Wisata Daerah Sragen: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Jawa Tengah

Posted on

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan keindahan alam dan budaya. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menawarkan wisata alam dan budaya yang menarik adalah Sragen. Berikut adalah beberapa tempat wisata daerah Sragen yang wajib dikunjungi.

1. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu adalah air terjun yang terletak di desa Ngargoyoso, Sragen. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan memiliki 100 pancuran air. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Grojogan Sewu Tawangmangu sangat memukau dan cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

2. Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah kompleks candi Hindu yang terletak di kecamatan Ngargoyoso, Sragen. Candi ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik, serta pemandangan yang indah. Di sekitar candi juga terdapat beberapa tempat bersejarah yang bisa dikunjungi, seperti Makam Raden Mas Jolang dan Museum Candi Sukuh.

3. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah tempat wisata yang cocok untuk pecinta bunga. Taman ini terletak di kecamatan Gondang, Sragen, dan memiliki lebih dari 200 jenis bunga yang ditanam di dalamnya. Selain menikmati keindahan bunga, pengunjung juga bisa berfoto-foto di beberapa spot yang disediakan.

4. Wisata Kuliner Sragen

Sragen juga dikenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan menggugah selera. Beberapa kuliner khas Sragen yang wajib dicoba antara lain adalah sate buntel, tahu pong, dan soto Sragen. Kuliner-kuliner tersebut bisa ditemukan di beberapa tempat kuliner di Sragen.

5. Gunung Lawu

Gunung Lawu adalah sebuah gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu gunung yang populer di Jawa Tengah. Pengunjung bisa melakukan pendakian ke puncak gunung untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Wisata Lainnya:  Wisata Gunung Merbabu: Menikmati Keindahan Alam di Puncak Tertinggi di Jawa Tengah

6. Candi Cetho

Candi Cetho adalah candi Hindu yang terletak di desa Gumeng, kecamatan Jenawi, Sragen. Candi ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik, serta pemandangan yang indah. Di sekitar candi juga terdapat beberapa tempat bersejarah yang bisa dikunjungi, seperti Makam Ki Ageng Selo dan Makam Ki Ageng Tarub.

7. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog adalah air terjun yang terletak di desa Jumog, kecamatan Sambirejo, Sragen. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan memiliki kolam air yang jernih. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Jumog sangat memukau dan cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

8. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan adalah kampung yang terletak di kecamatan Laweyan, Sragen. Kampung ini dikenal sebagai pusat pengrajin batik yang terkenal di Indonesia. Pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan batik dan membeli batik khas Sragen di beberapa toko yang ada di kampung ini.

9. Danau Kedung Ombo

Danau Kedung Ombo adalah danau buatan yang terletak di kecamatan Sambirejo, Sragen. Danau ini memiliki luas sekitar 48 hektar dan dikelilingi oleh hutan pinus yang hijau. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam danau sambil menyeberangi danau dengan perahu yang disewakan di sekitar danau.

10. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar adalah goa alam yang terletak di desa Jatijajar, kecamatan Sambirejo, Sragen. Goa ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah, serta aliran air yang jernih. Pengunjung bisa melakukan petualangan menelusuri goa sambil menikmati keindahan alam yang ditawarkan.

11. Candi Kethek

Candi Kethek adalah kompleks candi Hindu yang terletak di desa Kethek, kecamatan Ngrampal, Sragen. Candi ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik, serta pemandangan yang indah. Di sekitar candi juga terdapat beberapa tempat bersejarah yang bisa dikunjungi, seperti Makam Ki Ageng Pandanaran dan Makam Ki Ageng Suryo.

12. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan adalah bukit yang terletak di desa Sekipan, kecamatan Gondang, Sragen. Bukit ini memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat berfoto-foto. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam sekitar bukit sambil menikmati udara segar.

13. Kampung Flora Tawangmangu

Kampung Flora Tawangmangu adalah kampung yang terletak di desa Tawangmangu, Sragen. Kampung ini dikenal sebagai pusat penjualan tanaman hias dan bunga yang unik dan langka. Pengunjung bisa membeli tanaman hias dan bunga khas Sragen di beberapa toko yang ada di kampung ini.

Wisata Lainnya:  Wisata Cihampelas: Menikmati Keindahan Alami dan Kesenangan di Bandung Barat

14. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan adalah danau buatan yang terletak di kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Meskipun berada di luar wilayah Sragen, Telaga Sarangan sangat dekat dengan Sragen dan menjadi salah satu tempat wisata yang populer bagi warga Sragen. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam danau sambil menikmati kuliner khas Telaga Sarangan, seperti jagung bakar dan ikan bakar.

15. Gunung Kendeng

Gunung Kendeng adalah sebuah gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.662 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu gunung yang populer di Jawa Tengah. Pengunjung bisa melakukan pendakian ke puncak gunung untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

16. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman adalah kampung yang terletak di kecamatan Sragen, Sragen. Kampung ini dikenal sebagai pusat pengrajin batik yang terkenal di Indonesia. Pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan batik dan membeli batik khas Sragen di beberapa toko yang ada di kampung ini.

17. Air Terjun Gajah Mungkur

Air Terjun Gajah Mungkur adalah air terjun yang terletak di desa Gajah, kecamatan Gemolong, Sragen. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan memiliki kolam air yang jernih. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Gajah Mungkur sangat memukau dan cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

18. Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran adalah museum yang terletak di desa Kalijambe, Sragen. Museum ini memiliki koleksi peninggalan manusia purba yang ditemukan di daerah Sangiran, serta informasi tentang evolusi manusia. Pengunjung bisa belajar tentang sejarah manusia purba dan melihat langsung peninggalan-peninggalan yang ditemukan di Sangiran.

19. Goa Selarong

Goa Selarong adalah goa alam yang terletak di desa Selarong, kecamatan Gondang, Sragen. Goa ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah, serta aliran air yang jernih. Pengunjung bisa melakukan petualangan menelusuri goa sambil menikmati keindahan alam yang ditawarkan.

20. Candi Plaosan Lor

Candi Plaosan Lor adalah kompleks candi Buddha yang terletak di desa Bugisan, kecamatan Prambanan, Sleman. Meskipun berada di luar wilayah Sragen, Candi Plaosan Lor sangat dekat dengan Sragen dan menjadi salah satu tempat wisata yang populer bagi warga Sragen. Candi ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik, serta pemandangan yang indah.

Wisata Lainnya:  Kapal Laut Jakarta Manado: Menjelajahi Laut Indonesia dengan Mudik Laut

21. Kampung Batik Kliwonan

Kampung Batik Kliwonan adalah kampung yang terletak di kecamatan Sragen, Sragen. Kampung ini dikenal sebagai pusat pengrajin batik yang terkenal di Indonesia. Pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan batik dan membeli batik khas Sragen di beberapa toko yang ada di kampung ini.

22. Air Terjun Jatijajar

Air Terjun Jatijajar adalah air terjun yang terletak di desa Jatijajar, kecamatan Sambirejo, Sragen. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki kolam air yang jernih. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Jatijajar sangat memukau dan cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

23. Taman Wisata Muncul

Taman Wisata Muncul adalah taman wisata yang terletak di desa Muncul, kecamatan Gemolong, Sragen. Taman ini memiliki berbagai wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan keluarga, serta pemandangan yang indah. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil bermain di taman wisata ini.

24. Puncak Kukusan

Puncak Kukusan adalah puncak yang terletak di desa Kukusan, kecamatan Gemolong, Sragen. Puncak ini memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat berfoto-foto. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam sekitar puncak sambil menikmati udara segar.

25. Danau Bledug Kuwu

Danau Bledug Kuwu adalah danau buatan yang terletak di desa Kuwu, kecamatan Gabus, Grobogan. Meskipun berada di luar wilayah Sragen, Danau Bledug Kuwu sangat dekat dengan Sragen dan menjadi salah satu tempat wisata yang populer bagi warga Sragen. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

26. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies adalah bukit yang terletak di desa Karanganyar, kecamatan Gemolong, Sragen. Bukit ini memiliki bentuk yang unik dan menyerupai bukit di film Teletubbies. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar bukit sambil berfoto-foto di bukit Teletubbies ini.

27. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu yang terletak di kecamatan Prambanan, Sleman. Meskipun berada di luar wilayah Sragen, Candi Prambanan sangat dekat dengan Sragen dan menjadi salah satu tempat wisata yang populer bagi warga Sragen. Candi ini memiliki arsitektur yang megah dan pemandangan yang indah.

28. Pantai Klayar

Pant

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *