Wisata Weleri: Menikmati Keindahan Alam dan Sejarah di Kota Weleri

Posted on

Wisata Weleri adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kota Weleri sendiri terkenal sebagai pusat industri tekstil, namun ternyata menyimpan potensi alam dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Keindahan Alam Wisata Weleri

Wisata Weleri menawarkan keindahan alam yang beragam. Terdapat beberapa objek wisata alam yang bisa dikunjungi, di antaranya:

1. Air Terjun Curug Lawe

Curug Lawe adalah air terjun yang terletak di desa Gajahmungkur, Kecamatan Weleri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar dan mandi di kolam yang tersedia.

2. Gunung Kendalisodo

Gunung Kendalisodo adalah gunung yang terletak di Kecamatan Weleri. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.450 mdpl dan menjadi salah satu destinasi pendakian yang populer di Jawa Tengah. Dari puncak gunung, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah Kota Weleri dan sekitarnya.

Wisata Lainnya:  Wisata Menarik di Sumenep: Nikmati Pesona Alam dan Budaya di Sini

3. Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening adalah danau terbesar di Jawa Tengah yang terletak di Kabupaten Semarang. Namun, sebagian wilayah danau termasuk dalam wilayah Kota Weleri. Danau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti pemandangan pegunungan danau serta perahu-perahu nelayan yang melintasi danau.

Sejarah Wisata Weleri

Kota Weleri juga memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui. Berikut adalah beberapa objek wisata sejarah yang bisa dikunjungi:

1. Museum Tekstil Weleri

Museum Tekstil Weleri merupakan museum yang berisi koleksi alat dan bahan untuk pembuatan kain tradisional. Pengunjung bisa melihat proses pembuatan kain dari mulai penggilingan kapas hingga menjadi kain jadi. Museum ini juga menyimpan koleksi kain tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

2. Makam Sunan Muria

Sunan Muria adalah salah satu wali songo yang memiliki makam di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Namun, terdapat pula makam Sunan Muria di Kecamatan Weleri. Makam ini menjadi tempat ziarah bagi umat Islam yang ingin menghormati Sunan Muria.

3. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah kompleks candi yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Kompleks candi ini terdiri dari sembilan candi yang dibangun pada abad ke-9. Pengunjung bisa mengunjungi candi-candi tersebut dan menikmati pemandangan indah dari atas bukit.

Wisata Lainnya:  JCO Grand Wisata: Tempat Ngopi Asyik di Bekasi

Kuliner Wisata Weleri

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Wisata Weleri tanpa mencicipi kuliner khasnya. Berikut adalah beberapa kuliner khas Kota Weleri:

1. Soto Weleri

Soto Weleri adalah soto yang menggunakan kuah bening dengan irisan daging ayam atau sapi. Kuahnya memiliki rasa yang gurih dan segar karena menggunakan daun jeruk nipis. Soto Weleri biasanya disajikan dengan nasi putih dan kerupuk.

2. Bakmi Weleri

Bakmi Weleri adalah mie yang disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi. Mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan empuk. Bakmi Weleri biasanya dilengkapi dengan irisan daging ayam atau sapi, sawi, dan bakso.

3. Nasi Grombyang

Nasi Grombyang adalah nasi yang disajikan dengan ayam goreng, tahu, tempe, sayur asem, dan sambal. Nasi Grombyang memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas. Nasi ini sangat cocok dinikmati di pagi hari sebagai sarapan.

Akomodasi Wisata Weleri

Untuk menginap, terdapat beberapa pilihan akomodasi di sekitar Wisata Weleri, seperti hotel dan penginapan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Weleri Indah Hotel

Weleri Indah Hotel adalah hotel yang terletak di Jalan Raya Weleri. Hotel ini menyediakan fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan spa. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp 500.000 per malam.

Wisata Lainnya:  Liburan Seru di Tempat Wisata Maribaya Bandung

2. Homestay Weleri

Homestay Weleri adalah penginapan yang terletak di Jalan Kembang Sari. Penginapan ini menyediakan kamar yang bersih dan nyaman dengan tarif yang terjangkau. Tarif menginap di homestay ini mulai dari Rp 250.000 per malam.

3. Wisma Gajahmungkur

Wisma Gajahmungkur adalah penginapan yang terletak di desa Gajahmungkur, Kecamatan Weleri. Penginapan ini menyediakan kamar yang sederhana namun bersih dan nyaman. Tarif menginap di wisma ini mulai dari Rp 150.000 per malam.

Kesimpulan

Wisata Weleri adalah tempat wisata yang cocok untuk menikmati keindahan alam dan sejarah di Kota Weleri. Terdapat berbagai objek wisata alam dan sejarah yang bisa dikunjungi, serta kuliner khas yang bisa dinikmati. Untuk menginap, terdapat beberapa pilihan akomodasi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan dengan matang agar liburan di Wisata Weleri menjadi lebih menyenangkan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *