Wisata Sekadau: Menikmati Indahnya Wisata Alam di Sekadau

Posted on

Wisata Sekadau menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Kalimantan Barat. Sekadau sendiri adalah kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat dengan luas wilayah sekitar 3.000 km persegi dan berbatasan dengan Kabupaten Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu, dan Hulu Sungai Utara.

1. Wisata Alam Bukit Batu

Bukit Batu adalah salah satu wisata alam yang terdapat di Kabupaten Sekadau. Lokasinya berada di Desa Gunung Bungkal, Kecamatan Belitang Hulu. Wisata Bukit Batu menawarkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Dari puncak bukit, wisatawan dapat melihat panorama alam yang luar biasa, seperti hamparan hutan belantara, lembah, dan sungai.

2. Wisata Alam Air Terjun Menjalin

Wisata Air Terjun Menjalin merupakan wisata alam yang terletak di Desa Menjalin, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau. Air Terjun Menjalin memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan terletak di tengah hutan belantara. Keindahan air terjun ini semakin terlihat saat pengunjung menaiki jembatan gantung yang menghubungkan dua tebing.

Wisata Lainnya:  Telaga Sarangan: Keindahan Alam yang Menakjubkan di Jawa Timur

3. Wisata Alam Batu Begigi

Batu Begigi adalah salah satu wisata alam yang terletak di Desa Sungai Raya, Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau. Batu Begigi memiliki bentuk yang unik seperti gigi besar yang terletak di tengah-tengah sungai. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berenang atau sekadar berfoto di sekitar batu begigi.

4. Wisata Alam Danau Sentarum

Danau Sentarum adalah danau terluas di Kalimantan Barat dengan luas sekitar 132.000 hektar. Danau ini terletak di Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sekadau. Keindahan danau ini semakin terlihat ketika matahari terbit dan terbenam. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar danau dengan berkeliling menggunakan perahu.

5. Wisata Alam Hutan Raya Bukit Tekenang

Hutan Raya Bukit Tekenang merupakan hutan konservasi yang terletak di Kabupaten Sekadau. Hutan ini memiliki luas sekitar 26.000 hektar dan menjadi tempat hidup bagi berbagai macam flora dan fauna. Di dalam hutan ini terdapat beberapa wisata alam seperti air terjun dan bukit yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

6. Wisata Budaya Kampung Dalam

Kampung Dalam adalah salah satu kampung tradisional yang terdapat di Kabupaten Sekadau. Kampung ini terletak di tengah-tengah hutan belantara dan dihuni oleh suku Dayak. Wisatawan dapat mengunjungi kampung ini untuk melihat kehidupan suku Dayak yang masih menjunjung tinggi adat dan tradisi.

Wisata Lainnya:  Wisata Cicurug Sukabumi: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota

7. Wisata Sejarah Benteng Sekadau

Benteng Sekadau adalah benteng peninggalan Belanda yang terletak di tengah kota Sekadau. Benteng ini dibangun pada tahun 1860 dan menjadi tempat perlindungan bagi masyarakat Sekadau pada masa penjajahan Belanda. Sekarang, benteng ini dijadikan sebagai objek wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

8. Wisata Religi Masjid Raya Al-Ikhlas

Masjid Raya Al-Ikhlas adalah masjid terbesar di Kabupaten Sekadau. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi tempat ibadah bagi umat Islam di Sekadau. Pengunjung dapat mengunjungi masjid ini untuk menikmati keindahan arsitekturnya atau sekadar beribadah.

9. Wisata Kuliner Sekadau

Selain wisata alam dan budaya, Sekadau juga memiliki kuliner khas yang patut dicicipi. Beberapa makanan khas Sekadau antara lain bubur pedas, sate beruang, ayam goreng lengkuas, dan serundeng daging. Pengunjung dapat mencicipi kuliner khas Sekadau di beberapa rumah makan atau warung yang tersebar di Sekadau.

10. Penginapan di Sekadau

Untuk penginapan, Sekadau menyediakan berbagai macam akomodasi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Beberapa hotel dan penginapan di Sekadau antara lain Hotel Sekadau, Hotel Ria, dan penginapan-penginapan kecil di sekitar wisata alam.

Wisata Lainnya:  Menjelajahi Keindahan Alam di Tempat Wisata di Pasir Pengaraian

11. Cara Menuju Sekadau

Sekadau dapat diakses melalui jalur darat dari Kota Pontianak. Waktu tempuh dari Kota Pontianak ke Sekadau sekitar 5-6 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bus. Selain itu, Sekadau juga dapat diakses melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat dari Jakarta atau Surabaya menuju Bandara Supadio Pontianak.

12. Tips Berwisata di Sekadau

Berikut ini adalah beberapa tips berwisata di Sekadau:

  • Bawa perlengkapan yang cukup, terutama saat berwisata alam seperti air terjun atau hutan.
  • Berhati-hatilah saat berenang di air terjun atau sungai.
  • Patuhi aturan dan peraturan yang berlaku di setiap objek wisata.
  • Jangan merusak alam dan lingkungan sekitar.
  • Perhatikan jam buka dan tutup setiap objek wisata.

13. Kesimpulan

Wisata Sekadau menawarkan keindahan alam yang luar biasa serta budaya dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Dari wisata alam, wisata budaya, hingga kuliner khas, Sekadau memiliki segala yang dibutuhkan oleh para wisatawan untuk menikmati liburan yang menyenangkan. Dengan mengikuti tips berwisata yang baik dan benar, diharapkan wisatawan dapat menikmati wisata Sekadau dengan aman dan nyaman.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *