Wisata di Kabupaten Nganjuk

Posted on

Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini memiliki banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Nganjuk.

1. Air Terjun Nglirip

Tempat wisata pertama yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Nganjuk adalah Air Terjun Nglirip. Air terjun ini terletak di Desa Nglirip, Kecamatan Sumberlawang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan berada di tengah-tengah hutan yang asri.

Kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil menikmati segarnya air terjun yang jatuh dari ketinggian. Selain itu, kamu juga bisa melakukan trekking untuk mencapai air terjun ini.

2. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng merupakan tempat wisata yang terletak di Kecamatan Ngetos. Goa ini memiliki panjang sekitar 500 meter dan memiliki formasi batu yang unik dan menarik untuk dipandang.

Kamu juga bisa menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit yang terdapat di dalam goa. Selain itu, di dalam goa ini terdapat air terjun kecil yang menambah keindahan tempat ini.

3. Agrowisata Kusumo Joyo

Agrowisata Kusumo Joyo adalah tempat wisata yang cocok untuk kamu yang ingin merasakan suasana pedesaan yang asri. Tempat ini terletak di Desa Gading, Kecamatan Ngronggot.

Kamu bisa berkeliling kebun yang berisi berbagai jenis tanaman seperti kopi, coklat, dan sayuran. Selain itu, kamu juga bisa memetik buah-buahan yang ada di kebun tersebut. Di tempat ini juga terdapat kolam renang yang bisa kamu gunakan untuk berenang.

4. Bukit Kapur Nganjuk

Bukit Kapur Nganjuk adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Rejoso. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil berfoto-foto dengan latar belakang bukit kapur yang mempesona. Selain itu, di tempat ini juga terdapat area camping yang bisa kamu gunakan untuk menginap.

Wisata Lainnya:  Wisata di Pariaman: Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Minang

5. Pantai Widuri

Pantai Widuri adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Lengkong. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.

Kamu bisa menikmati keindahan pantai sambil berjemur atau berenang di laut yang tenang. Di sekitar pantai juga terdapat warung makan yang menjual berbagai jenis makanan laut segar.

6. Taman Wisata Alam Nganjuk

Taman Wisata Alam Nganjuk adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Sawahan. Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil berjalan-jalan di taman yang asri.

Di tempat ini juga terdapat area camping yang bisa kamu gunakan untuk menginap. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas outbound yang seru dan menantang.

7. Gunung Lawu

Gunung Lawu adalah tempat wisata yang terletak di perbatasan Kabupaten Nganjuk dengan Kabupaten Magetan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 mdpl dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur.

Kamu bisa mendaki gunung ini sambil menikmati keindahan alam sekitar. Di puncak gunung, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan mempesona.

8. Wisata Kuliner Nganjuk

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Nganjuk tanpa mencicipi kuliner khasnya. Beberapa kuliner khas Nganjuk yang patut kamu coba antara lain Sate Telur Puyuh, Nasi Pecel, dan Sate Ayam Kampung.

Sate Telur Puyuh adalah sate yang terbuat dari telur puyuh yang dibalut dengan daging sapi atau ayam. Nasi Pecel adalah nasi yang disajikan dengan sayuran dan sambal kacang. Sedangkan Sate Ayam Kampung adalah sate yang terbuat dari daging ayam kampung yang diolah dengan bumbu rempah.

9. Pemandian Alam Kedung Celeng

Pemandian Alam Kedung Celeng adalah tempat wisata yang terletak di Desa Kedung Celeng, Kecamatan Rejoso. Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil berendam di kolam air yang jernih.

Di sekitar kolam juga terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Selain itu, di tempat ini juga terdapat area camping yang bisa kamu gunakan untuk menginap.

10. Kampung Jowo

Kampung Jowo adalah tempat wisata yang terletak di Desa Jugo, Kecamatan Jatikalen. Di tempat ini kamu bisa merasakan suasana pedesaan yang asri dan tradisional.

Kamu bisa belajar membuat kerajinan tangan seperti anyaman bambu dan tenun. Selain itu, di tempat ini juga terdapat area camping yang bisa kamu gunakan untuk menginap.

Wisata Lainnya:  Destinasi Wisata Singkawang: Menikmati Keindahan Kota Kuda Lumping

11. Bukit Gajah Mungkur

Bukit Gajah Mungkur adalah tempat wisata yang terletak di Desa Kedungringin, Kecamatan Ngronggot. Tempat ini memiliki pemandangan yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil berfoto-foto dengan latar belakang bukit yang mempesona. Di sekitar bukit juga terdapat area camping yang bisa kamu gunakan untuk menginap.

12. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Sine. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.

Kamu bisa menikmati keindahan pantai sambil berjemur atau berenang di laut yang tenang. Di sekitar pantai juga terdapat warung makan yang menjual berbagai jenis makanan laut segar.

13. Wisata Religi Nganjuk

Nganjuk juga memiliki tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata religi yang patut kamu kunjungi antara lain Makam Sunan Ngampel, Makam Mbah Kholil Bangkal, dan Masjid Agung Nganjuk.

Makam Sunan Ngampel adalah makam yang menjadi tempat ziarah bagi umat Islam. Makam ini terletak di Desa Ngampel, Kecamatan Patianrowo. Sedangkan Makam Mbah Kholil Bangkal adalah makam yang menjadi tempat ziarah bagi umat Islam di sekitar wilayah Kabupaten Nganjuk.

Masjid Agung Nganjuk adalah masjid yang terletak di pusat kota Nganjuk. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi salah satu ikon wisata religi di Kabupaten Nganjuk.

14. Danau Nglirip

Danau Nglirip adalah tempat wisata yang terletak di Desa Nglirip, Kecamatan Sumberlawang. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dan menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Selain itu, di sekitar danau terdapat area camping yang bisa kamu gunakan untuk menginap. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil berjalan-jalan di sekitar danau.

15. Taman Rekreasi Sumber Lawang

Taman Rekreasi Sumber Lawang adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Sumberlawang. Di tempat ini kamu bisa menikmati berbagai wahana permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan lain sebagainya.

Selain itu, di tempat ini terdapat kolam renang yang bisa kamu gunakan untuk berenang. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil berjalan-jalan di taman yang asri.

16. Pemandian Air Panas Sumberjoyo

Pemandian Air Panas Sumberjoyo adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Sumberpucung. Di tempat ini kamu bisa menikmati kehangatan air panas yang berasal dari mata air alami.

Wisata Lainnya:  Explore the Beauty of Wisata Selat Panjang: A Hidden Gem in Indonesia

Di tempat ini juga terdapat kolam renang yang bisa kamu gunakan untuk berenang. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil berendam di air panas yang menyegarkan.

17. Bukit Candi

Bukit Candi adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Patianrowo. Tempat ini memiliki pemandangan yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil berfoto-foto dengan latar belakang bukit yang mempesona. Di sekitar bukit juga terdapat area camping yang bisa kamu gunakan untuk menginap.

18. Wisata Edukasi Peternakan Kelinci

Wisata Edukasi Peternakan Kelinci adalah tempat wisata yang terletak di Desa Jatirejo, Kecamatan Ngetos. Di tempat ini kamu bisa belajar tentang cara beternak kelinci yang baik dan benar.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat area camping yang bisa kamu gunakan untuk menginap. Kamu juga bisa membeli kelinci sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau temanmu.

19. Taman Wisata Kusuma Agro

Taman Wisata Kusuma Agro adalah tempat wisata yang terletak di Desa Jatirejo, Kecamatan Ngetos. Di tempat ini kamu bisa belajar tentang cara menanam sayuran dan buah-buahan yang sehat dan segar.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat area camping yang bisa kamu gunakan untuk menginap. Kamu juga bisa membeli sayuran atau buah-buahan yang telah dipanen di taman wisata ini.

20. Curug Tanjung Sari

Curug Tanjung Sari adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Ngluyu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan berada di tengah-tengah hutan yang asri.

Kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil menikmati segarnya air terjun yang jatuh dari ketinggian. Selain itu, kamu juga bisa melakukan trekking untuk mencapai air terjun ini.

21. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Plosoklaten. Di tempat ini kamu bisa menikmati kehangatan air panas yang berasal dari mata air alami.

Di tempat ini juga terdapat kolam renang yang bisa kamu gunakan untuk berenang. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil berendam di air panas yang menyegarkan.

22. Museum Purbakala Nganjuk

Museum Purbakala Nganjuk adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Nganjuk. Di

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *