Wisata Alam Watu Lawang: Keindahan Alam Nan Menawan di Jawa Timur

Posted on

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alamnya. Salah satu destinasi wisata alam yang menawan di Jawa Timur adalah Watu Lawang. Watu Lawang merupakan sebuah perbukitan yang terletak di Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang.

Dengan ketinggian mencapai sekitar 300 meter di atas permukaan laut, Watu Lawang menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Hamparan hijau perkebunan teh dan sawah yang melingkupi perbukitan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Keunikan Watu Lawang

Watu Lawang memiliki keunikan yang membedakannya dari tempat wisata alam lainnya. Salah satu keunikan Watu Lawang adalah batu-batu besar berbentuk melengkung yang terdapat di sepanjang jalur pendakian. Batu-batu tersebut terlihat seperti sebuah gerbang, sehingga tempat ini dinamakan Watu Lawang yang dalam bahasa Jawa berarti “batu gerbang”.

Kemudian, di puncak Watu Lawang terdapat sebuah patung yang merupakan lambang dari Kabupaten Malang. Patung tersebut terbuat dari batu alam setinggi sekitar 10 meter dan menjadi salah satu spot foto favorit para wisatawan.

Wisata Lainnya:  Wisata Bandung 24 Jam: Menikmati Keindahan Kota Bandung Siang dan Malam

Keindahan Alam di Watu Lawang

Keindahan alam di Watu Lawang tidak hanya terlihat dari pemandangan perkebunan teh dan sawah yang hijau di sekitarnya. Di sini, para wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam yang lain, seperti hamparan bunga matahari dan pemandangan kota Malang yang indah dari ketinggian.

Untuk menikmati keindahan alam di Watu Lawang dengan lebih dekat, para wisatawan dapat melakukan pendakian. Meskipun jalur pendakian terbilang cukup menantang, namun pemandangan yang akan dilihat dari atas akan sangat memuaskan.

Fasilitas di Watu Lawang

Untuk memudahkan para wisatawan dalam menikmati keindahan alam di Watu Lawang, pemerintah setempat telah menyediakan beberapa fasilitas. Di antaranya adalah tempat parkir, mushola, warung makan, toilet, dan tempat istirahat.

Selain itu, bagi para wisatawan yang ingin mencoba pengalaman yang lebih menantang, dapat mencoba flying fox yang terdapat di Watu Lawang. Flying fox ini memiliki panjang sekitar 300 meter dan akan membawa para wisatawan melintasi lembah yang indah di Watu Lawang.

Wisata Lainnya:  ASOSIASI PROFESI DI BIDANG USAHA PERJALANAN WISATA DI INDONESIA ADALAH

Cara Menuju Watu Lawang

Untuk menuju ke Watu Lawang, para wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau juga kendaraan umum. Dari Kota Malang, perjalanan menuju Watu Lawang memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan melewati Jalan Raya Tumpang. Kemudian, para wisatawan dapat memarkir kendaraannya di area parkir yang telah disediakan.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati keindahan alam di Watu Lawang, para wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000/orang. Harga ini terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan keindahan alam yang akan ditemukan di sini.

Keindahan Sunrise dan Sunset di Watu Lawang

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan sunrise atau sunset di Watu Lawang, dapat menginap di penginapan yang terdapat di sekitar area wisata. Para pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunrise yang memukau dari puncak Watu Lawang atau menikmati keindahan sunset di sekitar perbukitan.

Penutup

Watu Lawang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menawan di Jawa Timur. Keindahan alam yang luar biasa indah, jalur pendakian yang menantang, serta fasilitas yang tersedia membuat Watu Lawang menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah di Watu Lawang dan selamat menikmati keindahan alam Indonesia.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *