Wisata di Kalsel: Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Kalsel

Posted on

Kalsel atau Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Banyak tempat wisata di Kalsel yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Selain itu, Kalsel juga kaya akan budaya yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke sini.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu destinasi wisata di Kalsel yang terkenal dengan keindahan pantainya yang eksotis. Pantai ini berada di Kabupaten Tanah Laut, sekitar 200 km dari Kota Banjarmasin. Pantai Tanjung Tinggi memiliki pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan batu-batu besar yang terhampar di sepanjang pantai.

2. Danau Biru

Salah satu wisata alam di Kalsel yang wajib dikunjungi adalah Danau Biru. Danau ini terletak di Desa Kampung Baru, Kecamatan Benua Lima, Kabupaten Banjar. Danau Biru memiliki air yang jernih dan berwarna biru kehijauan yang menakjubkan. Di sekitar danau, terdapat bukit yang menjulang tinggi dan hutan yang asri.

3. Pantai Batakan

Pantai Batakan terletak di Kabupaten Tanah Laut, sekitar 45 km dari Kota Banjarmasin. Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang bersih. Di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas wisata seperti penginapan dan restoran.

4. Pulau Bakut

Pulau Bakut adalah salah satu destinasi wisata di Kalsel yang menawarkan keindahan laut yang luar biasa. Pulau ini terletak di Selat Makassar, sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Banjarmasin. Di pulau ini, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai, menikmati kegiatan snorkeling dan diving, serta menikmati kuliner seafood yang lezat.

5. Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat adalah salah satu museum terbesar di Kalimantan Selatan yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda sejarah dan budaya Kalsel. Museum ini terletak di Jalan Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin. Di museum ini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis benda-benda seperti senjata tradisional, pakaian adat, dan barang-barang antik lainnya.

Wisata Lainnya:  Taman Wisata Iman Sitinjo: Liburan Seru di Dataran Tinggi Sumatera

6. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah adalah salah satu masjid bersejarah di Kalsel yang terletak di Kota Banjarmasin. Masjid ini dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Suriansyah, pendiri Kerajaan Banjar. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dengan atap berbentuk payung dan ukiran-ukiran yang indah.

7. Riam Kanan Dam

Riam Kanan Dam adalah salah satu objek wisata di Kalsel yang terletak di Kabupaten Tapin. Bendungan ini dibangun untuk mengatur aliran Sungai Barito dan menghasilkan listrik. Di sekitar Riam Kanan Dam, terdapat air terjun yang indah dan pemandangan alam yang menakjubkan.

8. Pantai Kijing

Pantai Kijing adalah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, namun dapat dijangkau dari Kalsel. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang begitu eksotis dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas wisata seperti penginapan dan restoran.

9. Pulau Kaget

Pulau Kaget adalah salah satu pulau cantik di Kalsel yang terletak di Selat Makassar. Pulau ini menawarkan keindahan pantai yang memukau dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sini, pengunjung dapat menikmati kegiatan snorkeling dan diving serta menikmati berbagai kuliner seafood yang lezat.

10. Taman Hutan Raya Sultan Adam

Taman Hutan Raya Sultan Adam adalah salah satu taman hutan raya terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Tanah Bumbu. Taman ini memiliki luas sekitar 70.000 hektar dan merupakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna yang dilindungi. Di taman ini, pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seperti hiking, camping, dan birdwatching.

11. Taman Budaya Kalimantan Selatan

Taman Budaya Kalimantan Selatan adalah tempat wisata di Kalsel yang menawarkan kekayaan budaya daerah. Taman ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Kota Banjarmasin, dan memiliki berbagai bangunan tradisional seperti rumah panggung, jembatan gantung, dan benteng pertahanan. Di sini, pengunjung dapat melihat berbagai pertunjukan seni dan budaya Kalsel.

12. Pulau Bakau

Pulau Bakau adalah salah satu pulau kecil yang terletak di Kalsel dan dikelilingi oleh hutan bakau. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, memancing, dan menikmati kuliner seafood yang lezat.

Wisata Lainnya:  10 Tempat Wisata di Mataram yang Wajib Dikunjungi

13. Pulau Tatas

Pulau Tatas adalah salah satu pulau yang terletak di selatan Kalimantan. Pulau ini menawarkan keindahan pantai yang eksotis dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan diving. Pulau Tatas juga terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami.

14. Pulau Laut

Pulau Laut adalah salah satu pulau yang terletak di Kalsel dengan keindahan pantai yang memukau. Di pulau ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, memancing, dan menikmati kuliner seafood yang lezat.

15. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan adalah pasar tradisional yang terletak di Sungai Martapura, Kota Banjarmasin. Pasar ini terkenal dengan keunikan arsitektur bangunan-bangunannya yang berbentuk rumah panggung dan terapung di atas air. Di pasar ini, pengunjung dapat membeli berbagai jenis hasil pertanian dan perikanan seperti sayur, buah, dan ikan.

16. Taman Siring

Taman Siring adalah salah satu taman yang terletak di pusat Kota Banjarmasin. Taman ini terkenal dengan keindahan air mancur yang dipadukan dengan lampu warna-warni yang indah. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana santai dan menikmati jajanan khas Banjarmasin.

17. Wisata Sungai Barito

Sungai Barito adalah sungai terbesar di Kalimantan Selatan yang mengalir dari hulu hingga ke muaranya di Selat Makassar. Wisata Sungai Barito menawarkan pengalaman berwisata yang unik dengan menikmati keindahan sungai, melihat aktivitas nelayan, dan menikmati kuliner khas sungai seperti ikan bakar dan sate bandeng.

18. Pulau Pulau Kelayan

Pulau Pulau Kelayan adalah salah satu pulau kecil yang terletak di Kalsel dengan pemandangan laut yang memukau. Di sini, pengunjung dapat menikmati pantai yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sini juga terdapat berbagai aktivitas seperti snorkeling dan diving.

19. Pura Jagatnatha Banjarbaru

Pura Jagatnatha Banjarbaru adalah salah satu pura yang terletak di Kota Banjarbaru. Pura ini dibangun pada tahun 2001 dan menjadi pusat kegiatan keagamaan umat Hindu di Banjarbaru. Pura ini memiliki arsitektur yang indah dengan ornamen-ornamen Bali yang khas.

20. Pantai Gedambaan

Pantai Gedambaan adalah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Tanah Laut. Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas wisata seperti penginapan dan restoran.

Wisata Lainnya:  Wisata di Aceh Besar: Menikmati Pesona Alam dan Sejarah

21. Desa Wisata Siring Barat

Desa Wisata Siring Barat adalah salah satu desa wisata yang terletak di Kabupaten Banjar. Desa ini menawarkan keindahan alam yang masih asri serta keunikan budaya dan adat istiadat Kalsel. Di sini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis kerajinan tangan dan menikmati kuliner khas daerah.

22. Danau Riam Kanan

Danau Riam Kanan adalah salah satu danau yang terletak di Kalsel yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Di danau ini, pengunjung dapat menikmati keindahan danau yang tenang dengan pemandangan hutan dan pegunungan yang memukau. Di sekitar danau, terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang masih alami.

23. Jembatan Gantung Pulau Kembang

Jembatan Gantung Pulau Kembang adalah jembatan gantung yang terletak di Pulau Kembang, Kalsel. Jembatan ini menawarkan pengalaman berjalan di atas ketinggian dengan pemandangan laut yang indah. Di pulau ini, pengunjung juga dapat menikmati berbagai jenis kuliner khas daerah.

24. Pantai Loksado

Pantai Loksado adalah salah satu pantai yang terletak di Kalsel dan menawarkan keindahan alam yang masih asri. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sini, juga terdapat berbagai jenis aktivitas seperti memancing dan berenang.

25. Danau Tapin

Danau Tapin adalah salah satu danau yang terletak di Kalsel. Danau ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dengan pemandangan hutan dan pegunungan yang memukau. Di sekitar danau, pengunjung juga dapat menikmati berbagai jenis aktivitas seperti memancing dan berenang.

26. Museum Wasaka

Museum Wasaka adalah museum yang terletak di Kota Banjarmasin dan menyimpan koleksi benda-benda sejarah dan budaya Kalsel. Di museum ini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis benda-benda seperti senjata tradisional, pakaian adat, dan barang-barang antik lainnya.

27. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari adalah air terjun yang terletak di Kabupaten Tanah Laut. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air terjun yang indah dan pemandangan hutan yang masih asri. Di sekitar air terjun, terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang menarik untuk dilihat.

28. Masjid Jami’ Banjarmasin

Masjid Jami’ Banjarmasin adalah salah satu masjid yang terletak di Kota Banjarmasin. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *