Taman Wisata Purbasari: Wisata Alam Indah di Tengah Kota

Posted on

Taman Wisata Purbasari adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di tengah kota Purwakarta, Jawa Barat. Taman ini memiliki luas sekitar 30 hektar dan terdiri dari hutan, danau, dan tempat-tempat rekreasi yang menarik.

Sejarah Taman Wisata Purbasari

Taman Wisata Purbasari awalnya merupakan lahan milik PT. Purbasari yang kemudian dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga pada tahun 2005. Hutan yang ada di dalamnya juga pernah menjadi tempat latihan prajurit TNI. Setelah beberapa tahun, taman ini kemudian diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Purwakarta dan diresmikan sebagai tempat wisata pada tahun 2014.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Wisata Purbasari

Taman Wisata Purbasari memiliki berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, di antaranya:

  • Area permainan anak – Terdapat beberapa wahana permainan anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan sepeda mini yang dapat digunakan oleh anak-anak.
  • Kolam renang – Taman Wisata Purbasari memiliki kolam renang yang bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin berenang. Kolam renang ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kursi, payung, dan jaring pengaman.
  • Tempat berkemah – Bagi pengunjung yang ingin bermalam di taman ini, tersedia tempat berkemah dengan fasilitas seperti tenda, alas tidur, dan perlengkapan memasak.
  • Spot foto – Taman Wisata Purbasari memiliki beberapa spot foto yang menarik, seperti jembatan kayu, air terjun buatan, dan pohon-pohon besar yang bisa dijadikan sebagai latar belakang foto.
  • Rumah makan – Di dalam taman ini terdapat beberapa rumah makan yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman.
Wisata Lainnya:  Wisata Paringin: Pesona Alam yang Menakjubkan di Kalimantan Selatan

Keindahan Alam yang Menawan

Taman Wisata Purbasari terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan sejuk. Di dalam taman ini terdapat hutan yang masih alami dengan berbagai jenis pohon dan tumbuhan. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan danau buatan yang memiliki air yang jernih dan segar.

Selain itu, terdapat juga beberapa spot menarik seperti air terjun buatan yang mengalir dari atas tebing dan jembatan kayu yang melintasi danau. Suasana yang tenang dan sejuk membuat taman ini cocok sebagai tempat untuk melepas penat dan bersantai.

Jalur Pendakian ke Puncak Bukit

Untuk pengunjung yang suka dengan aktivitas pendakian, terdapat jalur pendakian ke puncak bukit yang terletak di dalam taman. Dari puncak bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Purwakarta dari ketinggian. Namun, jalur pendakian ini cukup menantang dan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai puncak.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Purbasari

Harga tiket masuk Taman Wisata Purbasari cukup terjangkau, yaitu Rp10.000 per orang pada hari biasa dan Rp12.500 per orang pada hari libur. Selain itu, pengunjung yang membawa kendaraan juga akan dikenai biaya parkir sebesar Rp5.000 per kendaraan.

Wisata Lainnya:  Laporan Perjalanan Wisata ke Malang

Bagaimana Cara Menuju Taman Wisata Purbasari?

Taman Wisata Purbasari terletak di Jalan Raya Purbasari, Kelurahan Purbasari, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Untuk menuju taman ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus atau taksi. Dari pusat kota Purwakarta, taman ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10-15 menit.

Kesimpulan

Taman Wisata Purbasari merupakan destinasi wisata yang menarik di tengah kota Purwakarta. Taman ini memiliki berbagai fasilitas dan keindahan alam yang masih asri dan sejuk. Pengunjung dapat menikmati aktivitas seperti berenang, berkemah, dan pendakian ke puncak bukit. Harga tiket masuk yang terjangkau membuat taman ini cocok sebagai tempat untuk melepas penat dan bersantai bersama keluarga atau teman-teman. Jangan lupa kunjungi Taman Wisata Purbasari untuk pengalaman liburan yang menyenangkan!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *