Tempat Wisata Banyumas: Menikmati Keindahan Alam Jawa Tengah

Posted on

Banyumas merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Terletak di kaki Gunung Slamet, Banyumas memiliki keindahan alam yang memukau dan juga beragam atraksi wisata yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Berikut adalah beberapa tempat wisata Banyumas yang wajib dikunjungi:

1. Pantai Widuri

Pantai Widuri terletak di Desa Karanggandrung, Kecamatan Cilacap Utara, Banyumas. Pantai yang masih asri ini memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti bermain bola pantai atau snorkeling.

2. Air Terjun Curug Ceheng

Curug Ceheng merupakan air terjun yang terletak di Desa Ceheng, Kecamatan Karanglewas, Banyumas. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter ini memiliki keindahan alam yang memukau. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekitar dan juga berenang di kolam air terjun.

3. Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah yang memiliki ketinggian sekitar 3.428 meter. Gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Banyumas dan Purbalingga. Bagi para pendaki, Gunung Slamet merupakan salah satu destinasi wisata yang menantang dan menyenangkan. Para pendaki bisa menikmati keindahan alam sekitar dan juga menikmati pemandangan yang indah dari puncak gunung.

4. Goa Petruk

Goa Petruk terletak di Kecamatan Sumpiuh, Banyumas. Goa ini memiliki panjang sekitar 250 meter dan memiliki keindahan stalaktit dan stalakmit yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan goa dan juga menikmati berbagai kegiatan seperti camping atau hiking.

Wisata Lainnya:  Wisata Religi Tuban: Menikmati Keindahan dan Keharmonisan Spiritual

5. Pantai Ketawang

Pantai Ketawang terletak di Desa Sumpiuh Wetan, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti bermain bola pantai atau snorkeling.

6. Wisata Alam Kedung Kayang

Wisata Alam Kedung Kayang terletak di Desa Kedung Kayang, Kecamatan Kebasen, Banyumas. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air terjun dan kolam yang jernih. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berenang di kolam alami.

7. Wisata Taman Bunga Nusantara

Wisata Taman Bunga Nusantara terletak di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Patikraja, Banyumas. Taman ini menawarkan keindahan bunga-bunga yang indah dan menarik. Wisatawan bisa menikmati keindahan bunga dan juga berbagai kegiatan seperti berfoto-foto atau piknik keluarga.

8. Sungai Serayu

Sungai Serayu merupakan sungai yang melintasi wilayah Banyumas dan Purbalingga. Sungai ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air yang jernih dan juga pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti rafting atau camping.

9. Wisata Air Panas Guci

Wisata Air Panas Guci terletak di Desa Guci, Kecamatan Banyumas, Banyumas. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air panas yang alami. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berendam di air panas yang menyegarkan.

10. Desa Wisata Kandri

Desa Wisata Kandri terletak di Kecamatan Kandeman, Banyumas. Desa ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan suasana pedesaan yang asri. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti bersepeda atau camping.

11. Pemandian Air Panas Baturraden

Pemandian Air Panas Baturraden terletak di Desa Baturraden, Kecamatan Baturraden, Banyumas. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air panas yang alami. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berendam di air panas yang menyegarkan.

12. Wisata Religi Makam Pangeran Diponegoro

Wisata Religi Makam Pangeran Diponegoro terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Banyumas, Banyumas. Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir Pangeran Diponegoro, salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia. Wisatawan bisa menikmati keindahan sejarah dan juga belajar mengenai perjuangan Pangeran Diponegoro.

Wisata Lainnya:  Wisata Kepahiang: Pesona Alam yang Menawan

13. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan terletak di Desa Bandar Kulon, Kecamatan Patikraja, Banyumas. Bukit ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti hiking atau camping.

14. Wisata Alam Kedung Bajus

Wisata Alam Kedung Bajus terletak di Desa Kedung Bajus, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air terjun dan kolam yang jernih. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berenang di kolam alami.

15. Wisata Alam Loloan Kidul

Wisata Alam Loloan Kidul terletak di Desa Kalibening, Kecamatan Kalibening, Banyumas. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air terjun dan kolam yang jernih. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berenang di kolam alami.

16. Wisata Air Terjun Gereyong

Wisata Air Terjun Gereyong terletak di Desa Gereyong, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air terjun yang tinggi. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berenang di kolam alami.

17. Museum RA Kartini

Museum RA Kartini terletak di Desa Cempaka, Kecamatan Kemranjen, Banyumas. Museum ini merupakan tempat untuk mengenang sosok RA Kartini, seorang tokoh perempuan yang memperjuangkan hak-hak perempuan di Indonesia. Wisatawan bisa belajar mengenai sejarah dan juga mengenal sosok RA Kartini.

18. Wisata Sungai Citanduy

Wisata Sungai Citanduy terletak di wilayah Banyumas dan juga Kabupaten Cilacap. Sungai ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air yang jernih dan juga pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti rafting atau camping.

19. Wisata Alam Leuwi Hejo

Wisata Alam Leuwi Hejo terletak di Desa Sumingkir, Kecamatan Karangkobar, Banyumas. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air terjun dan kolam yang jernih. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berenang di kolam alami.

20. Wisata Alam Telaga Remis

Wisata Alam Telaga Remis terletak di Desa Cikadu, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan danau yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti bersepeda atau piknik keluarga.

21. Wisata Alam Batu Raden

Wisata Alam Batu Raden terletak di Desa Batu Raden, Kecamatan Baturraden, Banyumas. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti hiking atau camping.

Wisata Lainnya:  Wisata Goa Jepang: Menikmati Keindahan Goa Bersejarah di Malang

22. Wisata Alam Gunung Merbabu

Gunung Merbabu terletak di antara wilayah Kabupaten Magelang, Boyolali, dan juga Banyumas. Gunung ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti hiking atau camping.

23. Wisata Alam Gunung Merapi

Gunung Merapi terletak di antara wilayah Kabupaten Magelang, Boyolali, dan juga Banyumas. Gunung ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti hiking atau camping.

24. Wisata Alam Gunung Sumbing

Gunung Sumbing terletak di antara wilayah Kabupaten Magelang, Temanggung, dan juga Banyumas. Gunung ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti hiking atau camping.

25. Wisata Alam Gunung Sindoro

Gunung Sindoro terletak di antara wilayah Kabupaten Temanggung, Wonosobo, dan juga Banyumas. Gunung ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti hiking atau camping.

26. Wisata Religi Makam Sunan Kudus

Wisata Religi Makam Sunan Kudus terletak di Desa Kudus, Kecamatan Sokaraja, Banyumas. Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir Sunan Kudus, salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia. Wisatawan bisa menikmati keindahan sejarah dan juga belajar mengenai perjuangan Sunan Kudus.

27. Wisata Alam Telaga Purwokerto

Wisata Alam Telaga Purwokerto terletak di Kecamatan Purwokerto Utara, Banyumas. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan danau yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti bersepeda atau piknik keluarga.

28. Wisata Alam Gunung Prahu

Gunung Prahu terletak di antara wilayah Kabupaten Wonosobo dan Banyumas. Gunung ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga berbagai kegiatan seperti hiking atau camping.

29. Wisata Alam Gunung Lawu

Gunung Lawu terletak di antara wilayah Kabupaten Karanganyar, Magetan, dan juga Banyumas. Gunung ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan pemandangan yang indah. Wis

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *