Wisata Curug Tasikmalaya: Menikmati Keindahan Alam yang Menyejukkan

Posted on

Curug Tasikmalaya adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jawa Barat. Terletak sekitar 5 km dari pusat kota Tasikmalaya, curug ini menawarkan keindahan alam yang menyejukkan dan suasana yang tenang. Bagi para pecinta alam, Curug Tasikmalaya adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Sejarah Curug Tasikmalaya

Curug Tasikmalaya memiliki sejarah yang cukup panjang. Konon, curug ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada saat itu, curug ini digunakan sebagai sumber air untuk kebutuhan air minum dan keperluan sehari-hari. Kemudian, curug ini mulai dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai tempat wisata yang indah dan menarik.

Fasilitas di Curug Tasikmalaya

Curug Tasikmalaya memiliki berbagai fasilitas untuk memudahkan pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di sana. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  • Parkir kendaraan yang luas dan aman
  • Kios makanan dan minuman
  • Toilet umum yang bersih
  • Tempat istirahat
  • Area berkemah
  • Jasa guide lokal
Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Wisata Jatim Park 3 Malang dan Dino Park Sebagai Fasilitas Unggulannya

Keindahan Curug Tasikmalaya

Cukup sulit untuk menjelaskan keindahan Curug Tasikmalaya hanya dengan kata-kata. Curug ini memiliki air terjun yang indah dengan ketinggian sekitar 20 meter. Airnya yang jernih dan segar membuat pengunjung terpesona. Selain itu, di sekitar curug juga terdapat hutan yang hijau dan rimbun. Suara gemericik air dan burung-burung yang berkicau membuat suasana di sana semakin tenang dan damai.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Curug Tasikmalaya

Di Curug Tasikmalaya, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan di sekitar curug
  • Menikmati air terjun dengan berenang atau bermain air
  • Berkemah di area yang telah disediakan
  • Memancing di sungai yang ada di sekitar curug
  • Mendaki gunung di sekitar Curug Tasikmalaya

Cara Menuju Curug Tasikmalaya

Curug Tasikmalaya bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa mengikuti rute dari pusat kota Tasikmalaya menuju Desa Ciparay, kemudian mengikuti jalan menuju Curug Tasikmalaya. Sedangkan jika menggunakan angkutan umum, pengunjung bisa naik angkot jurusan Ciparay dari terminal Tasikmalaya dan turun di depan pintu masuk Curug Tasikmalaya.

Wisata Lainnya:  Wisata Balige Pantai Bulbul: Pesona Keindahan Alam Sumatera Utara

Harga Tiket Masuk Curug Tasikmalaya

Untuk masuk ke area Curug Tasikmalaya, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, tergantung kebijakan pengelola.

Jam Buka Curug Tasikmalaya

Curug Tasikmalaya buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Namun, pengunjung disarankan untuk datang sebelum jam 15.00 agar masih memiliki waktu yang cukup untuk menikmati keindahan alam di sana.

Kesimpulan

Curug Tasikmalaya adalah destinasi wisata yang menarik di Jawa Barat. Keindahan alamnya yang menyejukkan membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Biaya masuk yang terjangkau juga membuat Curug Tasikmalaya menjadi tempat yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Post Lainnya:
Wisata Lainnya:  PT Altur Wisata Mulia: Menyediakan Pengalaman Wisata yang Tak Terlupakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *