Wisata Lumajang Jatim: Pesona Alam dan Budaya yang Menawan

Posted on

Lumajang merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota yang terkenal dengan julukan “Kota Bunga” ini memiliki banyak potensi wisata yang memukau. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Lumajang yang bisa menjadi destinasi liburan yang menarik.

1. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru merupakan salah satu pantai terindah di Lumajang. Warna air laut yang biru dan jernih dengan hamparan pasir putih yang lembut sangat memukau. Di sini kita bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise. Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat yang tepat untuk wisata bahari seperti snorkeling, diving, dan memancing.

2. Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi terletak di kaki Gunung Semeru. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya yang jernih mengalir dari atas. Terdapat kolam alami di bawah air terjun yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar berendam di bawah guyuran air terjun. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat pemandangan yang asri dan hijau dari hutan pinus.

3. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan tempat wisata yang populer di Lumajang. Di sini kita bisa menikmati keindahan alam pegunungan, danau, serta gunung berapi. Terdapat beberapa bukit yang bisa didaki untuk melihat pemandangan yang lebih luas. Wisata ini juga menjadi tempat yang tepat untuk hiking atau camping.

4. Goa Tetes

Goa Tetes merupakan gua yang terletak di Desa Sumber Brantas, Lumajang. Gua ini diberi nama “Tetes” karena ada air yang menetes dari langit-langit gua. Di dalam gua terdapat stalaktit dan stalakmit yang indah dan mengagumkan. Selain itu, di sekitar gua juga terdapat pemandangan yang asri dan hijau dari perkebunan teh.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Payakumbuh Ala New Zealand

5. Kampung Budaya Wotgalih

Kampung Budaya Wotgalih merupakan kampung yang mempertahankan budaya tradisional Jawa. Di kampung ini kita bisa melihat rumah-rumah adat Jawa yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, di sini juga terdapat tarian dan musik tradisional Jawa yang masih dilestarikan. Kita juga bisa belajar membuat batik, kerajinan tangan, dan kuliner tradisional Jawa.

6. Bukit Kapur Selatan

Bukit Kapur Selatan merupakan tempat wisata yang populer di Lumajang. Di sini kita bisa menikmati pemandangan yang indah dari atas bukit kapur. Terdapat beberapa spot foto yang instagramable dengan latar belakang bukit kapur yang cantik. Selain itu, di sekitar bukit juga terdapat hutan pinus yang hijau dan asri.

7. Goa Tetes Riaman

Goa Tetes Riaman merupakan gua yang terletak di Desa Pandanrejo, Lumajang. Gua ini memiliki panjang sekitar 300 meter dan mempunyai banyak stalaktit dan stalakmit yang indah. Di dalam gua terdapat beberapa kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang. Selain itu, di sekitar gua juga terdapat hutan yang hijau dan asri.

8. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun yang terletak di perbatasan antara Lumajang dan Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan airnya mengalir dari atas seperti gorden raksasa. Di sekitar air terjun terdapat bebatuan yang unik dan cantik. Untuk mencapai air terjun ini, kita harus melakukan trekking sekitar 2 jam.

9. Telaga Remis

Telaga Remis merupakan danau yang terletak di Desa Sumber Brantas, Lumajang. Danau ini dikelilingi oleh tebing-tebing batu kapur yang tinggi. Di sini kita bisa menikmati keindahan alam danau yang hijau dengan pemandangan tebing kapur yang cantik. Selain itu, di sekitar danau juga terdapat hutan yang hijau dan asri.

10. Gua Maharani

Gua Maharani merupakan gua yang terletak di Desa Pasirian, Lumajang. Gua ini memiliki panjang sekitar 300 meter dan mempunyai beberapa ruangan yang indah dan menakjubkan. Di dalam gua terdapat bebatuan yang unik dan cantik. Selain itu, di sekitar gua juga terdapat hutan yang hijau dan asri.

11. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini terletak di perbatasan antara Lumajang dan Malang. Di sini kita bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang masih alami. Namun, pendakian ke gunung ini memerlukan persiapan yang matang karena jalur yang ditempuh cukup berat.

12. Goa Tetes Watu Gampang

Goa Tetes Watu Gampang merupakan gua yang terletak di Desa Sumber Brantas, Lumajang. Gua ini memiliki panjang sekitar 300 meter dan mempunyai banyak stalaktit dan stalakmit yang indah. Di dalam gua terdapat beberapa kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang. Selain itu, di sekitar gua juga terdapat hutan yang hijau dan asri.

Wisata Lainnya:  Wisata Dander Bojonegoro - Menikmati Keindahan Alam Jawa Timur

13. Jembatan Kayu Tumpang

Jembatan Kayu Tumpang merupakan jembatan yang terletak di perbatasan antara Lumajang dan Malang. Jembatan ini dibuat dari kayu dan menghubungkan dua bukit yang bersebelahan. Di sini kita bisa menikmati pemandangan yang indah dari atas jembatan dengan latar belakang bukit-bukit yang hijau dan asri.

14. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies merupakan bukit yang terletak di Desa Wonorejo, Lumajang. Bukit ini dinamakan Bukit Teletubbies karena bentuknya yang mirip dengan bukit di serial televisi “Teletubbies”. Di sini kita bisa menikmati pemandangan yang indah dari atas bukit dengan latar belakang hamparan perkebunan sawit yang hijau dan asri.

15. Bukit Nambangan

Bukit Nambangan merupakan bukit yang terletak di Desa Nambangan, Lumajang. Bukit ini terkenal dengan pemandangan sunrise-nya yang sangat indah. Di sini kita bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang masih alami dengan latar belakang matahari terbit yang cantik.

16. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari merupakan air terjun yang terletak di perbatasan antara Lumajang dan Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya mengalir dari atas seperti gorden raksasa. Di sekitar air terjun terdapat bebatuan yang unik dan cantik. Untuk mencapai air terjun ini, kita harus melakukan trekking sekitar 1 jam.

17. Bukit Kuneer

Bukit Kuneer merupakan bukit yang terletak di Desa Kuneer, Lumajang. Bukit ini terkenal dengan pemandangan sunset-nya yang sangat indah. Di sini kita bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang masih alami dengan latar belakang matahari terbenam yang cantik.

18. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun yang terletak di perbatasan antara Lumajang dan Probolinggo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan airnya mengalir dari atas seperti gorden raksasa. Di sekitar air terjun terdapat bebatuan yang unik dan cantik. Untuk mencapai air terjun ini, kita harus melakukan trekking sekitar 2 jam.

19. Bukit Idola

Bukit Idola merupakan bukit yang terletak di Desa Sumber Brantas, Lumajang. Bukit ini terkenal dengan pemandangan sunrise-nya yang sangat indah. Di sini kita bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang masih alami dengan latar belakang matahari terbit yang cantik.

20. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo merupakan pantai yang terletak di Desa Watu Ulo, Lumajang. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan air laut yang biru dan jernih. Di sekitar pantai terdapat bebatuan yang unik dan cantik. Pantai ini juga menjadi tempat yang tepat untuk wisata bahari seperti snorkeling, diving, dan memancing.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Batang: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota

21. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar merupakan tempat wisata yang terletak di perbatasan antara Lumajang dan Malang. Di sini kita bisa menikmati pemandangan yang asri dan hijau dari hutan pinus. Selain itu, di sini juga terdapat pemandian air panas yang bisa digunakan untuk relaksasi dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

22. Kampung Wisata Sumberwatu

Kampung Wisata Sumberwatu merupakan kampung yang mempertahankan budaya tradisional Jawa. Di kampung ini kita bisa melihat rumah-rumah adat Jawa yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, di sini juga terdapat tarian dan musik tradisional Jawa yang masih dilestarikan. Kita juga bisa belajar membuat batik, kerajinan tangan, dan kuliner tradisional Jawa.

23. Bukit Paralayang

Bukit Paralayang merupakan bukit yang terletak di Desa Wonorejo, Lumajang. Bukit ini terkenal dengan olahraga paralayang-nya yang sangat seru. Di sini kita bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang masih alami dengan latar belakang hamparan sawah yang hijau dan asri.

24. Pantai Rowo Indah

Pantai Rowo Indah merupakan pantai yang terletak di Desa Rowobango, Lumajang. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan air laut yang biru dan jernih. Di sekitar pantai terdapat bebatuan yang unik dan cantik. Pantai ini juga menjadi tempat yang tepat untuk wisata bahari seperti snorkeling, diving, dan memancing.

25. Danau Ranu Pani

Danau Ranu Pani merupakan danau yang terletak di kaki Gunung Semeru. Danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan latar belakang gunung Semeru yang megah. Di sini kita bisa menikmati keindahan alam danau yang hijau dengan pemandangan gunung berapi yang menakjubkan.

26. Bukit Plandaan

Bukit Plandaan merupakan bukit yang terletak di Desa Ngadiluwih, Lumajang. Bukit ini terkenal dengan pemandangan sunset-nya yang sangat indah. Di sini kita bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang masih alami dengan latar belakang matahari terbenam yang cantik.

27. Pantai Jembatan Merah

Pantai Jembatan Merah merupakan pantai yang terletak di Desa Tanggul, Lumajang. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan air laut yang

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *