Wisata Gunung Klotok Kediri: Keindahan Alam yang Menakjubkan

Posted on

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Gunung Klotok yang terletak di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Gunung Klotok dikenal dengan keindahan alamnya yang masih alami dan memiliki panorama yang memukau. Berikut adalah ulasan tentang wisata Gunung Klotok Kediri yang dapat menjadi referensi liburan Anda.

Keindahan Gunung Klotok

Gunung Klotok memiliki ketinggian sekitar 1.600 mdpl dan terletak di kawasan perbukitan yang masih hijau dan asri. Pemandangan dari atas Gunung Klotok sangat menakjubkan dengan hamparan sawah dan hutan yang hijau. Selain itu, saat Anda berada di puncak Gunung Klotok, Anda juga dapat melihat keindahan matahari terbit dan terbenam yang sangat memukau.

Tak hanya itu, Gunung Klotok juga memiliki air terjun yang sangat indah dan airnya yang jernih. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Kali Kuning. Anda dapat menikmati keindahan air terjun dan berenang di bawah guyuran air yang menyegarkan.

Wisata Lainnya:  Wisata Purwosari - Menikmati Keindahan Alam dan Budaya di Tengah Kota

Rute Pendakian

Untuk menuju ke Gunung Klotok, Anda dapat menggunakan kendaraan umum dari Terminal Kediri menuju Desa Ngadirejo. Dari Desa Ngadirejo, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju pos 1 di Desa Sidomulyo. Dari pos 1, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju pos 2 yang berada di Desa Ploso. Dari pos 2, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Klotok.

Perjalanan menuju puncak Gunung Klotok membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam tergantung pada kecepatan Anda dalam berjalan. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang menakjubkan di puncak Gunung Klotok.

Persiapan Pendakian

Sebelum melakukan pendakian ke Gunung Klotok, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Pertama, pastikan Anda telah melakukan pendaftaran di pos 1 sebelum melakukan pendakian. Kedua, bawa perlengkapan pendakian seperti tenda, sleeping bag, matras, jaket, dan sepatu gunung yang nyaman. Ketiga, bawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan.

Selain itu, pastikan Anda dalam kondisi sehat dan bugar sebelum melakukan pendakian. Jangan membawa barang yang terlalu berat dan pastikan Anda membawa barang-barang yang memang dibutuhkan selama perjalanan.

Wisata Lainnya:  Wisata Sungai Elo - Menikmati Keindahan Wisata Alam di Yogyakarta

Keunikan Gunung Klotok

Gunung Klotok memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan gunung-gunung lainnya. Salah satunya adalah adanya batu besar yang berbentuk seperti klotok atau panci. Batu tersebut menjadi ikon dari Gunung Klotok dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Selain itu, Gunung Klotok juga memiliki legenda yang menjadi cerita rakyat setempat. Konon, dulunya ada seekor harimau yang sering meresahkan warga sekitar Gunung Klotok. Namun, harimau tersebut berhasil dikalahkan oleh seorang pemberani yang kemudian menjadi legenda di daerah tersebut.

Tempat Menginap

Jika Anda ingin menginap di sekitar Gunung Klotok, ada beberapa tempat yang dapat Anda pilih. Salah satunya adalah camping ground yang berada di pos 1. Di camping ground tersebut, Anda dapat memasang tenda dan menikmati keindahan alam sekitar Gunung Klotok.

Selain itu, ada juga penginapan yang dapat Anda sewa di Desa Ngadirejo. Penginapan tersebut biasanya berupa homestay yang dapat memberikan pengalaman menginap di rumah penduduk setempat.

Keindahan Sunrise dan Sunset

Salah satu keindahan yang tidak boleh Anda lewatkan saat ke Gunung Klotok adalah sunrise dan sunset. Saat matahari terbit, Anda dapat melihat keindahan matahari yang muncul dari balik gunung dengan warna-warna yang sangat memukau. Sedangkan saat matahari terbenam, Anda dapat menikmati keindahan langit yang berubah warna menjadi kemerahan dan orange.

Wisata Lainnya:  Wisata Bahari Terkenal di Indonesia

Kesimpulan

Gunung Klotok Kediri adalah destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Keindahan alamnya yang masih alami dengan air terjun yang indah dan panorama yang memukau membuat Gunung Klotok menjadi tempat yang harus Anda kunjungi. Selain itu, pendakian ke Gunung Klotok juga dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda yang gemar melakukan aktivitas outdoor. Jangan lupa untuk melakukan persiapan yang cukup sebelum melakukan pendakian dan menikmati keindahan sunrise dan sunset di puncak Gunung Klotok.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *