Taman Wisata Alam Gunung Baung: Mengenal Keindahan Alam di Sumatera Utara

Posted on

Taman Wisata Alam Gunung Baung adalah salah satu tempat wisata yang terletak di kawasan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan alamnya yang masih asri dan belum terlalu banyak dijamah manusia. Di sini, para pengunjung bisa menikmati udara segar, pemandangan yang indah, serta berbagai aktivitas yang menyenangkan.

Sejarah Taman Wisata Alam Gunung Baung

Taman Wisata Alam Gunung Baung dibuka pada tahun 2004 oleh Pemerintah Kabupaten Langkat dengan tujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan ekosistem di kawasan Gunung Baung. Kawasan ini sendiri merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan salah satu kawasan konservasi terbesar di Indonesia. Dalam pengelolaannya, Taman Wisata Alam Gunung Baung bekerja sama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara.

Wisata Lainnya:  Alamat Wisata Durian Banyumas: Nikmati Sensasi Buah Durian Terbaik di Banyumas

Keindahan Alam Taman Wisata Alam Gunung Baung

Taman Wisata Alam Gunung Baung memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Di sini, para pengunjung bisa menikmati pemandangan hutan tropis yang masih asri, sungai yang jernih, serta air terjun yang indah. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang jarang ditemukan di tempat lain. Beberapa di antaranya adalah rafflesia, harimau sumatera, orangutan, dan masih banyak lagi.

Wisata Alam di Taman Wisata Alam Gunung Baung

Di Taman Wisata Alam Gunung Baung, para pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas wisata alam yang menyenangkan. Salah satunya adalah trekking di hutan tropis yang masih asri. Para pengunjung bisa menelusuri hutan sambil menikmati keindahan alam sekitar. Selain itu, di sini juga terdapat air terjun yang indah yang bisa dijadikan sebagai spot foto yang menarik.

Penginapan di Taman Wisata Alam Gunung Baung

Bagi para pengunjung yang ingin menginap di Taman Wisata Alam Gunung Baung, tersedia beberapa penginapan yang bisa dipilih. Penginapan yang tersedia di sini biasanya berupa cottage atau rumah panggung yang dibangun di tengah hutan. Dengan menginap di sini, para pengunjung bisa merasakan suasana alam yang masih asri dan menyegarkan.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Cibinong: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Alam Gunung Baung

Untuk masuk ke Taman Wisata Alam Gunung Baung, para pengunjung harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk di sini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 per orang. Selain itu, untuk pengunjung yang ingin menginap di sini, tersedia paket wisata yang bisa dipilih dengan harga yang bervariasi.

Cara Menuju Taman Wisata Alam Gunung Baung

Taman Wisata Alam Gunung Baung bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, para pengunjung bisa mengikuti rute Medan-Berastagi dan kemudian menuju arah Kabupaten Langkat. Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, para pengunjung bisa naik bus dari Terminal Pinang Baris Medan yang menuju ke Kabupaten Langkat.

Kesimpulan

Taman Wisata Alam Gunung Baung adalah salah satu tempat wisata alam yang sangat indah di Sumatera Utara. Di sini, para pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan tidak terlalu banyak dijamah manusia. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat berbagai aktivitas wisata alam yang menyenangkan dan penginapan yang bisa dipilih. Bagi para wisatawan yang ingin merasakan suasana alam yang masih alami, Taman Wisata Alam Gunung Baung adalah tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *