumog, Air Terjun Sri Gethuk, dan Air Terjun Grojogan Sewu.

Air Terjun Jumog terletak di Desa Jumog, Kecamatan Baturetno, Wonogiri. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Sementara itu, Air Terjun Sri Gethuk mempunyai keindahan yang tidak kalah menarik. Anda bisa menikmati keindahan air terjun yang diapit oleh tebing-tebing batu kapur.

Selain keindahan air terjun, Wonogiri juga memiliki sejumlah gua yang menarik untuk dikunjungi. Gua Ngantap, misalnya, yang memiliki keunikan karena memiliki situs prasejarah. Ada juga Gua Ngerong yang menjadi favorit para pengunjung karena memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah.

Mengunjungi Tempat Peninggalan Sejarah di Wonogiri

Wonogiri juga memiliki sejumlah peninggalan sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Cetho. Candi ini berlokasi di lereng Gunung Lawu dan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Jawa Tengah.

Wisata Lainnya:  Wisata di Kendari yang Lagi Hits: Nikmati Liburan Seru di Tenggara Sulawesi

Tak jauh dari Candi Cetho, terdapat juga Candi Sukuh. Candi ini juga memiliki keunikan tersendiri karena memiliki arsitektur yang berbeda dari candi-candi Hindu pada umumnya.

Menikmati Kuliner Khas Wonogiri

Tentu saja, liburan tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas daerah yang dikunjungi. Wonogiri memiliki beberapa makanan khas yang patut Anda coba. Salah satunya adalah Sate Buntel. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dibungkus dengan lembaran lemak sapi. Sate ini memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat.

Selain Sate Buntel, Wonogiri juga memiliki makanan khas lain seperti Nasi Grombyang, Sego Abang, dan Tahu Campur. Nasi Grombyang terbuat dari nasi yang dicampur dengan daging sapi, ayam, dan rempah-rempah. Sementara itu, Sego Abang adalah nasi yang dicampur dengan sambal terasi dan potongan lele goreng.

Kesimpulan

Wisata Wonogiri memang belum sepopuler Bali atau Lombok. Namun, keindahan alam yang ditawarkan tak kalah menakjubkan. Mulai dari pantai, bukit, air terjun, hingga gua, semuanya bisa Anda nikmati di Wonogiri. Tak hanya keindahan alam, Wonogiri juga memiliki sejumlah peninggalan sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas daerah yang patut Anda coba. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Wonogiri dan nikmati keindahan alamnya!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *