Tempat Wisata di Blitar untuk Keluarga: Menikmati Indahnya Kota Kelahiran Bung Karno

Posted on

Blitar adalah kota kecil yang terletak di daerah Jawa Timur. Meskipun terbilang kecil, Blitar memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati oleh keluarga. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Blitar yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

1. Museum Bung Karno

Museum Bung Karno adalah salah satu tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi. Museum ini berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta, tepat di depan rumah kelahiran Bung Karno. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai koleksi pribadi Bung Karno, mulai dari foto-foto, buku-buku, hingga barang-barang kenangan lainnya.

2. Candi Penataran

Candi Penataran adalah salah satu candi terbesar di Indonesia dan berlokasi di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

3. Air Terjun Coban Talun

Air Terjun Coban Talun terletak di Desa Kepanjen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan terletak di tengah hutan pinus yang asri. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang di sekitarnya dan juga bermain air di bawah air terjun.

4. Taman Legi

Taman Legi adalah taman kota yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Blitar. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai wahana seperti sepeda air, perahu bebek, dan juga kereta mini. Selain itu, di Taman Legi juga sering diadakan berbagai acara seperti konser musik dan pameran seni.

5. Kampung Warna-Warni Jodipan

Memang tidak berada di Blitar, tapi destinasi wisata Kampung Warna-Warni Jodipan yang berada di Malang juga bisa Anda jadikan pilihan. Di sini, pengunjung bisa melihat rumah-rumah yang dihiasi dengan warna-warni cerah yang indah. Selain itu, di kampung ini juga sering diadakan berbagai acara seni dan budaya.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Hombang Hasundutan: Nikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

6. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk berenang bersama keluarga. Di sekitar pantai juga terdapat banyak warung makan yang menjual makanan laut segar.

7. Candi Simping

Candi Simping adalah candi Hindu yang terletak di Desa Simping, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan kaya akan relief-relief yang menggambarkan kisah-kisah dari kitab Ramayana dan Mahabharata. Pengunjung bisa menikmati keindahan arsitektur candi dan juga berfoto dengan latar belakang yang indah.

8. Taman Makam Pahlawan

Taman Makam Pahlawan adalah tempat peristirahatan terakhir bagi para pahlawan yang gugur dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Taman ini terletak di Jalan Pahlawan, Blitar dan memiliki luas sekitar 11 hektar. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai makam para pahlawan dan juga mengenang jasa-jasa mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

9. Coban Rondo

Coban Rondo adalah air terjun yang terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Meskipun tidak berada di Blitar, Coban Rondo cukup dekat dan bisa menjadi pilihan destinasi wisata bersama keluarga. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan terletak di tengah hutan pinus yang asri.

10. Goa Tetes

Goa Tetes adalah goa yang terletak di Desa Kedungrejo, Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar. Goa ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah dan mengagumkan. Pengunjung bisa menikmati keindahan goa dan juga mencoba berbagai wahana seperti flying fox dan juga paintball.

11. Pantai Serang

Pantai Serang terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk berselancar. Di sekitar pantai juga terdapat banyak warung makan yang menjual makanan laut segar.

12. Candi Sawentar

Candi Sawentar adalah candi Hindu yang terletak di Desa Sawentar, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan kaya akan relief-relief yang menggambarkan kisah-kisah dari kitab Ramayana dan Mahabharata. Pengunjung bisa menikmati keindahan arsitektur candi dan juga berfoto dengan latar belakang yang indah.

13. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari adalah taman bermain yang berlokasi di Jalan Raya Blitar-Kediri, Blitar. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai wahana seperti roller coaster, waterboom, dan juga taman bunga. Selain itu, di Taman Wisata Matahari juga sering diadakan berbagai acara seperti konser musik dan pameran seni.

Wisata Lainnya:  Jenis-jenis Wisata: Menikmati Keindahan Alam di Indonesia

14. Goa Putri

Goa Putri adalah goa yang terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Goa ini memiliki keunikan yaitu adanya air terjun yang mengalir di dalam goa. Pengunjung bisa menikmati keindahan goa dan juga mencoba berbagai wahana seperti flying fox dan juga paintball.

15. Pantai Tambak Bayan

Pantai Tambak Bayan terletak di Desa Bayan, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk berenang bersama keluarga. Di sekitar pantai juga terdapat banyak warung makan yang menjual makanan laut segar.

16. Candi Kidal

Candi Kidal adalah candi Hindu yang terletak di Desa Kidal, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan kaya akan relief-relief yang menggambarkan kisah-kisah dari kitab Ramayana dan Mahabharata. Pengunjung bisa menikmati keindahan arsitektur candi dan juga berfoto dengan latar belakang yang indah.

17. Taman Rekreasi Selecta

Taman Rekreasi Selecta adalah taman bermain yang berlokasi di Jalan Raya Selecta, Malang. Meskipun tidak berada di Blitar, Taman Rekreasi Selecta cukup dekat dan bisa menjadi pilihan destinasi wisata bersama keluarga. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai wahana seperti roller coaster, waterboom, dan juga taman bunga.

18. Coban Pelangi

Coban Pelangi adalah air terjun yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Meskipun tidak berada di Blitar, Coban Pelangi cukup dekat dan bisa menjadi pilihan destinasi wisata bersama keluarga. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak di tengah hutan pinus yang asri.

19. Pantai Tambakrejo Kidul

Pantai Tambakrejo Kidul terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk berenang bersama keluarga. Di sekitar pantai juga terdapat banyak warung makan yang menjual makanan laut segar.

20. Taman Hutan Raya Raden Soerjo

Taman Hutan Raya Raden Soerjo adalah hutan kota yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Blitar. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang asri dan juga berbagai wahana seperti sepeda air, perahu bebek, dan juga kereta mini. Selain itu, di Taman Hutan Raya Raden Soerjo juga sering diadakan berbagai acara seperti konser musik dan pameran seni.

Wisata Lainnya:  Wisata Umroh - Menikmati Perjalanan Suci ke Tanah Suci

21. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi adalah candi Hindu yang terletak di Desa Tegowangi, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan kaya akan relief-relief yang menggambarkan kisah-kisah dari kitab Ramayana dan Mahabharata. Pengunjung bisa menikmati keindahan arsitektur candi dan juga berfoto dengan latar belakang yang indah.

22. Wisata Edukasi Peternakan Sapi

Wisata Edukasi Peternakan Sapi adalah tempat wisata yang berlokasi di Desa Gempolan, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Di sini, pengunjung bisa melihat langsung proses beternak sapi dan juga mencoba berbagai olahan makanan sapi yang lezat. Selain itu, di tempat ini juga sering diadakan berbagai acara edukasi tentang peternakan sapi.

23. Pantai Wates

Pantai Wates terletak di Desa Wates, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk berenang bersama keluarga. Di sekitar pantai juga terdapat banyak warung makan yang menjual makanan laut segar.

24. Taman Wisata Tirta Nirwana

Taman Wisata Tirta Nirwana adalah taman bermain yang berlokasi di Jalan Raya Blitar-Malang, Blitar. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai wahana seperti roller coaster, waterboom, dan juga taman bunga. Selain itu, di Taman Wisata Tirta Nirwana juga sering diadakan berbagai acara seperti konser musik dan pameran seni.

25. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung terletak di Desa Dlundung, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak di tengah hutan pinus yang asri. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang di sekitarnya dan juga bermain air di bawah air terjun.

26. Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah candi Hindu yang terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Meskipun tidak berada di Blitar, Candi Sukuh cukup dekat dan bisa menjadi pilihan destinasi wisata bersama keluarga. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat unik dan berbeda dengan candi-candi Hindu lainnya di Indonesia.

27. Pantai Karanggongso

Pantai Karanggong

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *