Wisata Kuliner Pontianak: Menikmati Kelezatan Makanan Khas Kalimantan

Posted on

Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, merupakan kota yang kaya akan kebudayaan dan kuliner. Terletak di tepi Sungai Kapuas, Pontianak menjadi pusat perdagangan dan bisnis di Kalimantan Barat. Tidak hanya itu, Pontianak juga terkenal dengan makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera.

Makanan Khas Pontianak

Makanan khas Pontianak memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan makanan khas daerah lainnya di Indonesia. Salah satu makanan khas yang terkenal adalah Mie Kepiting. Mie Kepiting Pontianak terbuat dari mie kuning dan daging kepiting yang diolah dengan bumbu rahasia. Rasanya sangat lezat dan cocok untuk disantap di siang hari. Selain itu, ada juga Soto Betawi yang terbuat dari daging sapi dan jeroan yang dimasak dengan rempah-rempah khas Betawi.

Jangan lupa mencicipi Nasi Gurih Kepiting, nasi yang disajikan dengan daging kepiting dan kuah yang gurih. Makanan khas lainnya adalah Ayam Goreng Kalasan, Ayam Penyet, Sate Kelapa, dan masih banyak lagi.

Wisata Lainnya:  Wisata Terbaru di Sumbar: 30 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Kuliner di Pontianak

Ada banyak tempat wisata kuliner di Pontianak yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pasar Flamboyan yang terletak di Jalan Flamboyan. Di pasar ini, Anda bisa menemukan berbagai macam makanan khas Pontianak seperti Mie Kepiting, Soto Betawi, dan Nasi Gurih Kepiting. Selain itu, Anda juga bisa mencicipi kue-kue tradisional seperti Kue Kemplang dan Kue Apem.

Selain Pasar Flamboyan, ada juga Pasar Tengah yang terletak di Jalan Tanjung Pura. Di pasar ini, Anda bisa menemukan berbagai macam makanan khas Kalimantan Barat seperti Sate Kelapa, Sate Padang, dan Sate Maranggi.

Jika Anda ingin mencari kuliner di tempat yang lebih modern, Anda bisa mengunjungi Mall Pontianak City Center. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam restoran yang menyajikan makanan khas Pontianak dan makanan internasional.

Tips Mencari Kuliner di Pontianak

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencari kuliner di Pontianak. Pertama, carilah referensi dari teman atau keluarga yang sudah pernah berkunjung ke Pontianak. Kedua, gunakan aplikasi pencarian kuliner seperti Zomato atau TripAdvisor untuk mencari tempat makan yang terbaik di Pontianak. Ketiga, jangan ragu untuk mencoba makanan di warung atau pedagang kaki lima yang terlihat ramai dikunjungi oleh orang.

Wisata Lainnya:  Wisata Artinya: Menjelajahi Keindahan Alam Indonesia

Kelezatan makanan khas Pontianak tidak bisa Anda lewatkan jika berkunjung ke kota ini. Jangan lupa mencoba berbagai macam makanan khas Pontianak dan nikmati kelezatannya.

Kesimpulan

Pontianak adalah kota yang kaya akan kebudayaan dan kuliner. Makanan khas Pontianak seperti Mie Kepiting, Soto Betawi, dan Nasi Gurih Kepiting memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Ada banyak tempat wisata kuliner di Pontianak yang bisa Anda kunjungi seperti Pasar Flamboyan dan Pasar Tengah. Jangan lupa untuk mencari referensi dari teman atau keluarga dan menggunakan aplikasi pencarian kuliner untuk menemukan tempat makan yang terbaik di Pontianak.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *