Tiket Masuk Air Terjun Curug Lawe Benowo Semarang

Tiket Masuk Air Terjun Curug Lawe Benowo Semarang, Nikmati Pesona Keindahan Alam

Posted on

Satu lagi destinasi wisata alam berbentuk air terjun yang pas untuk beberapa pencinta rekreasi alam. Curug Lawe ada di teritori Gunung Ungaran, Semarang.

Terletak yang ada dalam hutan dan dilingkupi tebing memang memerlukan usaha lebih buat dapat dicapai. Tetapi, pengalaman dan panorama yang dijajakan wisata alam ini adalah yang sayang untuk dilewati bila liburan di Semarang.

Tiket Masuk Air Terjun Curug Lawe Benowo Semarang

Air Terjun ini terhitung wisata rekreasi alam yang murah-meriah. Biaya yang dibayarkan telah terhitung biaya ke Curug Benowo yang ada di satu kawasan.

  • Harga Tiket Masuk
  • Ticket Masuk Rp8.000
  • Anak umur 5 tahun ke atas berlaku harga ticket normal.
  • Jam Operasional

Curug Lawe dibuka tiap hari untuk kelompok umum. Tetapi, lebih bagus menghindar lawatan pada musim hujan karena jalan yang dilewati terlalu licin dan beresiko.

  • Jam Buka
  • Jam Operasional 08.00 – 16.00 WIB
  • Batasan Optimal Check In 14.00 WIB
  • Keelokan Curug Lawe

Curug Lawe adalah air terjun yang berada di Gunung Ungaran, Semarang. Air terjun ini terlindung oleh hutan dan lereng berwujud setengah lingkaran yang melingkupinya. Tingginya capai kurang-lebih 30 meter dengan jatuhan air yang seperti benang-benang putih. Argumen berikut yang membuat dinamakan ‘lawe’.

Bersama Curug Benowo, tempat wisata ini dikatakan sebagai Curug Lawe Benowo Kalisidi yang dipersingkat jadi CLBK. Kedua air terjun ini tawarkan pemandangan air terjun yang alami dengan keadaan air yang jernih. Disamping itu, sejauh perjalanan ke arah lokasi air terjun, pengunjung akan dimanja oleh situasi hutan dan panorama Puncak Ungaran yang menarik.

Lajur Trekking Melawan

Jalan menuju air terjun cukup meletihkan dan melawan. Jalan setapak yang hendak dilewati berbentuk tepian parit yang bersisian dengan sebuah jurang. Lebar jalan ini cuma sekitaran 40 cm dan cukup dilewati seseorang saja.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan dihibur oleh suara alam. Kombinasi ketenangan hutan yang alami, ditambahkan suara serangga-serangga, dan gemericik air jernih yang mengucur di parit. Parit ini sebagai lajur irigasi buatan yang menyalurkan air langsung dari mata air Gunung Ungaran.

Selainnya panorama hutan dan sungai, pengunjung akan lewat bendungan kecil. Bendungan namanya Sidomble ini dibuat di tahun 1975 untuk penuhi keperluan air Desa Kalisidi. Tempat ini menjadi satu diantara spot foto yang memikat karena menempatkan tulisan ‘We Love CLBK’.

Jembatan Romantis

Salah satunya ikon atau ciri khas dari teritori rekreasi curug ini ialah bermacam jembatan yang hendak dilewati. Jembatan-jembatan ini melintang di atas sungai kecil dan lajur irigasi. Tiap jembatan menyajikan pemandangan yang memikat buat jadi spot photo.

Jembatan Romantis ialah satu antara jembatan yang hendak dilewati sejauh lajur trekking. Jembatan kayu ini berdiri di atas jurang dengan kedalaman sekitaran 20 meter. Jembatan ini sebagai saluran air, hingga bila jadi perhatian baik maka kelihatan air yang mengucur pas di bawah papan kayu yang dijejak. Kekhasan ini jadikan Jembatan Romantis salah satunya spot foto favorite di Curug Lawe.

Pemandangan Curug Lawe

Sesudah lewat lajur trekking dan barisan anak tangga berbatu licin, pengunjung akan datang dalam suatu pos peristirahatan. Pos ini ada di pertigaan jalan. Jalan ke kiri ke arah Curug Benowo, sementara Curug Lawe lewat jalan ke kanan. Jaraknya sekitaran 100 meter dari pertigaan tersebut.

Curug Lawe sebagai air terjun yang dilingkupi oleh tebing berwujud cekung. Dari jarak jauh, air terjun ini seperti benang-benang putih lembut. Airnya yang jernih dan bersih mengucur ke arah sungai kecil berbatu-batu.

Situasi asri dan menentramkan akan berasa sesudah tiba di Curug Lawe. Tempias air yang terikut angin membuat udara disekitaran air terjun jadi lebih sejuk. Pengunjung dapat bermain air atau berenang disekitaran air terjun. Apabila sudah capek, istirahatkan diri di kios makanan yang ada sambil melahap isi perut.

Curug Benowo

Curug Benowo memiliki jarak 1 km dari Curug Lawe. Jalur yang perlu dilewati ke arah air terjun ini cukup melawan, pada jalan berbatu yang licin dan terjal. Air terjunnya mempunyai tinggi sekitaran 20 meter dan ada di lereng yang lebih terbuka. Bila ingin menginap, tempat disekitaran Curug Benowo dapat menjadi lokasi kemping.

Fasilitas Curug Lawe

Sarana yang ada di lokasi wisata ini diantaranya tempat parkir, toilet, masjid, dan pos peristirahatan. Ada kios makanan disekitaran air terjun Lokasi Curug Benowo lumayan luas untuk dipakai sebagai tempat perkemahan untuk pengunjung yang ingin bermalam.

Lokasi Curug Lawe

Tempat wisata air terjun ini ada di Dusun Kalisidi, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa tengah. Air rerun ini masuk ke kawasan Gunung Ungaran. Ada dua alternative jalur ke arah Curug Lawe, yakni dari Semarang lewat Universitas Negeri Semarang Gunungpati atau dari Ungaran lewat Mapagan.

Keduanya akan berjumpa di pertigaan ke Dusun Sumurgunung. Tentukan jalan ke kiri dengan ikuti petunjuk arah ke arah air terjun. Tidak ada angkutan umum yang melewati tempat wisata ini, jadi seharusnya memakai kendaraan pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.