Wisata Air Terjun Kampar: Keindahan Alam Sumatera Barat

Posted on

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan keindahan alamnya. Wisata air terjun Kampar menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Sumatera Barat. Air terjun ini terletak di Kabupaten Kampar, Riau dan memiliki keindahan yang sangat memukau.

Keindahan Wisata Air Terjun Kampar

Wisata air terjun Kampar memiliki keindahan yang sangat memukau. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 80 meter dan memiliki tiga tingkat air terjun yang memukau. Keindahan air terjun ini semakin terlihat saat musim hujan tiba. Air terjun ini akan semakin deras dan mengalir dengan kuat.

Tidak hanya keindahan alamnya saja, tetapi wisata air terjun Kampar juga memiliki keunikan tersendiri. Di sekitar air terjun terdapat tebing-tebing batu yang membuat suasana semakin indah. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat hutan yang masih asri dan alami.

Wisata Lainnya:  Mandiri Kota Wisata: Tempat Wisata yang Menarik di Indonesia

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Air Terjun Kampar

Wisata air terjun Kampar juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk para pengunjung. Terdapat tempat parkir yang luas, toilet, warung makan, dan tempat istirahat yang nyaman. Fasilitas yang tersedia ini tentu dapat memudahkan para pengunjung untuk menikmati keindahan air terjun Kampar.

Keunikan Budaya di Sekitar Wisata Air Terjun Kampar

Tidak hanya keindahan alamnya saja, tetapi wisata air terjun Kampar juga memiliki keunikan budaya yang tidak kalah menarik. Di sekitar wisata air terjun Kampar terdapat desa-desa yang masih menjaga kearifan lokalnya.

Salah satu keunikan budaya yang ada di sekitar air terjun Kampar adalah adat makan bersanding. Adat makan bersanding merupakan sebuah adat yang dilakukan pada acara pernikahan. Pada acara ini, kedua mempelai akan duduk bersanding sambil menikmati hidangan khas Sumatera Barat.

Cara Menuju Wisata Air Terjun Kampar

Untuk menuju wisata air terjun Kampar, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti jalan raya Pekanbaru-Bangkinang dan berbelok ke arah desa Koto Baru. Kemudian, ikuti jalan tersebut hingga sampai di wisata air terjun Kampar.

Wisata Lainnya:  Griya Mawar Wisata: Tempat Liburan Asri di Tengah Kota

Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan bus atau travel dari Pekanbaru ke Bangkinang. Setelah sampai di Bangkinang, Anda bisa menggunakan angkutan umum berupa ojek atau taksi untuk menuju wisata air terjun Kampar.

Biaya Masuk ke Wisata Air Terjun Kampar

Untuk masuk ke wisata air terjun Kampar, Anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya ini sangat terjangkau jika dibandingkan dengan keindahan alam yang akan Anda temukan di wisata air terjun Kampar.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Wisata Air Terjun Kampar

Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata air terjun Kampar adalah saat musim hujan tiba. Pada saat ini, air terjun akan mengalir dengan deras dan semakin memukau. Selain itu, cuaca pada saat musim hujan juga cenderung lebih sejuk dan segar.

Akhir Kata

Wisata air terjun Kampar merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Sumatera Barat. Keindahan alamnya yang memukau, fasilitas yang memadai, keunikan budaya di sekitarnya, serta biaya masuk yang terjangkau membuat wisata air terjun Kampar menjadi tempat yang sangat recommended untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera dan capture keindahan alamnya ya!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *