Wisata Ampel: Menikmati Keindahan Kampung Arab di Surabaya

Posted on

Surabaya merupakan kota metropolitan yang memiliki segudang wisata menarik. Salah satunya adalah wisata Ampel. Wisata Ampel terletak di kawasan Ampel, Surabaya, yang merupakan kampung Arab. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan kota Surabaya yang kental dengan nuansa Arab.

Sejarah Wisata Ampel

Wisata Ampel diawali dari sejarah keberadaan kampung Arab di Surabaya. Kampung Arab ini sudah berdiri sejak abad ke-18. Kampung ini awalnya hanya dihuni oleh beberapa keluarga Arab yang bermukim di sekitar Masjid Ampel. Seiring berjalannya waktu, jumlah penduduk kampung Arab semakin bertambah dan membuat kampung ini semakin ramai dan berkembang.

Menikmati Keindahan Masjid Ampel

Ketika kamu berkunjung ke wisata Ampel, tentu tidak boleh melewatkan masjid yang menjadi pusat kegiatan kampung Arab tersebut. Masjid Ampel merupakan masjid tertua di Surabaya yang dibangun pada abad ke-15. Masjid ini memiliki arsitektur yang kental dengan nuansa Arab dan memiliki keindahan yang sangat menawan. Kamu bisa menikmati keindahan masjid ini sambil bersantai di halaman masjid.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Wisata Merci – Nikmati Liburan Seru di Tempat Ini

Menjelajahi Kampung Arab

Tidak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke wisata Ampel tanpa menjelajahi kampung Arab tersebut. Di sini kamu bisa menemukan berbagai toko dan warung yang menjual berbagai barang dan makanan khas Arab. Kamu juga bisa berbelanja oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah.

Menikmati Kuliner Khas Arab

Wisata Ampel juga dikenal dengan kuliner khas Arab yang lezat dan menggugah selera. Kamu bisa menikmati berbagai hidangan seperti nasi kebuli, kambing guling, hingga sate kambing. Jangan lupa untuk mencicipi minuman khas Arab seperti teh Arab dan kopi Arab yang sangat nikmat.

Menikmati Suasana Malam di Wisata Ampel

Jika kamu berkunjung ke wisata Ampel di malam hari, kamu bisa menikmati suasana yang berbeda dari biasanya. Di malam hari, lampu-lampu di kampung Arab dan Masjid Ampel akan menyala dan memberikan suasana yang sangat romantis dan menawan. Kamu juga bisa menikmati kuliner khas Arab dengan suasana malam yang sangat cocok untuk bersantai.

Keunikan Wisata Ampel

Keunikan dari wisata Ampel terletak pada nuansa Arab yang sangat kental dan terjaga. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi seperti berada di Arab tanpa harus pergi ke negara tersebut. Kamu juga bisa menikmati keindahan arsitektur dan seni di setiap sudut kampung Arab. Selain itu, harga kuliner yang terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Wisata Lainnya:  Wisata Ziarah Pulau Cangkir: Menikmati Keindahan Alam dan Spiritualitas

Transportasi Menuju Wisata Ampel

Wisata Ampel bisa dijangkau dengan berbagai jenis transportasi. Kamu bisa menggunakan angkutan umum seperti bus atau angkot. Jika kamu ingin lebih nyaman dan cepat, kamu bisa menggunakan taksi atau ojek online. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dan parkir di area parkir yang sudah disediakan.

Harga Tiket Masuk Wisata Ampel

Tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk wisata Ampel. Wisata Ampel tidak mengenakan tiket masuk, sehingga kamu bisa menikmati keindahan wisata Ampel tanpa perlu membayar biaya masuk. Namun, kamu tetap harus membayar parkir jika kamu menggunakan kendaraan pribadi.

Buka Jam Berapa?

Wisata Ampel buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 23.00. Namun, jika kamu ingin menikmati kuliner khas Arab, kamu bisa datang pada malam hari karena banyak pedagang yang buka pada malam hari.

Hotel Terdekat

Jika kamu ingin menginap di dekat wisata Ampel, kamu bisa memilih beberapa hotel terdekat seperti Hotel Sahid Surabaya, Hotel Santika Pandegiling, atau Hotel Fave Surabaya. Hotel-hotel tersebut memiliki jarak yang cukup dekat dengan wisata Ampel dan memiliki fasilitas yang memadai.

Wisata Lainnya:  Lembah Hijau Lampung - Menikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

Tips Berkunjung ke Wisata Ampel

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke wisata Ampel:

  1. Bawalah uang tunai dalam jumlah yang cukup untuk membeli oleh-oleh dan kuliner khas Arab.
  2. Pakailah pakaian yang sopan dan menutup aurat ketika berkunjung ke masjid atau kampung Arab.
  3. Perhatikan waktu jika kamu ingin menikmati kuliner khas Arab pada malam hari karena banyak pedagang yang tutup lebih awal.
  4. Bawalah kamera untuk mengabadikan momen indahmu di wisata Ampel.
  5. Patuhi aturan dan norma yang berlaku di kampung Arab dan masjid Ampel.

Kesimpulan

Wisata Ampel merupakan wisata yang sangat menarik dan cocok untuk kamu yang ingin merasakan nuansa Arab di Surabaya. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan masjid Ampel, menjelajahi kampung Arab, mencicipi kuliner khas Arab, dan menikmati suasana malam yang romantis. Selain itu, harga kuliner yang terjangkau dan tidak ada tiket masuk menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jangan lupa untuk mematuhi aturan dan norma yang berlaku di kampung Arab dan masjid Ampel. Selamat berkunjung ke wisata Ampel!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *