Wisata Dekat Candi Prambanan

Posted on

Jogjakarta merupakan salah satu kota yang kaya akan sejarah dan budaya. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Jogjakarta adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia dan sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta. Namun, selain Candi Prambanan, masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang dapat dikunjungi di sekitar Candi Prambanan. Berikut adalah beberapa wisata dekat Candi Prambanan yang dapat Anda kunjungi.

1. Candi Sewu

Candi Sewu merupakan candi Buddha terbesar kedua di Indonesia setelah Borobudur. Candi Sewu berjarak sekitar 800 meter dari Candi Prambanan. Candi ini memiliki 249 candi kecil yang terdiri dari beberapa kompleks, seperti kompleks utara, kompleks selatan, dan kompleks timur. Di kompleks utara, terdapat sebuah candi induk yang memiliki relief cerita-cerita Ramayana dan Mahabharata.

2. Taman Wisata Candi Ijo

Taman Wisata Candi Ijo merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di sebelah barat Candi Prambanan. Taman ini memiliki ketinggian sekitar 410 meter di atas permukaan laut. Dari tempat ini, Anda dapat melihat pemandangan Kota Jogjakarta dan Gunung Merapi yang sangat indah. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam di tempat ini.

3. Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan kompleks candi Budha yang terdiri dari dua kompleks, yaitu kompleks Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Candi Plaosan berjarak sekitar 2 kilometer dari Candi Prambanan. Candi ini memiliki relief yang cukup bagus dan indah untuk dijadikan tempat berfoto.

Wisata Lainnya:  Ebad Wisata: Pengalaman Wisata yang Tak Terlupakan di Indonesia

4. Kalasan

Kalasan merupakan candi Budha yang terletak di sebelah timur Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-8 Masehi oleh raja Wangsa Syailendra. Candi Kalasan merupakan candi yang cukup indah dan memiliki ornamen-ornamen yang sangat bagus.

5. Ratu Boko

Ratu Boko merupakan sebuah kompleks keraton yang terletak di lereng Gunung Boko. Kompleks keraton ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Di sini Anda dapat melihat pemandangan Kota Jogjakarta dan Gunung Merapi yang sangat indah. Selain itu, di Ratu Boko juga terdapat beberapa bangunan bersejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi.

6. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut merupakan air terjun yang terletak di lereng Gunung Merbabu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Di sini Anda dapat berenang dan menikmati keindahan alam yang masih asri.

7. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu merupakan air terjun yang terletak di lereng Gunung Lawu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Di sini Anda dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan menyegarkan.

8. Bukit Pengilon

Bukit Pengilon merupakan sebuah bukit yang terletak di sebelah timur Candi Prambanan. Dari atas bukit ini, Anda dapat melihat pemandangan Candi Prambanan yang sangat indah. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa spot foto yang cukup menarik.

9. Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan tempat wisata yang terletak di sebelah timur Candi Prambanan. Tebing ini memiliki ornamen-ornamen yang cukup indah dan bagus untuk dijadikan tempat berfoto. Di sini juga terdapat beberapa spot foto yang cukup menarik.

10. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger merupakan tempat wisata yang terletak di sebelah selatan Candi Prambanan. Di sini terdapat hutan pinus yang cukup luas dan asri. Di sini Anda dapat berjalan-jalan santai sambil menikmati keindahan alam yang masih asri.

11. Candi Sari

Candi Sari merupakan candi Budha yang terletak di sebelah selatan Candi Prambanan. Candi ini memiliki ornamen-ornamen yang cukup indah dan menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

Wisata Lainnya:  Eco Wisata Gusong Bugis: Menikmati Keindahan Alam Lestari

12. Candi Gebang

Candi Gebang merupakan candi Budha yang terletak di sebelah barat Candi Prambanan. Candi ini memiliki ornamen-ornamen yang cukup bagus dan indah untuk dijadikan tempat berfoto.

13. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar merupakan goa yang terletak di lereng Gunung Merapi. Di sini Anda dapat melihat stalaktit dan stalakmit yang cukup indah dan menarik. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang masih asri.

14. Pantai Baron

Pantai Baron merupakan pantai yang terletak di sebelah selatan Jogjakarta. Pantai ini memiliki pasir yang cukup halus dan lembut. Di sini Anda dapat berenang dan menikmati keindahan pantai yang masih asri.

15. Tebing Breksi Pandansari

Tebing Breksi Pandansari merupakan tempat wisata yang terletak di sebelah timur Candi Prambanan. Tebing ini memiliki ornamen-ornamen yang cukup indah dan bagus untuk dijadikan tempat berfoto. Di sini juga terdapat beberapa spot foto yang cukup menarik.

16. Candi Barong

Candi Barong merupakan candi Hindu yang terletak di sebelah timur Candi Prambanan. Candi ini memiliki ornamen-ornamen yang cukup bagus dan indah untuk dijadikan tempat berfoto.

17. Candi Banyunibo

Candi Banyunibo merupakan candi Budha yang terletak di sebelah timur Candi Prambanan. Candi ini memiliki ornamen-ornamen yang cukup indah dan menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

18. Candi Merak

Candi Merak merupakan candi Hindu yang terletak di sebelah barat Candi Prambanan. Candi ini memiliki ornamen-ornamen yang cukup bagus dan indah untuk dijadikan tempat berfoto.

19. Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksi merupakan taman yang terletak di sebelah timur Candi Prambanan. Taman ini memiliki ornamen-ornamen yang cukup indah dan menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

20. Candi Lumbung

Candi Lumbung merupakan candi Budha yang terletak di sebelah utara Candi Prambanan. Candi ini memiliki ornamen-ornamen yang cukup indah dan menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

21. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta merupakan taman edukasi yang terletak di pusat kota Jogjakarta. Di sini terdapat beberapa wahana permainan dan edukasi yang cukup menarik dan seru untuk dikunjungi.

Wisata Lainnya:  Wisata Sibolga: Menikmati Keindahan Alam Kota Pantai di Sumatera Utara

22. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang terletak di sebelah timur Jogjakarta. Di sini Anda dapat melihat koleksi barang-barang pusaka dari Keraton Jogjakarta.

23. Taman Sari

Taman Sari merupakan bekas taman keraton yang terletak di pusat kota Jogjakarta. Taman ini memiliki kolam-kolam yang cukup indah dan menarik untuk dikunjungi.

24. Masjid Agung Jogjakarta

Masjid Agung Jogjakarta merupakan masjid terbesar di Jogjakarta. Masjid ini memiliki arsitektur yang cukup bagus dan indah untuk dikunjungi.

25. Pasar Malioboro

Pasar Malioboro merupakan pusat perbelanjaan yang terletak di pusat kota Jogjakarta. Di sini Anda dapat membeli oleh-oleh khas Jogjakarta.

26. Keraton Jogjakarta

Keraton Jogjakarta merupakan istana yang menjadi tempat tinggal raja Jogjakarta. Di sini Anda dapat melihat keindahan arsitektur Keraton Jogjakarta.

27. Gereja Ayam

Gereja Ayam merupakan gereja yang terletak di sebelah selatan Jogjakarta. Gereja ini memiliki bentuk yang unik dan menarik untuk dikunjungi.

28. Goa Pindul

Goa Pindul merupakan goa yang terletak di sebelah selatan Jogjakarta. Di sini Anda dapat melihat stalaktit dan stalakmit yang cukup indah dan menarik. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang masih asri.

29. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang terletak di sebelah selatan Jogjakarta. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan menantang. Di sini Anda dapat bermain ombak dan menikmati keindahan pantai yang masih asri.

30. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo merupakan museum yang terletak di pusat kota Jogjakarta. Di sini Anda dapat melihat koleksi barang-barang pusaka dari Keraton Jogjakarta.

Kesimpulan

Itulah beberapa wisata dekat Candi Prambanan yang dapat Anda kunjungi. Selain Candi Prambanan, masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang dapat dikunjungi di Jogjakarta. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam merencanakan liburan di Jogjakarta.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *