Wisata Kuliner Khas Jember

Posted on

Jember memang terkenal sebagai kota kopi dan tembakau, namun jangan salah, kota ini juga memiliki beragam kuliner yang lezat dan unik. Bagi kamu yang ingin berwisata kuliner khas Jember, berikut adalah beberapa tempat yang wajib kamu coba:

1. Sate Kak Lono

Sate Kak Lono adalah salah satu kuliner khas Jember yang paling terkenal. Sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing ini memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Sate Kak Lono memiliki beberapa cabang yang tersebar di kota Jember dan sekitarnya.

2. Nasi Pecel

Nasi pecel adalah makanan khas Jawa Timur yang juga populer di Jember. Nasi pecel terdiri dari nasi yang disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas, kemudian dilengkapi dengan aneka sayuran seperti kacang panjang, tauge, dan daun singkong. Untuk menambah kenikmatan, kamu bisa menambahkan sambal atau kerupuk sebagai pelengkap.

3. Rujak Soto

Rujak soto adalah makanan khas Jember yang unik dan menggugah selera. Terdiri dari irisan mangga, timun, dan ketimun yang diaduk dengan bumbu rujak pedas, kemudian disiram dengan kuah soto yang gurih. Rasanya yang asam, manis, dan pedas membuat rujak soto menjadi hidangan yang sulit untuk dilupakan.

4. Es Cendol Jangkar

Es cendol Jangkar adalah minuman khas Jember yang menyegarkan. Terdiri dari cendol yang lembut dan kenyal, sirup gula merah, santan, dan es batu. Es cendol Jangkar ini biasanya dihidangkan dalam mangkuk atau gelas besar, sehingga bisa dinikmati bersama-sama dengan teman atau keluarga.

5. Tahu Tek

Tahu tek adalah makanan khas Jember yang terbuat dari tahu goreng yang dilengkapi dengan irisan ketimun, taoge, telur, dan kentang goreng. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. Tahu tek ini sangat cocok dinikmati sebagai jajanan atau makanan ringan saat perjalanan.

Wisata Lainnya:  Wisata Kampung Rawa: Wisata Asyik di Tengah Lingkungan Alami

6. Waroeng SS

Waroeng SS adalah sebuah restoran yang terkenal di Jember. Restoran ini menyajikan beragam kuliner khas Jember, seperti sate kak lono, nasi pecel, dan tahu tek. Selain itu, Waroeng SS juga memiliki suasana yang nyaman dan harga yang terjangkau.

7. Sate Pak Roni

Sate Pak Roni adalah salah satu tempat makan yang populer di Jember. Sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing ini memiliki rasa yang enak dan bumbu yang khas. Selain sate, kamu juga bisa mencoba menu lain seperti nasi goreng, mie goreng, dan bakmi goreng.

8. Bakso Kepala Sapi

Bakso kepalan sapi adalah makanan khas Jember yang terkenal. Bakso ini terbuat dari daging sapi yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka. Bakso kepalan sapi biasanya disajikan dengan mie atau nasi, dan dilengkapi dengan kuah yang gurih dan pedas.

9. Es Dawet Hitam

Es dawet hitam adalah minuman khas Jember yang menyegarkan. Terdiri dari dawet hitam yang kenyal dan manis, sirup gula merah, santan, dan es batu. Es dawet hitam ini sangat cocok dinikmati sebagai penutup setelah makan siang atau malam.

10. Mie Yamin

Mie yamin adalah makanan khas Jember yang terbuat dari mie kuning yang disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. Kemudian dilengkapi dengan irisan ayam, tauge, dan daun bawang. Mie yamin ini sangat cocok dinikmati sebagai makanan berat saat makan siang atau malam.

11. Pecel Madiun

Pecel Madiun adalah makanan khas Jawa Timur yang juga populer di Jember. Pecel Madiun terdiri dari nasi yang disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas, kemudian dilengkapi dengan aneka sayuran seperti kacang panjang, tauge, dan daun singkong. Untuk menambah kenikmatan, kamu bisa menambahkan sambal atau kerupuk sebagai pelengkap.

12. Sego Cawuk

Sego cawuk adalah makanan khas Jember yang terbuat dari nasi yang disiram dengan kuah ayam yang gurih dan pedas. Kemudian dilengkapi dengan irisan ayam, tauge, dan daun bawang. Sego cawuk ini sangat cocok dinikmati sebagai makanan berat saat makan siang atau malam.

13. Pindang Serani

Pindang serani adalah makanan khas Jember yang terbuat dari ikan yang dimasak dengan bumbu yang gurih dan pedas. Pindang serani biasanya disajikan dengan nasi dan sambal, sehingga rasanya semakin nikmat.

Wisata Lainnya:  Wisata Kediri yang Sudah Buka dan Siap Menyambut Wisatawan

14. Lontong Balap

Lontong balap adalah makanan khas Surabaya yang juga populer di Jember. Terdiri dari lontong yang disiram dengan kuah kacang yang gurih dan pedas, kemudian dilengkapi dengan irisan tauge, taoge, dan rempah-rempah. Lontong balap ini sangat cocok dinikmati sebagai makanan berat saat makan siang atau malam.

15. Soto Kudus

Soto kudus adalah makanan khas Kudus yang juga populer di Jember. Terdiri dari mie atau nasi yang disiram dengan kuah ayam yang gurih dan pedas, kemudian dilengkapi dengan irisan ayam, tauge, dan daun bawang. Soto kudus ini sangat cocok dinikmati sebagai makanan berat saat makan siang atau malam.

16. Rawon Setan

Rawon setan adalah makanan khas Surabaya yang juga populer di Jember. Terdiri dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang gurih dan pedas, kemudian disajikan dengan nasi, tauge, dan telur rebus. Rawon setan ini sangat cocok dinikmati sebagai makanan berat saat makan siang atau malam.

17. Onde-onde

Onde-onde adalah makanan khas Jember yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan kacang hijau yang manis. Kemudian digoreng hingga kering dan dilapisi dengan wijen. Onde-onde ini sangat cocok dinikmati sebagai makanan ringan saat perjalanan.

18. Lontong Sayur

Lontong sayur adalah makanan khas Jember yang terdiri dari lontong yang disiram dengan kuah sayur yang gurih dan pedas, kemudian dilengkapi dengan aneka sayuran seperti kacang panjang, tauge, dan daun singkong. Untuk menambah kenikmatan, kamu bisa menambahkan sambal atau kerupuk sebagai pelengkap.

19. Sate Ayam

Sate ayam adalah makanan yang populer di seluruh Indonesia, termasuk di Jember. Sate ayam yang terbuat dari daging ayam yang lembut dan gurih ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang pedas dan ketupat.

20. Bakso Malang

Bakso Malang adalah makanan khas Malang yang juga populer di Jember. Bakso ini terbuat dari daging sapi yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka. Bakso Malang biasanya disajikan dengan mie atau nasi, dan dilengkapi dengan kuah yang gurih dan pedas.

21. Gado-Gado

Gado-gado adalah makanan khas Indonesia yang juga populer di Jember. Terdiri dari aneka sayuran seperti kacang panjang, tauge, dan daun singkong yang disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. Untuk menambah kenikmatan, kamu bisa menambahkan sambal atau kerupuk sebagai pelengkap.

Wisata Lainnya:  Menikmati Liburan di Wisata Di Ciseeng

22. Sate Kelinci

Sate kelinci adalah makanan khas Jember yang cukup unik. Sate ini terbuat dari daging kelinci yang diolah dengan bumbu khas Jember, kemudian dipanggang hingga matang. Sate kelinci biasanya disajikan dengan nasi atau lontong, dan dilengkapi dengan bumbu kacang yang gurih.

23. Nasi Rawon

Nasi rawon adalah makanan khas Surabaya yang juga populer di Jember. Terdiri dari nasi yang disiram dengan kuah rawon yang gurih dan pedas, kemudian dilengkapi dengan irisan telur, tauge, dan daun bawang. Nasi rawon ini sangat cocok dinikmati sebagai makanan berat saat makan siang atau malam.

24. Sate Buntel

Sate buntel adalah makanan khas Jawa Tengah yang juga populer di Jember. Sate ini terbuat dari daging sapi atau kambing yang diisi dengan bumbu daging dan rempah-rempah, kemudian dipanggang hingga matang. Sate buntel biasanya disajikan dengan nasi atau lontong, dan dilengkapi dengan bumbu kacang yang gurih.

25. Es Campur

Es campur adalah minuman khas Indonesia yang juga populer di Jember. Terdiri dari aneka buah seperti nangka, alpukat, kelapa muda, dan cincau yang dicampur dengan sirup gula merah, santan, dan es batu. Es campur ini sangat cocok dinikmati sebagai penutup setelah makan siang atau malam.

26. Sate Maranggi

Sate maranggi adalah makanan khas Cianjur yang juga populer di Jember. Sate ini terbuat dari daging sapi yang diolah dengan bumbu khas Cianjur, kemudian dipanggang hingga matang. Sate maranggi biasanya disajikan dengan nasi atau lontong, dan dilengkapi dengan bumbu kacang yang gurih.

27. Ketan Susu

Ketan susu adalah makanan khas Jember yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan campuran susu dan gula. Kemudian dilapisi dengan keju atau wijen. Ketan susu ini sangat cocok dinikmati sebagai makanan ringan saat perjalanan.

28. Sate Taichan

Sate taichan adalah makanan khas Indonesia yang juga populer di Jember. Sate ini terbuat dari daging ayam yang dipanggang tanpa bumbu, kemudian disajikan dengan bumbu cabai dan jeruk nipis. Sate taichan biasanya disajikan dengan nasi atau lontong.

29. Pempek Palembang

Pempek Palembang adalah makanan khas Palembang yang juga populer di Jember. Terdiri dari ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *