Wisata Madura Sampang: Keindahan yang Menyegarkan

Posted on

Madura adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Surabaya. Meskipun tergolong kecil, namun pulau ini menyimpan banyak keindahan alam dan budaya yang patut untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di Madura adalah Sampang. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai wisata Madura Sampang.

Sejarah Kampung Madura

Salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Sampang adalah Kampung Madura. Kampung ini merupakan sebuah kampung tradisional yang masih mempertahankan kebudayaan Madura yang kental. Kampung Madura sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan menjadi tempat perlindungan para pejuang kemerdekaan Indonesia. Di kampung ini, wisatawan dapat melihat langsung rumah-rumah tradisional Madura yang khas dengan atap jerami dan dinding berwarna coklat.

Pantai Sembilan

Pantai Sembilan adalah salah satu pantai yang terkenal di Sampang. Pantai ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus dan air laut yang jernih. Selain itu, di Pantai Sembilan juga terdapat banyak warung makan yang menjual makanan khas Madura seperti sate Madura dan lontong balap.

Bukit Jaddih

Bukit Jaddih adalah salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi di Sampang. Bukit ini terletak di Desa Jaddih, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan dari atas bukit ini. Selain itu, di Bukit Jaddih juga terdapat banyak spot foto yang instagramable.

Candi Gedong

Candi Gedong adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Desa Gedong, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang. Candi ini dibangun pada abad ke-14 oleh Raja Majapahit, Hayam Wuruk. Meskipun candi ini sudah sangat tua, namun keindahan arsitekturnya masih tetap terlihat. Di sekitar candi juga terdapat banyak pohon-pohon besar yang menambah keindahan tempat ini.

Goa Lowo

Goa Lowo adalah sebuah goa yang terletak di Desa Ngrancang, Kecamatan Kota Sampang, Kabupaten Sampang. Goa ini memiliki panjang sekitar 250 meter dan memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah. Di dalam goa ini, wisatawan juga dapat menemukan banyak kelelawar yang bergerak aktif di malam hari.

Wisata Lainnya:  Cafe Sawah Pujon Kidul: Nikmati Kopi dan Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Kolam Air Hangat

Kolam Air Hangat adalah sebuah objek wisata yang terletak di Desa Tlagah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang. Kolam ini terdiri dari beberapa kolam dengan suhu air yang berbeda-beda. Suhu air di kolam ini bervariasi antara 30 hingga 40 derajat Celcius. Kolam Air Hangat dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan reumatik.

Pasar Waru

Pasar Waru adalah sebuah pasar tradisional yang terletak di pusat kota Sampang. Pasar ini sangat terkenal dengan jajanan khas Madura seperti kerupuk, dodol, dan kripik tempe. Selain itu, di pasar ini juga terdapat banyak pedagang yang menjual kerajinan tangan seperti anyaman bambu dan batik Madura.

Monumen Trisula

Monumen Trisula adalah sebuah monumen yang terletak di pusat kota Sampang. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang gugur dalam perang melawan penjajah Belanda. Monumen ini memiliki bentuk seperti trisula dan terbuat dari beton bertulang.

Kampung Arab Sampang

Kampung Arab Sampang adalah sebuah kampung yang terletak di pusat kota Sampang. Kampung ini terkenal dengan bangunannya yang bergaya Arab. Di kampung ini, wisatawan dapat melihat langsung bangunan-bangunan kuno yang memiliki arsitektur yang sangat indah. Selain itu, di kampung ini juga terdapat banyak pedagang yang menjual barang-barang antik.

Sungai Bengawan Sampang

Sungai Bengawan Sampang adalah sebuah sungai yang terletak di Desa Karang Penang, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang. Sungai ini memiliki air yang jernih dan sejuk. Di sepanjang sungai ini, terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas Madura seperti sate Madura dan nasi uduk.

Makam Sunan Kamaluddin

Makam Sunan Kamaluddin adalah sebuah makam yang terletak di Desa Kamal, Kecamatan Kota Sampang, Kabupaten Sampang. Sunan Kamaluddin adalah salah satu wali songo yang terkenal di Jawa Timur. Makam ini menjadi tempat ziarah bagi umat Muslim yang ingin memohon berkat dan keselamatan.

Kampung Batik Sampang

Kampung Batik Sampang adalah sebuah kampung yang terletak di pusat kota Sampang. Kampung ini terkenal dengan batik khas Madura yang sangat indah. Di kampung ini, wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan batik dan membeli batik-batik khas Madura sebagai oleh-oleh.

Desa Wisata Mulyorejo

Desa Wisata Mulyorejo adalah sebuah desa wisata yang terletak di Desa Mulyorejo, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang. Di desa ini, wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan garam tradisional yang masih menggunakan cara-cara kuno. Selain itu, di desa ini juga terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas Madura seperti sate Madura dan lontong balap.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Bantaeng: Menikmati Keindahan Pesisir dan Budaya Lokal

Bukit Batik

Bukit Batik adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Batik, Kecamatan Kota Sampang, Kabupaten Sampang. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Dari atas bukit ini, wisatawan dapat melihat pemandangan yang sangat indah seperti hamparan sawah dan perbukitan yang hijau.

Pantai Camplong

Pantai Camplong adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus dan air laut yang jernih. Selain itu, di Pantai Camplong juga terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas Madura seperti sate Madura dan lontong balap.

Gunung Sepikul

Gunung Sepikul adalah sebuah gunung yang terletak di Desa Sepikul, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Di gunung ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas hiking dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Desa Wisata Banyuates

Desa Wisata Banyuates adalah sebuah desa wisata yang terletak di Desa Banyuates, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Di desa ini, wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan kerupuk tradisional yang masih menggunakan cara-cara kuno. Selain itu, di desa ini juga terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas Madura seperti sate Madura dan lontong balap.

Pantai Lombang

Pantai Lombang adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Lombang, Kecamatan Lombang, Kabupaten Sampang. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus dan air laut yang jernih. Selain itu, di Pantai Lombang juga terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas Madura seperti sate Madura dan lontong balap.

Bukit Karang Kates

Bukit Karang Kates adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Karang Kates, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut. Dari atas bukit ini, wisatawan dapat melihat pemandangan yang sangat indah seperti hamparan sawah dan perbukitan yang hijau.

Desa Wisata Kalianget

Desa Wisata Kalianget adalah sebuah desa wisata yang terletak di Desa Kalianget, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang. Di desa ini, wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan anyaman bambu yang masih menggunakan cara-cara kuno. Selain itu, di desa ini juga terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas Madura seperti sate Madura dan lontong balap.

Wisata Lainnya:  Paket Wisata Semarang 3 Hari 2 Malam: Nikmati Wisata Menarik di Kota Lumpia

Desa Wisata Kembang Seri

Desa Wisata Kembang Seri adalah sebuah desa wisata yang terletak di Desa Kembang Seri, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Di desa ini, wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan tenun khas Madura yang sangat indah. Selain itu, di desa ini juga terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas Madura seperti sate Madura dan lontong balap.

Pantai Paseban

Pantai Paseban adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Paseban, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus dan air laut yang jernih. Selain itu, di Pantai Paseban juga terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas Madura seperti sate Madura dan lontong balap.

Desa Wisata Panggung

Desa Wisata Panggung adalah sebuah desa wisata yang terletak di Desa Panggung, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang. Di desa ini, wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan anyaman pandan yang sangat indah. Selain itu, di desa ini juga terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas Madura seperti sate Madura dan lontong balap.

Pantai Kocak

Pantai Kocak adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Kocak, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus dan air laut yang jernih. Selain itu, di Pantai Kocak juga terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan khas Madura seperti sate Madura dan lontong balap.

Kampung Keramik Sampang

Kampung Keramik Sampang adalah sebuah kampung yang terletak di pusat kota Sampang. Kampung ini terkenal dengan kerajinan keramik khas Madura yang sangat indah. Di kampung ini, wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan keramik dan membeli keramik khas Madura sebagai oleh-oleh.

Bukit Tunggul

Bukit Tunggul adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Tunggul, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Dari atas bukit ini, wisatawan dapat melihat pemandangan yang sangat indah seperti hamparan sawah dan perbukitan yang hijau.

Pantai Lombang Barat
Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *