Wisata di Blitar Dekat Stasiun – Menikmati Sisi Lain Kota Blitar

Posted on

Blitar merupakan salah satu kota yang terkenal dengan sejarah dan budayanya yang kental. Kota ini terletak di Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Blitar, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah wisata di Blitar dekat stasiun.

1. Candi Penataran

Untuk Anda yang suka dengan wisata sejarah, Candi Penataran bisa menjadi destinasi yang tepat. Candi yang terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar ini merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Penataran memiliki arsitektur yang sangat indah dan megah dengan ornamen-ornamen khas Hindu yang masih terlihat jelas hingga saat ini.

2. Kampung Ukir Jati

Jika Anda ingin mencari oleh-oleh khas Blitar, Kampung Ukir Jati bisa menjadi pilihan. Kampung ini terletak di Desa Plumbungan, Kecamatan Sananwetan, Kabupaten Blitar. Di Kampung Ukir Jati, Anda bisa menemukan berbagai macam kerajinan kayu, seperti mebel, patung, dan lain sebagainya.

3. Museum Bung Karno

Selain Candi Penataran, Blitar juga terkenal sebagai kota kelahiran Bung Karno, presiden pertama Indonesia. Untuk mengenang jasa-jasa Bung Karno, dibangunlah Museum Bung Karno di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Blitar. Di museum ini, Anda bisa melihat berbagai macam koleksi milik Bung Karno, seperti foto-foto, lukisan, surat-surat, dan lain sebagainya.

4. Taman Makam Pahlawan Sunan Ampel

Jika Anda ingin mengenal lebih dekat dengan sejarah Islam di Jawa Timur, Taman Makam Pahlawan Sunan Ampel bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Blitar dekat stasiun. Taman Makam Pahlawan Sunan Ampel merupakan kompleks makam yang terletak di Kota Blitar. Di sini, Anda bisa melihat makam-makam para ulama dan tokoh agama terkenal di Jawa Timur, seperti Sunan Ampel, Sunan Bonang, dan Sunan Giri.

Wisata Lainnya:  Ciri Ciri Produk Wisata yang Patut Diketahui

5. Air Terjun Coban Rondo

Jika wisata sejarah sudah cukup, cobalah untuk menikmati keindahan alam di Air Terjun Coban Rondo. Air terjun ini terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, namun masih dekat dengan Blitar. Coban Rondo memiliki ketinggian sekitar 84 meter dan memiliki kolam yang cukup besar untuk berenang atau sekadar untuk berendam. Di sekitar air terjun, terdapat juga kios-kios yang menjual makanan dan minuman.

6. Pantai Balekambang

Jika Anda ingin menikmati suasana pantai, Pantai Balekambang bisa menjadi pilihan. Pantai ini terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, namun masih dekat dengan Blitar. Pantai Balekambang memiliki panorama yang indah dengan hamparan pasir putih dan bebatuan yang menjorok ke laut. Di sini, Anda juga bisa menikmati berbagai macam wahana air, seperti banana boat, jet ski, dan lain sebagainya.

7. Taman Wisata Pemandian Air Panas Cangar

Bagi Anda yang ingin bersantai dan menikmati keindahan alam, Taman Wisata Pemandian Air Panas Cangar bisa menjadi pilihan. Tempat ini terletak di Desa Cangar, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Di sini, Anda bisa menikmati pemandian air panas yang menyegarkan dengan latar belakang pegunungan yang indah. Selain itu, terdapat juga berbagai macam wahana permainan air dan cottage untuk menginap.

8. Goa Tetes

Bagi Anda yang suka dengan wisata petualangan, Goa Tetes bisa menjadi destinasi yang menarik. Goa ini terletak di Desa Rejosari, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Goa Tetes memiliki panjang sekitar 200 meter dengan stalaktit dan stalakmit yang indah. Di dalam goa, Anda juga bisa menemukan air terjun mini yang menyegarkan.

9. Gunung Kelud

Jika Anda suka dengan wisata pendakian, Gunung Kelud bisa menjadi pilihan. Gunung ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Blitar dan Kediri. Gunung Kelud memiliki ketinggian sekitar 1.731 mdpl dan menjadi salah satu gunung yang terkenal di Jawa Timur. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan juga melihat kawah yang masih aktif.

10. Candi Sawentar

Candi Sawentar merupakan salah satu candi Buddha yang terletak di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dengan ukiran-ukiran yang masih terlihat jelas. Selain itu, Candi Sawentar juga terkenal sebagai tempat yang cocok untuk meditasi dan menenangkan pikiran.

11. Pantai Tambakrejo

Jika Anda ingin menikmati suasana pantai yang tenang dan sepi, Pantai Tambakrejo bisa menjadi pilihan. Pantai ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Pantai Tambakrejo memiliki panorama yang indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Di sini, Anda juga bisa menikmati berbagai macam makanan dan minuman di warung-warung yang tersedia.

Wisata Lainnya:  30 Tempat Makan di Surabaya yang Wajib Dicoba

12. Taman Wisata Tahura Raden Soerjo

Taman Wisata Tahura Raden Soerjo merupakan salah satu taman wisata yang terletak di Kota Blitar. Taman ini memiliki luas sekitar 5.000 hektar dan terdiri dari hutan, perkebunan, dan taman bermain. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan atau bersepeda. Selain itu, terdapat juga berbagai macam wahana permainan dan arena outbound.

13. Bukit Turgo

Bukit Turgo merupakan salah satu destinasi wisata di Blitar yang terkenal dengan keindahan alamnya. Bukit ini terletak di Desa Papungan, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah dengan latar belakang pegunungan dan sawah yang hijau. Selain itu, terdapat juga spot foto yang cocok untuk dijadikan background foto profil.

14. Telaga Biru

Telaga Biru merupakan salah satu tempat wisata di Blitar yang terkenal dengan keindahan danau yang biru. Telaga ini terletak di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan atau sekadar duduk-duduk di pinggir danau. Selain itu, terdapat juga berbagai macam wahana permainan air.

15. Hutan Pinus Mangunan

Jika Anda ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan asri, Hutan Pinus Mangunan bisa menjadi pilihan. Hutan ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, namun masih dekat dengan Blitar. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan hutan pinus dengan latar belakang pegunungan. Selain itu, terdapat juga berbagai macam spot foto yang cocok untuk dijadikan background foto profil.

16. Kampung Inggris Pare

Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris, Kampung Inggris Pare bisa menjadi pilihan. Kampung ini terletak di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, namun masih dekat dengan Blitar. Di sini, Anda bisa belajar bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan. Selain itu, terdapat juga berbagai macam wahana permainan dan penginapan yang murah.

17. Taman Rekreasi Selecta

Taman Rekreasi Selecta merupakan salah satu taman rekreasi yang terletak di Kota Batu, namun masih dekat dengan Blitar. Taman ini memiliki berbagai macam wahana permainan yang cocok untuk segala usia. Selain itu, terdapat juga berbagai macam tempat makan dan penginapan.

18. Taman Labirin Coban Rais

Taman Labirin Coban Rais merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, namun masih dekat dengan Blitar. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai macam wahana permainan dan juga menikmati keindahan alam dengan melintasi labirin yang indah.

Wisata Lainnya:  Menikmati Wisata Religi di Madura

19. Goa Maharani

Goa Maharani merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Gadingharjo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Goa ini terkenal dengan keindahan stalaktit dan stalakmitnya yang indah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang masih asri di sekitar goa.

20. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kabupaten Magetan, namun masih dekat dengan Blitar. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan danau yang hijau dengan latar belakang pegunungan yang indah. Selain itu, terdapat juga berbagai macam wahana permainan air dan penginapan yang murah.

21. Candi Kidal

Candi Kidal merupakan salah satu candi Hindu yang terletak di Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, namun masih dekat dengan Blitar. Candi ini terkenal dengan arsitektur yang sangat indah dan ornamen-ornamen khas Hindu yang masih terlihat jelas hingga saat ini.

22. Goa Gong

Goa Gong merupakan salah satu goa yang terletak di Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, namun masih dekat dengan Blitar. Goa ini terkenal dengan keindahan stalaktit dan stalakmitnya yang indah. Selain itu, di dalam goa terdapat juga air terjun mini yang menyegarkan.

23. Pemandian Air Panas Candi Cetho

Pemandian Air Panas Candi Cetho merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Cetho, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, namun masih dekat dengan Blitar. Di sini, Anda bisa menikmati pemandian air panas yang menyegarkan dengan latar belakang pegunungan yang indah.

24. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung yang terletak di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto, namun masih dekat dengan Blitar. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.339 mdpl dan menjadi salah satu gunung yang terkenal di Jawa Timur. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan juga melihat keindahan matahari terbit.

25. Taman Wisata Batu Night Spectacular

Taman Wisata Batu Night Spectacular merupakan salah satu taman wisata yang terletak di Kota Batu, namun masih dekat dengan Blitar. Taman ini terkenal dengan keindahan lampu-lampu yang berwarna-warni di malam hari. Selain itu, terdapat juga berbagai macam wahana permainan

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *