Wisata di Kepahiang: Menikmati Keindahan Alam Sumatera Selatan

Posted on

Kepahiang adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Meskipun belum terkenal seperti kota-kota besar di Sumatera Selatan, Kepahiang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa wisata di Kepahiang yang wajib Anda kunjungi.

1. Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah adalah sebuah danau yang terletak di Desa Kedaton, Kepahiang. Danau ini memiliki luas sekitar 1.300 hektar dan dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau. Danau Dendam Tak Sudah juga terkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan dan panorama yang indah.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di Danau Dendam Tak Sudah, seperti memancing, bersepeda, atau sekedar berjalan-jalan menikmati keindahan alam sekitar. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama di Danau Dendam Tak Sudah.

2. Air Terjun Curup Tenang

Curup Tenang adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Air Dingin, Kepahiang. Air Terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun. Curup Tenang juga terkenal karena airnya yang jernih dan segar.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di sekitar air terjun Curup Tenang, seperti berenang, berjemur di bawah sinar matahari, atau sekedar menikmati keindahan alam sekitar. Jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman, karena di sekitar air terjun tidak terdapat warung atau tempat makan.

3. Bukit Bulan

Bukit Bulan adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Air Putih, Kepahiang. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut, dan dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau. Dari puncak Bukit Bulan, Anda bisa menikmati panorama yang indah dari kota Kepahiang dan sekitarnya.

Wisata Lainnya:  Menjelajahi Keindahan Tempat Wisata Bali Selatan

Anda bisa melakukan pendakian ke puncak Bukit Bulan dengan melalui jalur pendakian yang disediakan. Namun, jangan lupa untuk membawa peralatan pendakian yang memadai dan mengikuti petunjuk dari pemandu pendakian yang tersedia.

4. Pantai Padang Melang

Pantai Padang Melang adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Padang Melang, Kepahiang. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sekitar Pantai Padang Melang terdapat banyak pohon kelapa yang memberikan suasana yang sejuk dan asri.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di sekitar Pantai Padang Melang, seperti berenang, berjemur di bawah sinar matahari, atau sekedar berjalan-jalan menikmati keindahan pantai. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama di Pantai Padang Melang.

5. Air Terjun Temam

Air Terjun Temam adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Temam, Kepahiang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau. Di sekitar air terjun terdapat beberapa kolam alami yang bisa Anda gunakan untuk berenang atau berendam.

Anda bisa melakukan pendakian ke Air Terjun Temam dengan melalui jalur pendakian yang disediakan. Namun, jangan lupa untuk membawa peralatan pendakian yang memadai dan mengikuti petunjuk dari pemandu pendakian yang tersedia.

6. Taman Wisata Alam Bukit Kaba

Taman Wisata Alam Bukit Kaba adalah sebuah taman wisata yang terletak di Desa Air Tenang, Kepahiang. Taman ini memiliki luas sekitar 10 hektar dan dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau. Di dalam taman terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang unik dan langka.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di Taman Wisata Alam Bukit Kaba, seperti berjalan-jalan menikmati keindahan alam sekitar, atau sekedar bersantai di area taman yang disediakan. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama di Taman Wisata Alam Bukit Kaba.

7. Pemandian Air Panas Marga Asih

Pemandian Air Panas Marga Asih adalah sebuah pemandian air panas yang terletak di Desa Marga Asih, Kepahiang. Pemandian ini memiliki suhu air yang cukup panas, sekitar 40-50 derajat Celsius. Air panas di pemandian ini berasal dari mata air pegunungan yang kaya akan mineral.

Anda bisa menikmati berendam di air panas Marga Asih, yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, di sekitar pemandian terdapat berbagai fasilitas seperti kolam renang, kamar mandi, dan restoran.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Kubu Gadang: Wisata Alam Terbaik di Sumatera Barat

8. Perkebunan Teh Pagar Alam

Perkebunan Teh Pagar Alam adalah sebuah perkebunan teh yang terletak di Kecamatan Ujan Mas, Kepahiang. Perkebunan ini memiliki luas sekitar 1.500 hektar dan dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau. Di perkebunan ini terdapat berbagai kebun teh yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di Perkebunan Teh Pagar Alam, seperti berjalan-jalan menikmati keindahan alam sekitar, atau sekedar belajar mengenai proses pembuatan teh dari petani teh yang berada di perkebunan. Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh teh khas Kepahiang untuk dibawa pulang.

9. Wisata Religi Makam Syekh Abdul Qodir Jaelani

Makam Syekh Abdul Qodir Jaelani adalah sebuah tempat ziarah yang terletak di Desa Giri Jaya, Kepahiang. Syekh Abdul Qodir Jaelani adalah seorang ulama besar dari Mesir yang dikenal sebagai pendiri tarekat Qodiriyah. Makamnya di Kepahiang menjadi tempat ziarah bagi umat Muslim di Sumatera Selatan.

Anda bisa mengunjungi makam Syekh Abdul Qodir Jaelani untuk berdoa atau sekedar menikmati keindahan bangunan makam yang indah. Namun, jangan lupa untuk menghormati adat dan tradisi yang berlaku di sekitar makam.

10. Wisata Sejarah Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya adalah sebuah situs sejarah yang terletak di Desa Karang Dapo, Kepahiang. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 oleh Kerajaan Sriwijaya. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dan dianggap sebagai salah satu peninggalan sejarah penting di Sumatera Selatan.

Anda bisa mengunjungi Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya untuk belajar mengenai sejarah dan budaya Kerajaan Sriwijaya. Namun, jangan lupa untuk menghormati situs sejarah yang berharga ini dan tidak merusak atau mengambil apapun dari situs.

11. Wisata Kuliner Khas Kepahiang

Kepahiang juga terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan unik. Beberapa makanan khas Kepahiang yang wajib Anda coba antara lain:

  • Sate Tulang Kepahiang: sate daging sapi yang dipanggang bersama tulang sapi dan disajikan dengan sambal khas Kepahiang.
  • Gulai Itik: gulai daging itik yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang khas.
  • Pempek Kepahiang: pempek yang terbuat dari ikan tenggiri yang diolah dengan bumbu yang khas.
  • Nasi Jagung Kepahiang: nasi yang terbuat dari jagung dan disajikan dengan lauk pauk yang lezat.
Wisata Lainnya:  Punclut Wisata: Menikmati Keindahan Alam Bandung dengan Santai

Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Kepahiang yang lezat dan unik ini selama Anda berada di sana.

12. Wisata Belanja Oleh-Oleh Khas Kepahiang

Di Kepahiang, Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas yang unik dan menarik. Beberapa oleh-oleh khas Kepahiang yang bisa Anda beli antara lain:

  • Teh Pagar Alam: teh hijau atau teh hitam yang dihasilkan dari perkebunan teh di Kepahiang.
  • Kerajinan Tangan: berbagai kerajinan tangan seperti anyaman bambu atau kayu yang dihasilkan oleh warga Kepahiang.
  • Snack Khas Kepahiang: berbagai snack khas Kepahiang seperti kerupuk, kemplang, atau amplang.

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Kepahiang sebagai kenang-kenangan selama Anda berada di sana.

13. Tips Liburan di Kepahiang

Berikut adalah beberapa tips liburan di Kepahiang yang bisa Anda gunakan:

  • Bawa pakaian dan peralatan yang sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama di Kepahiang.
  • Hormati adat dan tradisi yang berlaku di sekitar tempat wisata yang Anda kunjungi.
  • Pastikan untuk mengikuti petunjuk dan aturan yang berlaku di setiap tempat wisata yang Anda kunjungi.
  • Bawa oleh-oleh khas Kepahiang sebagai kenang-kenangan selama Anda berada di sana.

Kesimpulan

Kepahiang adalah sebuah kabupaten yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata di Kepahiang yang wajib Anda kunjungi antara lain Danau Dendam Tak Sudah, Air Terjun Curup Tenang, Bukit Bulan, Pantai Padang Melang, Air Terjun Temam, Taman Wisata Alam Bukit Kaba, Pemandian Air Panas Marga Asih, Makam Syekh Abdul Qodir Jaelani, dan Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Selain itu, Anda juga bisa mencicipi kuliner khas Kepahiang dan membeli oleh-oleh khas yang unik dan menarik. Jangan lupa untuk mengikuti tips liburan di Kepahiang agar liburan Anda menjadi lebih menyenangkan dan berkesan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *