Wisata Sampit: Menikmati Keindahan Alam Kalimantan Tengah

Posted on

Wisata Sampit adalah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Wisata ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan berbagai macam atraksi yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai berbagai macam atraksi dan kegiatan yang bisa dinikmati di Wisata Sampit.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Salah satu atraksi yang wajib dikunjungi di Wisata Sampit adalah air terjun. Ada beberapa air terjun yang bisa dinikmati di sini, seperti Air Terjun Pancur Aji dan Air Terjun Lanting. Kedua air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan segar untuk dinikmati. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan seperti berenang atau memancing di sekitar air terjun.

Berpetualang di Hutan Lindung

Wisata Sampit juga menawarkan kegiatan petualangan di hutan lindung. Pengunjung bisa melakukan trekking atau hiking untuk menikmati keindahan hutan lindung yang masih terjaga. Selain itu, di hutan lindung ini juga terdapat berbagai macam flora dan fauna yang bisa ditemukan. Jangan lupa untuk membawa peralatan yang cukup dan mengikuti petunjuk dari pemandu wisata untuk keselamatan dan kenyamanan selama berpetualang di hutan lindung.

Menyaksikan Kegiatan Penangkapan Ikan

Sampit juga terkenal dengan kegiatan penangkapan ikan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Pengunjung bisa menyaksikan langsung kegiatan ini di Sungai Mentaya. Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba kegiatan memancing atau menikmati ikan segar hasil tangkapan di sekitar Sungai Mentaya.

Menikmati Kuliner Khas Sampit

Ketika berkunjung ke Sampit, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas setempat. Salah satu kuliner khas Sampit yang terkenal adalah Sate Kelinci. Sate ini terbuat dari daging kelinci yang dipanggang dengan bumbu kacang yang lezat. Selain itu, ada juga kuliner khas lain seperti Soto Sampit dan Sambal Kecombrang yang wajib dicoba.

Wisata Lainnya:  Wisata di Jonggol Terbaru: Menikmati Keindahan Alam Sekaligus Berlibur

Berkunjung ke Desa Adat Dayak

Di sekitar Wisata Sampit, terdapat beberapa desa adat Dayak yang masih mempertahankan adat dan budaya mereka. Pengunjung bisa berkunjung ke desa-desa ini untuk melihat kehidupan masyarakat setempat, serta melihat upacara dan kegiatan adat yang masih dilakukan. Jangan lupa untuk menghormati adat dan budaya setempat selama berkunjung ke desa-desa adat Dayak.

Menginap di Penginapan yang Menyenangkan

Untuk menikmati semua atraksi dan kegiatan di Wisata Sampit, pengunjung bisa menginap di penginapan yang menyenangkan dan nyaman. Di sekitar Wisata Sampit, terdapat beberapa penginapan yang bisa dipilih, seperti homestay, hotel, atau villa. Pilihlah penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan pengunjung.

Membeli Oleh-oleh Khas Sampit

Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Sampit untuk keluarga dan teman. Ada beberapa oleh-oleh yang bisa dibeli di sini, seperti kain tenun khas Kalimantan, cemilan khas, atau kerajinan tangan khas Dayak. Pastikan untuk membeli oleh-oleh dari penjual yang terpercaya dan menjual barang dengan harga yang wajar.

Menikmati Sunset di Sungai Mentaya

Salah satu momen yang wajib dinikmati di Wisata Sampit adalah sunset di Sungai Mentaya. Pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbenam sambil menikmati pemandangan Sungai Mentaya yang indah. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk menangkap momen yang indah ini.

Bermain Air di Pantai Teluk Sampit

Di sekitar Wisata Sampit, terdapat Pantai Teluk Sampit yang bisa dikunjungi untuk bermain air. Pantai ini menawarkan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Pengunjung bisa berenang, berjemur, atau bermain pasir di sekitar Pantai Teluk Sampit.

Menikmati Keindahan Pemandangan dari Bukit Tangkiling

Untuk pengunjung yang suka dengan hiking atau trekking, Bukit Tangkiling bisa menjadi pilihan yang tepat. Bukit ini menawarkan pemandangan yang indah dari atas bukit, serta udara yang segar dan sejuk. Pastikan untuk membawa peralatan yang cukup dan mengikuti petunjuk dari pemandu wisata untuk keselamatan dan kenyamanan selama hiking di Bukit Tangkiling.

Bermain Air di Danau Sembuluh

Di sekitar Wisata Sampit, terdapat Danau Sembuluh yang bisa dikunjungi untuk bermain air atau sekadar menikmati keindahan alam. Danau ini menawarkan air yang jernih dan pemandangan yang indah di sekitar danau. Pengunjung bisa melakukan kegiatan seperti berenang, memancing, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar Danau Sembuluh.

Wisata Lainnya:  Wisata Guci Tegal Pemandian Air Panas: Menikmati Keindahan Alam dan Berendam di Air Panas

Bermain di Taman Wisata Sampit

Di dalam kompleks Wisata Sampit, terdapat Taman Wisata Sampit yang bisa dikunjungi untuk bermain dan bersantai. Taman ini menawarkan fasilitas seperti taman bermain, arena olahraga, dan area piknik. Pengunjung bisa bermain dengan keluarga atau teman di Taman Wisata Sampit.

Berbelanja di Pasar Batuah

Bagi pengunjung yang suka berbelanja, Pasar Batuah bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasar ini menawarkan berbagai macam barang, seperti pakaian, aksesoris, cemilan khas, dan oleh-oleh khas Kalimantan. Pastikan untuk menawar harga dengan bijak dan membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan.

Menikmati Keindahan Pemandangan dari Jembatan Mentaya

Jembatan Mentaya adalah jembatan yang menghubungkan Kota Sampit dengan Kabupaten Kotawaringin Timur. Jembatan ini menawarkan pemandangan yang indah dari atas Sungai Mentaya, serta udara yang segar dan sejuk. Pengunjung bisa berjalan-jalan atau sekadar menikmati pemandangan dari atas Jembatan Mentaya.

Bermain di Pantai Tanjung Keluang

Jika pengunjung ingin menikmati pantai yang lebih sepi, Pantai Tanjung Keluang bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan pasir putih yang bersih. Pengunjung bisa berenang, berjemur, atau sekadar bersantai di sekitar Pantai Tanjung Keluang.

Berwisata Sejarah di Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat adalah museum yang terletak di Kota Sampit. Museum ini menawarkan berbagai macam koleksi sejarah dan budaya Kalimantan Tengah, seperti senjata tradisional, pakaian adat, dan alat musik tradisional. Pengunjung bisa berwisata sejarah dan belajar mengenai sejarah dan budaya Kalimantan Tengah di Museum Lambung Mangkurat.

Bermain Air di Waterboom Sampit

Bagi pengunjung yang suka dengan kegiatan bermain air, Waterboom Sampit bisa menjadi pilihan yang tepat. Waterboom ini menawarkan berbagai macam wahana air, seperti kolam renang, seluncuran air, dan air mancur. Pengunjung bisa bermain dan bersenang-senang di Waterboom Sampit.

Berwisata Sejarah di Benteng Bukit Batu

Benteng Bukit Batu adalah benteng yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Timur. Benteng ini dibangun pada masa penjajahan Belanda dan kini menjadi salah satu objek wisata sejarah di Kalimantan Tengah. Pengunjung bisa berwisata sejarah dan belajar mengenai sejarah penjajahan Belanda di Kalimantan Tengah di Benteng Bukit Batu.

Bermain Golf di Lapangan Golf Sampit

Bagi pengunjung yang suka dengan olahraga golf, Lapangan Golf Sampit bisa menjadi pilihan yang tepat. Lapangan golf ini menawarkan fasilitas yang lengkap dan bersih, serta pemandangan yang indah di sekitar lapangan. Pengunjung bisa bermain golf dengan teman atau keluarga di Lapangan Golf Sampit.

Wisata Lainnya:  Menikmati Wisata Cilegon yang Menarik dan Menantang

Bermain di Taman Kota Sampit

Taman Kota Sampit adalah taman yang terletak di Kota Sampit. Taman ini menawarkan fasilitas seperti taman bermain, area piknik, dan arena olahraga. Pengunjung bisa bermain dengan keluarga atau teman di Taman Kota Sampit.

Berkunjung ke Masjid Agung Al-Muhajirin

Masjid Agung Al-Muhajirin adalah masjid yang terletak di Kota Sampit. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kalimantan Tengah dan menawarkan arsitektur yang indah dan megah. Pengunjung bisa berkunjung ke masjid ini untuk beribadah atau sekadar melihat keindahan arsitektur masjid.

Menikmati Sunrise di Bukit Batu Bintang

Bagi pengunjung yang suka dengan keindahan sunrise, Bukit Batu Bintang bisa menjadi pilihan yang tepat. Bukit ini menawarkan pemandangan yang indah dari atas bukit saat matahari terbit, serta udara yang segar dan sejuk. Pastikan untuk membawa kamera untuk menangkap momen yang indah ini.

Bermain di Taman Wisata Alam Batu Gajah

Taman Wisata Alam Batu Gajah adalah taman yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Timur. Taman ini menawarkan berbagai macam atraksi alam, seperti air terjun, danau, dan hutan lindung. Pengunjung bisa bermain dan bersenang-senang di Taman Wisata Alam Batu Gajah sambil menikmati keindahan alam.

Berkunjung ke Desa Wisata Binaan

Di sekitar Wisata Sampit, terdapat beberapa desa wisata binaan yang bisa dikunjungi untuk melihat kehidupan masyarakat setempat dan belajar mengenai kebudayaan dan adat setempat. Pengunjung bisa berkunjung ke desa-desa ini untuk melihat upacara dan kegiatan adat yang masih dilakukan, serta mencicipi kuliner khas setempat.

Bermain di Taman Kota Teluk Sampit

Taman Kota Teluk Sampit adalah taman yang terletak di Kota Sampit. Taman ini menawarkan fasilitas seperti taman bermain, area piknik, dan arena olahraga. Pengunjung bisa bermain dengan keluarga atau teman di Taman Kota Teluk Sampit.

Bermain Air di Pantai Beringin

Di sekitar Wisata Sampit, terdapat Pantai Beringin yang bisa dikunjungi untuk bermain air. Pantai ini menawarkan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Pengunjung bisa berenang, berjemur, atau bermain pasir di sekitar Pantai Beringin.

Membeli Oleh-oleh Khas Sampit di Pasar Sentral

Pasar Sentral adalah pasar tradisional yang terletak di Kota Sampit. Pasar ini menawarkan berbagai macam oleh-oleh khas Sampit dan Kalimantan Tengah, seperti kain tenun, cemilan khas,

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *