Wisata Tirta Gangga: Keindahan Alam yang Menawan di Bali

Posted on

Jika Anda mencari objek wisata di Bali yang menawarkan keindahan alam yang menawan, maka Wisata Tirta Gangga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk Anda. Tirta Gangga merupakan sebuah taman air yang terletak di wilayah Karangasem, Bali. Tempat ini terkenal dengan keindahan dan suasana yang tenang, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

Sejarah Wisata Tirta Gangga

Sejarah Wisata Tirta Gangga bermula pada tahun 1948 ketika seorang raja bernama Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem membangun taman air ini sebagai tempat rekreasi keluarga. Tirta Gangga sendiri memiliki arti “air dari Ganges” yang merupakan sungai suci di India. Selama masa kepemilikan kerajaan Karangasem, taman air ini dijaga dengan baik dan dijadikan sebagai tempat istirahat kerajaan.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Lubuk Pakam: Menikmati Pesona Alam Sumatera Utara

Namun, pada tahun 1963 terjadi letusan Gunung Agung yang menghancurkan sebagian besar wilayah Karangasem termasuk Tirta Gangga. Kemudian, pada tahun 1979 pemerintah Indonesia membangun kembali Tirta Gangga dan menjadikannya sebagai objek wisata yang dibuka untuk umum.

Keindahan Wisata Tirta Gangga

Wisata Tirta Gangga memiliki pemandangan yang sangat indah. Di tengah taman air terdapat kolam yang dikelilingi oleh bebatuan besar dan air mancur yang menjulang tinggi. Di sekitar kolam terdapat taman dengan pepohonan hijau yang rimbun dan bunga-bunga yang berwarna-warni.

Di salah satu sudut taman terdapat patung naga yang dianggap sebagai penjaga keberuntungan. Selain itu, di taman air Tirta Gangga juga terdapat jembatan-jembatan yang terbuat dari batu alam yang unik dan menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Tirta Gangga

Wisata Tirta Gangga bukan hanya menawarkan keindahan alamnya saja, tetapi juga berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Salah satunya adalah berenang di kolam air yang dingin dan jernih. Kolam air di Tirta Gangga dibedakan menjadi tiga bagian dengan kedalaman yang berbeda-beda sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing pengunjung.

Wisata Lainnya:  Paket Wisata Karimunjawa dari Jakarta - Menikmati Indahnya Pulau-Pulau Karimunjawa

Selain itu, pengunjung juga bisa berjalan-jalan di sekitar taman dan menikmati keindahan alamnya. Taman air Tirta Gangga juga sering digunakan sebagai tempat untuk melakukan prewedding, foto keluarga, atau sekadar bersantai bersama keluarga atau teman-teman.

Jadwal Buka dan Tiket Masuk Wisata Tirta Gangga

Wisata Tirta Gangga buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WITA. Tiket masuk untuk dewasa sebesar Rp. 40.000 dan untuk anak-anak sebesar Rp. 20.000. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa gazebo atau kursi untuk bersantai di sekitar kolam air.

Transportasi Menuju Wisata Tirta Gangga

Untuk menuju ke Wisata Tirta Gangga, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil di Bali. Jarak tempuh dari Denpasar ke Tirta Gangga sekitar 2 jam dengan jarak sekitar 83 km. Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan angkutan umum seperti bus atau taksi.

Hotel dan Akomodasi di Sekitar Wisata Tirta Gangga

Di sekitar Wisata Tirta Gangga terdapat banyak hotel dan akomodasi yang bisa dipilih oleh pengunjung. Beberapa hotel yang terkenal dan dekat dengan Tirta Gangga antara lain Hotel Tirta Ayu, Taman Ujung Resort & Spa, dan Villa Sabandari.

Wisata Lainnya:  Wisata Pariban Berastagi: Menikmati Pesona Alam di Tengah Kota Berastagi

Kesimpulan

Wisata Tirta Gangga merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang menawan di Bali. Di sana, pengunjung bisa menikmati pemandangan taman air yang indah dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan seperti berenang atau sekadar bersantai di sekitar kolam air. Selain itu, di sekitar wisata Tirta Gangga juga terdapat banyak hotel dan akomodasi yang siap memanjakan pengunjung. Jadi, jika Anda ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda, Wisata Tirta Gangga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *