Tempat Wisata di Gianyar Bali: Menikmati Keindahan Alam dan Kebudayaan Bali

Posted on

Bali merupakan destinasi wisata yang populer bagi wisatawan internasional dan domestik. Beragam tempat wisata di Bali menawarkan keindahan alam, budaya, dan kuliner yang khas. Salah satu kawasan wisata yang patut dikunjungi adalah Gianyar, sebuah kabupaten di Bali yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Pura Tirta Empul

Salah satu tempat wisata di Gianyar Bali yang paling terkenal adalah Pura Tirta Empul. Pura ini terletak di Desa Manukaya, Tampaksiring, dan dikenal sebagai tempat ziarah suci bagi umat Hindu. Di dalam pura ini terdapat kolam suci yang diyakini memiliki khasiat penyembuhan dan membersihkan diri dari dosa. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan arsitektur pura yang indah dan pemandangan alam sekitarnya.

Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest adalah hutan kera yang terletak di Desa Padangtegal, Ubud. Di dalam hutan ini, pengunjung dapat berinteraksi dengan kera liar yang berkeliaran bebas di antara pepohonan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dan arsitektur pura di sekitar hutan. Namun, pengunjung disarankan untuk berhati-hati dan tidak memberi makan atau mengganggu kera agar tetap aman dan nyaman selama berkunjung.

Taman Nusa

Taman Nusa adalah sebuah taman budaya yang terletak di Desa Sidan, Gianyar. Di dalam taman ini, pengunjung dapat mempelajari beragam kebudayaan Indonesia dari berbagai daerah, seperti Bali, Jawa, Sumatra, dan Papua. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya tradisional, seperti tari Bali dan wayang kulit. Taman Nusa juga memiliki area wisata kuliner dan souvenir untuk membeli oleh-oleh khas Bali.

Gunung Kawi

Gunung Kawi adalah sebuah situs purbakala yang terletak di Desa Tampaksiring, Gianyar. Situs ini terdiri dari sepuluh candi yang terukir di tebing batu dan dipercaya sebagai makam para raja Bali pada abad ke-11. Di sekitar situs, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam seperti sawah, sungai, dan hutan.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Camping: Menikmati Alam Dalam Kegembiraan

Tukad Cepung Waterfall

Tukad Cepung Waterfall adalah sebuah air terjun yang tersembunyi di antara tebing batu di Desa Pejeng, Gianyar. Pengunjung harus melewati jalur pendakian dan gua sempit untuk mencapai air terjun ini, namun sensasi yang didapat sangatlah mengesankan. Air terjun ini memiliki ciri khas yaitu sinar matahari yang menembus celah tebing dan menciptakan efek cahaya yang indah di dalam gua.

Goa Gajah

Goa Gajah adalah sebuah situs purbakala yang terletak di Desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar. Situs ini terdiri dari gua yang dipercaya sebagai tempat peribadatan pada zaman Hindu-Buddha serta arca dan relief yang diukir di dinding gua. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar dan berfoto di depan pintu masuk gua yang dihiasi patung gajah besar.

Bali Zoo

Bali Zoo adalah sebuah kebun binatang yang terletak di Singapadu, Gianyar. Kebun binatang ini memiliki beragam koleksi hewan dari berbagai belahan dunia, seperti orangutan, gajah, harimau, dan kuda nil. Selain itu, Bali Zoo juga menawarkan pengalaman unik seperti menginap di dalam tenda untuk mendengarkan suara hewan di malam hari dan memberi makan hewan secara langsung.

Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan adalah sebuah museum seni yang terletak di Ubud, Gianyar. Museum ini menyimpan beragam karya seni Bali dari zaman kuno hingga modern, seperti lukisan, patung, dan kerajinan tangan. Selain itu, museum juga memiliki area taman dan kolam renang yang indah untuk menikmati suasana Ubud yang tenang.

Tirta Gangga

Tirta Gangga adalah sebuah taman air yang terletak di Desa Ababi, Karangasem, tetapi masih termasuk dalam wilayah Gianyar. Taman air ini memiliki kolam dan air mancur yang dikelilingi oleh taman yang indah. Pengunjung dapat berenang atau sekadar menikmati keindahan alam dan arsitektur taman yang khas Bali.

Wisata Agro Kintamani

Wisata Agro Kintamani adalah sebuah kebun sayur dan buah yang terletak di Kintamani, Gianyar. Pengunjung dapat belajar tentang cara bercocok tanam dan memetik buah-buahan segar di kebun ini. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur yang indah dari kebun ini.

Pantai Keramas

Pantai Keramas adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Keramas, Blahbatuh, Gianyar. Pantai ini memiliki pasir hitam dan ombak yang cocok untuk berselancar. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dan sunset di pantai ini. Pantai Keramas juga memiliki beberapa hotel dan vila yang dapat dijadikan tempat menginap selama berlibur di Gianyar.

Wisata Lainnya:  Wisata Tigaras: Pesona Keindahan Danau Toba Yang Memikat Hati

Penelokan

Penelokan adalah sebuah titik pandang yang terletak di Kintamani, Gianyar. Dari titik pandang ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur yang indah. Penelokan juga menjadi tempat yang populer untuk menikmati sarapan atau makan siang dengan panorama yang menakjubkan.

Tukad Unda Dam

Tukad Unda Dam adalah sebuah bendungan yang terletak di Desa Unda, Gianyar. Bendungan ini dibangun untuk mengairi sawah dan pertanian di sekitar Gianyar. Namun, kini Tukad Unda Dam juga menjadi tempat wisata yang populer untuk menikmati keindahan alam dan aktivitas seperti berenang, berperahu, atau memancing.

Bali Bird Park

Bali Bird Park adalah sebuah taman burung yang terletak di Desa Batubulan, Sukawati, Gianyar. Taman ini memiliki koleksi lebih dari 1.000 burung dari berbagai jenis dan negara. Selain itu, Bali Bird Park juga menawarkan pengalaman unik seperti berinteraksi dengan burung dan menjelajahi hutan burung.

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park adalah sebuah taman safari dan akuarium yang terletak di Desa Serongga, Gianyar. Taman ini memiliki koleksi hewan dari berbagai belahan dunia, seperti singa, gajah, jerapah, dan ikan laut. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya serta wahana permainan di taman ini.

Wisata Peternakan Kerbau Desa Wisata Blahbatuh

Wisata Peternakan Kerbau Desa Wisata Blahbatuh adalah sebuah wisata peternakan yang terletak di Desa Blahbatuh, Gianyar. Pengunjung dapat belajar tentang cara merawat dan mengendarai kerbau, serta menikmati suasana pedesaan yang tenang. Wisata ini juga menawarkan aktivitas lain seperti memetik sayur dan buah-buahan di kebun.

Pantai Lebih

Pantai Lebih adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Lebih, Gianyar. Pantai ini memiliki pasir hitam dan ombak yang cocok untuk berselancar. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dan kuliner khas Bali seperti nasi campur Bali dan sate lilit.

Desa Taro Elephant Safari Park

Desa Taro Elephant Safari Park adalah sebuah taman gajah yang terletak di Desa Taro, Gianyar. Taman ini memiliki koleksi gajah dari berbagai jenis dan negara. Pengunjung dapat berinteraksi dengan gajah, seperti memberi makan dan berfoto bersama. Selain itu, taman ini juga menawarkan pengalaman unik seperti menyusuri hutan dengan menunggang gajah.

Pantai Saba

Pantai Saba adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Saba, Blahbatuh, Gianyar. Pantai ini memiliki pasir hitam dan ombak yang cocok untuk berselancar. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dan sunset di pantai ini. Pantai Saba juga menjadi tempat yang populer untuk memancing ikan laut.

Wisata Lainnya:  Menjelajahi Keindahan Labirin Coban Rondo di Kota Batu

Lembah Tukad Melangit

Lembah Tukad Melangit adalah sebuah lembah yang terletak di Desa Antugan, Gianyar. Lembah ini memiliki panorama yang indah dan cocok untuk berjalan-jalan atau trekking. Di dalam lembah ini, pengunjung juga dapat menikmati air terjun dan kolam alami yang sejuk.

Bali ATV Ride

Bali ATV Ride adalah sebuah aktivitas petualangan yang menarik di Gianyar. Pengunjung dapat menaiki ATV (all-terrain vehicle) dan menjelajahi beragam jalur di pedesaan Bali, seperti sawah, hutan, dan sungai. Aktivitas ini cocok untuk orang dewasa dan anak-anak yang suka tantangan.

Pantai Cucukan

Pantai Cucukan adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Medahan, Blahbatuh, Gianyar. Pantai ini memiliki pasir hitam dan ombak yang cocok untuk berselancar. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dan sunset di pantai ini. Pantai Cucukan juga menjadi tempat yang populer untuk memancing ikan laut.

Agro Wisata Sari Amerta

Agro Wisata Sari Amerta adalah sebuah kebun sayur dan buah yang terletak di Desa Carangsari, Petang, Gianyar. Pengunjung dapat belajar tentang cara bercocok tanam dan memetik buah-buahan segar di kebun ini. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan aktivitas seperti bersepeda dan berenang di kolam renang.

Pura Gunung Kawi Sebatu

Pura Gunung Kawi Sebatu adalah sebuah pura yang terletak di Desa Sebatu, Tegallalang, Gianyar. Pura ini dikenal sebagai tempat ziarah suci bagi umat Hindu dan memiliki kolam suci yang indah. Di sekitar pura ini, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam seperti hutan dan sawah.

Wisata Peternakan Sapi Desa Wisata Blahbatuh

Wisata Peternakan Sapi Desa Wisata Blahbatuh adalah sebuah wisata peternakan yang terletak di Desa Blahbatuh, Gianyar. Pengunjung dapat belajar tentang cara merawat dan mengendarai sapi, serta menikmati suasana pedesaan yang tenang. Wisata ini juga menawarkan aktivitas lain seperti memetik sayur dan buah-buahan di kebun.

Taman Elephant Safari Lodge

Taman Elephant Safari Lodge adalah sebuah hotel yang terletak di Desa Taro, Gianyar. Hotel ini memiliki konsep penginapan yang unik yaitu menginap di dalam kandang gajah. Pengunjung dapat berinteraksi dengan gajah, seperti memberi makan dan berfoto bersama. Selain itu, hotel ini juga menawarkan pengalaman unik seperti menyus

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *