Wisata Nusa Kambangan: Menikmati Keindahan Alam di Pulau Terlarang

Posted on

Wisata Nusa Kambangan merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Pulau Nusa Kambangan, sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan Jawa Tengah. Pulau ini dikenal sebagai pulau terlarang karena sebelumnya digunakan sebagai penjara terbesar di Indonesia. Kini, pulau ini telah dibuka untuk umum dan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Keindahan Alam di Wisata Nusa Kambangan

Pulau Nusa Kambangan memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dengan pasir putih yang bersih. Selain itu, pulau ini juga memiliki hutan yang rimbun dan terdapat beberapa air terjun yang menawan.

Salah satu air terjun yang terkenal di pulau ini adalah Curug Cikanteh. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan air yang jernih. Wisatawan dapat berenang atau sekadar menikmati keindahan alam di sekitar air terjun.

Wisata Lainnya:  Rundown Acara Wisata: Mengatur Acara Wisata yang Menyenangkan

Tak hanya itu, di Pulau Nusa Kambangan juga terdapat Goa Jepang yang menjadi saksi bisu sejarah masa lalu. Goa ini digunakan sebagai tempat persembunyian tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Sekarang, goa ini dapat dijadikan sebagai tempat berfoto dan menambah wawasan sejarah.

Aktivitas Wisata di Wisata Nusa Kambangan

Wisatawan dapat melakukan beberapa aktivitas wisata di Pulau Nusa Kambangan, seperti berenang, snorkeling, dan diving. Pulau ini juga cocok untuk dijadikan tempat berkemah ataupun piknik bersama keluarga.

Bagi yang suka dengan olahraga outbond, di Pulau Nusa Kambangan juga terdapat beberapa arena outbond yang menantang. Wisatawan dapat mencoba flying fox, rafting, atau memanjat tebing.

Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat mengunjungi situs peninggalan sejarah seperti bekas penjara dan peninggalan arkeologi yang ada di pulau ini.

Penginapan di Wisata Nusa Kambangan

Untuk penginapan, wisatawan dapat memilih penginapan yang berada di sekitar Pulau Nusa Kambangan. Terdapat beberapa villa dan resort yang menawarkan pemandangan yang indah dan fasilitas yang lengkap.

Wisata Lainnya:  Discover the Beauty of Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud

Bagi yang ingin merasakan sensasi berkemah, wisatawan juga dapat membawa tenda dan menyewa tempat untuk berkemah.

Cara Menuju Wisata Nusa Kambangan

Pulau Nusa Kambangan dapat diakses melalui Pelabuhan Cilacap. Dari pelabuhan ini, wisatawan dapat menggunakan kapal yang disediakan oleh pemerintah setempat untuk menuju Pulau Nusa Kambangan.

Wisatawan juga dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju Pelabuhan Cilacap. Dari Jakarta, perjalanan ke Pelabuhan Cilacap dapat ditempuh dengan waktu sekitar 7 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Wisata Nusa Kambangan

Harga tiket masuk Wisata Nusa Kambangan cukup terjangkau. Untuk masuk ke Pulau Nusa Kambangan, wisatawan hanya perlu membayar sekitar Rp 10.000 per orang. Selain itu, wisatawan juga perlu membayar biaya sewa kapal sekitar Rp 100.000 per kapal.

Kesimpulan

Wisata Nusa Kambangan merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pulau terlarang ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau dan beragam aktivitas wisata yang menarik. Bagi yang suka dengan sejarah, Pulau Nusa Kambangan juga menyimpan banyak situs peninggalan sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk mencoba sensasi berkemah di pulau ini dan merasakan keindahan alam yang masih alami.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *