Wisata Kragilan: Menikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

Posted on

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang menakjubkan dan tak kalah dengan negara lainnya. Salah satu tempat yang patut Anda kunjungi adalah wisata Kragilan. Wisata Kragilan terletak di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan pengalaman wisata yang tidak terlupakan.

Sejarah Wisata Kragilan

Wisata Kragilan sebenarnya adalah sebuah kawasan hutan yang dulunya digunakan sebagai tempat pelepasan burung hantu. Namun, pada tahun 2017, tempat ini diresmikan sebagai destinasi wisata oleh pemerintah setempat. Sekarang, wisata Kragilan menjadi salah satu objek wisata yang cukup populer di Jawa Tengah.

Keindahan Alam Wisata Kragilan

Salah satu daya tarik utama dari wisata Kragilan adalah keindahan alamnya. Tempat ini berada di lereng Gunung Gunting, sehingga pemandangan di sekitar wisata Kragilan sangat indah. Anda akan disuguhi dengan pemandangan hutan yang hijau, air terjun yang indah, dan juga udara yang segar.

Di wisata Kragilan, Anda dapat menikmati pesona alam yang masih asri dan belum tercemar. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar wisata Kragilan sambil menikmati keindahan alam sekitar. Anda juga dapat melakukan kegiatan hiking untuk menikmati hutan yang hijau dan segar.

Wisata Lainnya:  Wisata Membuat Gerabah: Menikmati Seni Tradisional di Indonesia

Wisata Air Terjun di Kragilan

Salah satu wisata air terjun yang ada di Kragilan adalah Air Terjun Gantung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan airnya sangat jernih. Anda dapat berenang di kolam air terjun yang sejuk dan menikmati keindahan alam sekitar.

Selain itu, ada juga Air Terjun Cemara Sewu yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan sejuk, sehingga sangat cocok untuk berenang atau sekadar merendam kaki.

Keunikan Kampung Adat Kragilan

Wisata Kragilan juga memiliki kampung adat yang unik. Kampung adat ini bernama Kampung Adat Kragilan dan merupakan salah satu kampung adat tertua di Jawa Tengah. Di kampung adat ini, Anda dapat melihat kehidupan masyarakat Kragilan yang masih mempertahankan adat dan budaya mereka.

Anda dapat melihat rumah-rumah tradisional yang dibangun dengan gaya arsitektur Jawa kuno. Selain itu, Anda juga dapat melihat berbagai perabotan rumah tangga tradisional dan alat musik tradisional. Hal ini akan memberikan pengalaman wisata yang berbeda dan tidak terlupakan.

Wisata Kuliner di Kragilan

Wisata Kragilan juga memiliki kuliner yang lezat dan unik. Salah satu makanan yang wajib Anda coba adalah jenang kudus yang terkenal di daerah Kragilan. Jenang kudus ini terbuat dari ketan dan gula merah, sehingga rasanya sangat lezat dan manis.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba aneka makanan khas Rembang lainnya seperti nasi liwet, tahu campur, dan juga sate kerang. Semua makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan tentunya sangat lezat.

Wisata Lainnya:  Wisata Gombong: Menikmati Indahnya Pesona Kebudayaan Jawa Tengah

Transportasi ke Wisata Kragilan

Untuk menuju ke wisata Kragilan, Anda dapat menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api. Dari Stasiun Rembang, Anda dapat naik angkutan umum menuju wisata Kragilan. Namun, jika Anda ingin lebih mudah dan nyaman, Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi atau rental.

Harga Tiket Masuk Wisata Kragilan

Harga tiket masuk wisata Kragilan cukup terjangkau. Untuk wisatawan domestik, tiket masuknya sekitar Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan asing, tiket masuknya sekitar Rp 10.000 per orang. Harga tiket ini sudah termasuk biaya parkir dan juga biaya masuk ke kampung adat Kragilan.

Jam Buka Wisata Kragilan

Wisata Kragilan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Namun, jika Anda ingin menikmati keindahan alam di wisata Kragilan dengan lebih tenang, sebaiknya datang pada hari kerja dan di luar musim liburan sekolah.

Fasilitas di Wisata Kragilan

Wisata Kragilan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan memudahkan perjalanan wisata Anda. Di wisata Kragilan terdapat toilet, tempat parkir, warung makan, dan juga tempat beristirahat. Selain itu, wisata Kragilan juga dilengkapi dengan area camping yang dapat digunakan oleh para pengunjung yang ingin menginap di sana.

Penginapan Terdekat dengan Wisata Kragilan

Jika Anda ingin menginap di dekat wisata Kragilan, ada beberapa penginapan yang dapat Anda pilih. Di antaranya adalah:

  • Villa Gunung Cemara
  • Villa Gunung Sari
  • Puri Indah Hotel
  • Hotel Rembang Indah
Wisata Lainnya:  30 Tempat Wisata di China yang Wajib Dikunjungi

Anda dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Akses ke Wisata Kragilan dari Kota-kota Terdekat

Untuk memudahkan perjalanan wisata Anda, berikut adalah akses ke wisata Kragilan dari kota-kota terdekat:

  • Dari Surabaya: Naik kereta api Surabaya-Rembang (sekitar 3 jam perjalanan) atau naik bus Surabaya-Rembang (sekitar 5 jam perjalanan).
  • Dari Semarang: Naik kereta api Semarang-Rembang (sekitar 2 jam perjalanan) atau naik bus Semarang-Rembang (sekitar 3 jam perjalanan).
  • Dari Yogyakarta: Naik kereta api Yogyakarta-Rembang (sekitar 4 jam perjalanan) atau naik bus Yogyakarta-Rembang (sekitar 6 jam perjalanan).

Kesimpulan

Wisata Kragilan adalah tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan pengalaman wisata yang tidak terlupakan. Di wisata Kragilan, Anda dapat menikmati pesona alam yang masih asri dan belum tercemar, mengunjungi kampung adat yang unik, serta mencoba kuliner khas Rembang yang lezat.

Jika Anda ingin berkunjung ke wisata Kragilan, pastikan untuk datang pada hari kerja dan di luar musim liburan sekolah untuk menikmati keindahan alam yang lebih tenang. Jangan lupa juga untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah Anda di wisata Kragilan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *