Tiket Masuk Wisata Sejarah BENTENG PORTUGIS

Tiket Masuk Wisata Sejarah BENTENG PORTUGIS Jepara

Posted on

Jepara tidak hanya dikenal dengan kerajinan ukirnya. Salah satu daerah di Jawa Tengah itu ternyata memiliki tujuan rekreasi yang berharga riwayat komplet dengan keelokan alam yang tetap terlindungi. Tempat itu ialah Benteng Portugis yang ada di timur laut Kota Jepara. Benteng warisan periode penjajahan ini tawarkan rekreasi riwayat antara puing-puing benteng dengan pemandangan Laut Karimunjawa yang menawan.

Tiket Masuk Benteng Portugis

Terhitung sejak November 2019, tempat wisata pantai di Jepara dapat didatangi dengan gratis di hari biasa. Tetapi, pengunjung dikenai ongkos bila bertandang di akhir minggu, hari liburan nasional, minggu syawalan, dan liburan tahun akhir.

Jam Operasional

Obyek wisata Benteng Portugis Jepara dibuka untuk umum tiap hari kerja atau hari liburan. Umumnya lawatan bertambah di akhir minggu atau saat liburan panjang.

Pesona Benteng Portugis

Benteng Portugis berada di Dusun Banyumanis, Kabupaten Jepara, Jawa tengah. Sekarang ini, Benteng Portugis sebagai salah satunya tujuan rekreasi unggulan Jepara yang diatur oleh pemerintahan. Ciri-ciri uniknya ialah gerbang warna kuning gading memiliki ukuran raksasa dengan beberapa pilar penunjang yang tinggi membubung.

Di teritori rekreasi ini, pengunjung dapat saksikan secara langsung puing-puing benteng yang dibuat pada era ke-16 dan berekreasi disekitaran pantai berpasir hitam dengan panorama yang menarik

Wisata Lainnya:  Wisata Asstro: Destinasi Wisata yang Sangat Menarik untuk Dikunjungi

Reruntuhan Benteng

Benteng Portugis merupakan peninggalan Kerajaan Mataran pada periode pemerintah Sultan Agung pada tahun 1632. Waktu itu, Mataram membuat kesepakatan kerja-sama dengan faksi Portugis. Pembangunan benteng ini sebagai hasil kesepakatan itu. Maksudnya, sebagai pusat pertahanan dari faksi Belanda (VOC) dan pengamanan lajur pelayaran.

Bila pertama kalinya bertandang kesini, pengunjung kemungkinan menduga jika gerbang besar sebagai pintu masuk sebagai benteng yang diartikan. Tetapi, benteng yang sebetulnya ada di atas bukit. Bukit ini menjuru ke laut dan dijepit dua teluk. Puing-puing yang masih ada dan dapat disaksikan sampai sekarang ini berbentuk pagar yang dibuat dari batu padas. Untuk ke arah puing-puing ini, pengunjung harus naiki serangkaian anak tangga ke atas bukit. Pada bagian utara ada dinding batu dengan beberapa lubang yang diperhitungkan tempat untuk menempatkan meriam ke laut.

Pantai Karang Dan Pasir Hitam

Benteng Portugis ini berada di atas bukit yang menghadap langsung ke Selat Karimunjawa untuk mempermudah pengintaian. Di kaki bukit, terbentang pantai dengan pasir warna hitam. Pantai ini disebutkan sebagai Pantai Benteng Portugis.

Pantai ini mayoritas dihias oleh batu karang kehitaman yang menjuru ke laut. Karena kedalaman lautnya yang cukup beresiko, ada larangan untuk berenang. Tetapi, pelancong dibolehkan untuk berjalan pada atas batu-batuan dan di tembok sejauh pesisirnya. Untuk fans olahraga memancing, teritori ini dapat menjadi spot memancing ikan yang asyik.

Wisata Lainnya:  Villa Wanayasa Wisata Outbound: Tempat Seru untuk Aktivitas Luar Ruangan

Disekitaran pesisir, ada bentangan rumput dan gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat. Terkadang ada pengunjung yang menyengaja melangsungkan alas dan berekreasi di sini. Pasti membahagiakan rekreasi bersama orang tersayang sekalian dengarkan debur ombak dan nikmati sepoi-sepoi angin laut.

Pulau Mandalika

Pemandangan lainnya yang dapat disaksikan dari sekitaran benteng ialah kehadiran Pulau Mandalika. Pulau kecil ini cuma memiliki jarak sekitaran 2 km dari Dusun Donorejo. Nelayan di tempat umumnya cari ikan di Karimunjawa, terhitung disekitaran Pulau Mandalika ini.

Pelancong berpeluang berkunjung pulau ini memakai perahu. Biayanya bermacam, sama sesuai hasil perundingan dengan nelayan pemilik perahu. Pulau ini mempunyai air laut yang jernih tetapi penuh batu karang yang curam, hingga tidak pas untuk berenang. Tetapi bila ingin cari pengalaman baru, tidak ada kelirunya coba bertandang ke situ.

Berburu Foto Ciamik

Wisata tidak terasa komplet bila belum berpose. Entahlah itu photo pemandangan atau swafoto, Benteng Portugis banyak memiliki spot yang memikat buat itu. Dimulai dari gerbang masuknya yang istimewa, tempat bukit, sampai pantai.

Gerbang masuk benteng sudah pasti jadi spot wajib buat berpose. Kemudian, dokumentasikan peristiwa dari dalam gerbang dengan panorama Laut Karimunjawa dan Pulau Mandalika. Di tempat dalam juga ada beberapa beberapa tempat memikat buat berpose.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Wisata Sawah Pematang Johar

Janganlah lupa mendokumentasikan peristiwa di atas bukit. Ada gardu pandang dan dekor berwujud perahu yang menghadap langsung ke laut. Berfoto di ujung teluk atau batu-batuan karang yang tercipta dengan alami juga tidak kalah hebat dan membahagiakan.

Fasilitas Benteng Portugis

Benteng Portugis mempunyai sarana umum yang lumayan komplet dan mencukupi. Sarana itu adalah lapangan parkir yang lega, toilet, masjid, kios makanan dan oleh-oleh, dan beberapa opsi pavilion untuk home stay atau bermalam untuk pengunjung yang ingin menginap. Ada tempat istirahat dengan gazebo dan bangku-bangku dan beberapa dekor yang menyengaja dibikin pengurus sebagai object swafoto.

Lokasi Benteng Portugis

Benteng ini ada di Jepara, lebih persisnya di Jalan Benteng Portugis – Tayu Km. 48, Banyumanis, Donorejo, Kabupaten Jepara, Jawa tengah. Lokasinya lebih gampang dijangkau memakai kendaraan individu karena tidak ada transportasi umum yang lewat. Kondisi akses jalan mulus, tetapi sedikit ada sisi yang hancur dan berlubang saat dekati lokasi rekreasi.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *