Wisata Pasar Terapung Siring: Menikmati Keunikan Tradisional di Tengah Danau

Posted on

Indonesia adalah negara dengan kekayaan budaya yang sangat melimpah. Salah satunya adalah tradisi pasar terapung yang masih dilestarikan hingga saat ini. Salah satu pasar terapung yang terkenal adalah Pasar Terapung Siring yang berada di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Pasar ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sejarah Pasar Terapung Siring

Pasar Terapung Siring merupakan tradisi yang sudah ada sejak zaman nenek moyang Batak Toba. Pasar ini digunakan sebagai tempat untuk berjualan dan bertransaksi oleh penduduk setempat. Namun, pasar terapung ini baru mulai menjadi objek wisata pada tahun 1980-an. Hal ini terjadi karena semakin banyaknya wisatawan yang datang ke Danau Toba dan ingin melihat langsung tradisi pasar terapung yang unik ini.

Keunikan Pasar Terapung Siring

Salah satu keunikan dari Pasar Terapung Siring adalah lokasinya yang berada di tengah-tengah Danau Toba. Para pedagang menggunakan perahu atau rakit sebagai tempat untuk berjualan. Selain itu, barang-barang yang dijual juga cukup beragam, mulai dari hasil pertanian, hasil perikanan, kerajinan tangan tradisional, hingga souvenir khas Danau Toba.

Wisata Lainnya:  Travel Bali Malang: Exploring the Best of Two Beautiful Indonesian Destinations

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati hidangan khas Sumatera Utara seperti saksang, arsik, dan ikan bakar yang dijual di sekitar pasar terapung. Selain itu, ada juga pertunjukan seni dan budaya seperti tari-tarian tradisional Batak Toba yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Jadwal Pasar Terapung Siring

Pasar Terapung Siring biasanya diadakan pada hari Minggu, mulai dari pukul 06.00 hingga pukul 12.00 WIB. Namun, jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kondisi cuaca dan kebijakan dari pihak pengelola pasar terapung.

Cara Menuju Pasar Terapung Siring

Untuk menuju Pasar Terapung Siring, pengunjung dapat menggunakan transportasi umum seperti bus atau taksi yang tersedia di kota Medan. Setelah itu, pengunjung harus menuju ke Pelabuhan Ajibata dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal atau ferry menuju ke Pulau Samosir. Dari Pulau Samosir, pengunjung dapat menggunakan jasa penyewaan perahu atau rakit untuk menuju ke Pasar Terapung Siring.

Tips Berwisata ke Pasar Terapung Siring

Untuk menikmati wisata ke Pasar Terapung Siring dengan maksimal, ada beberapa tips yang dapat diikuti, di antaranya:

  • Berkunjunglah pada hari Minggu saat pasar terapung diadakan
  • Siapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup, karena di pasar terapung tidak tersedia mesin ATM
  • Cobalah untuk menawar harga barang yang ingin dibeli, karena harga awal yang ditawarkan oleh pedagang biasanya lebih tinggi
  • Coba juga untuk mencicipi hidangan khas Sumatera Utara yang dijual di sekitar pasar terapung
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen berkesan selama berwisata di Pasar Terapung Siring
Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Nias: Menikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

Kesimpulan

Pasar Terapung Siring adalah salah satu destinasi wisata yang menarik bagi yang ingin menikmati keunikan tradisi pasar terapung di tengah-tengah Danau Toba. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati hidangan khas Sumatera Utara dan pertunjukan seni dan budaya Batak Toba. Namun, pengunjung perlu memperhatikan jadwal pasar terapung dan cara menuju lokasi. Dengan tips yang tepat, pengunjung dapat menikmati wisata ke Pasar Terapung Siring dengan maksimal dan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *