Wisata Dekat Stasiun Purwokerto: Menikmati Liburan di Kota Banyumas

Posted on

Stasiun Purwokerto adalah salah satu stasiun kereta api yang terletak di Kota Banyumas, Jawa Tengah. Stasiun ini menjadi salah satu pintu masuk bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kota ini. Selain itu, di sekitar stasiun juga terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa wisata dekat stasiun Purwokerto yang bisa menjadi pilihan saat liburan.

1. Bukit Cinta Purwokerto

Bukit Cinta Purwokerto adalah salah satu tempat wisata yang terletak tidak jauh dari stasiun Purwokerto. Tempat ini menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Wisatawan bisa menikmati keindahan kota Purwokerto dari atas bukit. Selain itu, di sini juga terdapat spot foto yang instagramable.

2. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar adalah sebuah gua yang terletak di Desa Jatijajar, Purwokerto. Gua ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah. Selain itu, di dalam gua juga terdapat air terjun kecil yang menambah keindahan tempat ini. Wisatawan yang suka dengan petualangan bisa menjelajahi gua ini dengan dipandu oleh pemandu lokal.

3. Danau Baturaden

Danau Baturaden terletak di kawasan wisata Baturaden, Purwokerto. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dan menenangkan. Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas di sini, seperti berperahu, memancing, atau sekedar menikmati pemandangan danau.

4. Curug Cipendok

Curug Cipendok adalah sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Karanglewas, Purwokerto. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki air yang sangat jernih. Selain menikmati keindahan air terjun, wisatawan juga bisa berenang atau sekedar bermain air di kolam yang ada di bawahnya.

Wisata Lainnya:  Wisata Malam Penang: Nikmati Pesona Kota di Malam Hari

5. Museum Banyumas

Museum Banyumas terletak di Jalan Pangeran Diponegoro, Purwokerto. Museum ini menyimpan berbagai koleksi sejarah dan budaya dari daerah Banyumas. Wisatawan bisa belajar tentang sejarah dan budaya daerah ini di sini.

6. Taman Kota Purwokerto

Taman Kota Purwokerto adalah sebuah taman yang terletak di pusat kota Purwokerto. Taman ini menjadi tempat favorit untuk bersantai dan berolahraga bagi warga setempat. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan taman ini dan berinteraksi dengan masyarakat setempat.

7. Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah yang terletak di Kabupaten Brebes dan Kabupaten Purbalingga. Gunung ini bisa ditempuh dari Kota Purwokerto dengan waktu sekitar 1,5 jam. Wisatawan bisa melakukan pendakian ke puncak gunung ini untuk menikmati keindahan panorama alam sekitar.

8. Pantai Widuri

Pantai Widuri adalah sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Cilacap, sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Purwokerto. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Wisatawan bisa berenang, berjemur, atau sekedar menikmati keindahan pantai.

9. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman adalah sebuah kampung yang terletak di pusat kota Purwokerto. Kampung ini merupakan pusat produksi batik di kota ini. Wisatawan bisa belajar membuat batik atau membeli souvenir batik di sini.

10. Wisata Kuliner

Kota Purwokerto juga terkenal dengan kuliner khasnya yang enak dan lezat. Beberapa kuliner yang bisa dicoba di sini antara lain nasi liwet, sate kelinci, soto sokaraja, dan lain-lain. Wisatawan bisa mencoba kuliner khas ini di restoran atau warung makan di sekitar stasiun Purwokerto.

11. Taman Rekreasi Surya Yudha

Taman Rekreasi Surya Yudha adalah sebuah taman bermain yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Purwokerto. Taman ini memiliki berbagai wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Selain itu, di sini juga terdapat kolam renang dan lapangan futsal.

12. Taman Air Tirta Mandala

Taman Air Tirta Mandala adalah sebuah taman air yang terletak di Kecamatan Sokaraja, Purwokerto. Taman ini memiliki berbagai wahana permainan air yang menarik. Wisatawan bisa berenang, bermain air, atau sekedar bersantai di taman ini.

13. Curug Belot

Curug Belot adalah sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Wangon, Purwokerto. Tempat ini masih terbilang sepi dan alami. Wisatawan bisa menikmati suasana alam yang tenang dan menenangkan di sini.

14. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu adalah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Cilacap Selatan, sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Purwokerto. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Wisatawan bisa berenang, berjemur, atau sekedar menikmati keindahan pantai.

Wisata Lainnya:  Paket Wisata Semarang 2 Hari 1 Malam: Menikmati Pesona Kota Semarang dalam Satu Paket

15. Bendungan Sempor

Bendungan Sempor adalah sebuah bendungan yang terletak di Kecamatan Sempor, Purwokerto. Tempat ini menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Selain itu, di sini juga terdapat aktivitas olahraga air yang menarik, seperti berperahu atau memancing.

16. Goa Lawa

Goa Lawa adalah sebuah gua yang terletak di Desa Gunungmalang, Purwokerto. Gua ini terkenal dengan koloninya kelelawar yang jumlahnya sangat banyak. Wisatawan bisa melihat kelelawar keluar dari gua pada saat senja.

17. Taman Wisata Alam Mangkuk

Taman Wisata Alam Mangkuk adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Kalibagor, Purwokerto. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan hamparan sawah dan perkebunan teh. Selain itu, di sini juga terdapat aktivitas outbond dan berkuda.

18. Masjid Agung Purwokerto

Masjid Agung Purwokerto adalah sebuah masjid yang terletak di pusat kota Purwokerto. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Jawa Tengah. Wisatawan bisa mengunjungi masjid ini dan mengagumi arsitektur yang indah.

19. Taman Krida Budaya Jawa Tengah

Taman Krida Budaya Jawa Tengah adalah sebuah taman yang terletak di Jalan Raya Purwokerto, Purwokerto. Taman ini menyimpan berbagai koleksi seni dan budaya Jawa Tengah. Wisatawan bisa belajar tentang seni dan budaya daerah ini di sini.

20. Candi Banyumas

Candi Banyumas adalah sebuah candi yang terletak di Desa Sumpiuh, Kabupaten Banyumas. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Mataram Kuno. Wisatawan bisa mengunjungi candi ini dan belajar tentang sejarahnya.

21. Air Terjun Sempor

Air Terjun Sempor adalah sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Sempor, Purwokerto. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki air yang sangat jernih. Selain menikmati keindahan air terjun, wisatawan juga bisa berenang atau sekedar bermain air di kolam yang ada di bawahnya.

22. Gunung Cipari

Gunung Cipari adalah sebuah gunung yang terletak di Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap. Gunung ini bisa ditempuh dari Kota Purwokerto dengan waktu sekitar 2 jam. Wisatawan bisa melakukan pendakian ke puncak gunung ini untuk menikmati keindahan panorama alam sekitar.

23. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong adalah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Karangbolong, Kabupaten Cilacap. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan bebatuan karang yang unik. Wisatawan bisa berenang, berjemur, atau sekedar menikmati keindahan pantai.

Wisata Lainnya:  Wisata Sumbawa Besar: Menikmati Keindahan Alam Pulau Sumbawa

24. Kampung Adat Desa Surodadi

Kampung Adat Desa Surodadi adalah sebuah kampung yang terletak di Kecamatan Sumbang, Banyumas. Kampung ini masih mempertahankan tradisi dan budaya Jawa yang kental. Wisatawan bisa belajar tentang tradisi dan budaya di sini.

25. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah sebuah taman nasional yang terletak di Jawa Barat. Taman ini memiliki berbagai keindahan alam, seperti gunung, hutan, dan air terjun. Wisatawan bisa melakukan pendakian atau sekedar menikmati keindahan alam di sini.

26. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Kabupaten Tegal, sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Purwokerto. Tempat ini menawarkan pemandian air panas yang menyegarkan. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai wahana permainan air.

27. Museum Adiwerna

Museum Adiwerna adalah sebuah museum yang terletak di Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. Museum ini menyimpan berbagai koleksi sejarah dan budaya dari daerah Tegal. Wisatawan bisa belajar tentang sejarah dan budaya daerah ini di sini.

28. Kampung Wisata Trunyan

Kampung Wisata Trunyan adalah sebuah kampung yang terletak di Kecamatan Kintamani, Bali. Kampung ini masih mempertahankan tradisi dan budaya Bali yang kental. Wisatawan bisa belajar tentang tradisi dan budaya di sini.

29. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari adalah sebuah taman bermain yang terletak di Kabupaten Klaten, sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Purwokerto. Taman ini memiliki berbagai wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan keluarga.

30. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Purwokerto. Gunung ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti kawah, air terjun, dan kolam air panas. Wisatawan bisa melakukan pendakian atau sekedar menikmati keindahan alam di sini.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa wisata dekat stasiun Purwokerto yang bisa menjadi pilihan saat liburan. Dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner, semua ada di kota Banyumas ini. Mulailah merencanakan liburan Anda ke kota ini

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *