Rute Wisata Gunung Kelud: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Ketinggian

Posted on

Jika Anda mencari tempat wisata di Jawa Timur yang menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, maka Gunung Kelud bisa menjadi pilihan yang tepat. Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang, dan menjadi salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Tak heran jika Gunung Kelud menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para pendaki dan pecinta alam.

Menjangkau Gunung Kelud

Untuk mencapai Gunung Kelud, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda bisa melewati jalur Malang – Kediri dan Kediri – Blitar. Sedangkan jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik bus jurusan Malang – Kediri atau Blitar – Kediri, lalu turun di terminal Kepanjen. Dari terminal Kepanjen, Anda bisa menggunakan angkutan umum seperti ojek atau travel untuk menuju kaki Gunung Kelud.

Jalur Pendakian

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa Anda pilih untuk mencapai puncak Gunung Kelud. Jalur yang paling sering digunakan adalah jalur pendakian dari Desa Rejoso, Kediri. Jalur ini cukup ramai dan terdapat banyak warung makan dan penginapan di sepanjang jalur. Selain itu, jalur ini juga memiliki pemandangan yang indah dan cukup mudah dilalui, sehingga cocok bagi pendaki pemula.

Wisata Lainnya:  Wisata Cikereteg Bogor - Keindahan Alam Nan Memikat di Bogor

Selain jalur Rejoso, ada juga jalur pendakian dari Desa Sumbergempol, Blitar. Jalur ini lebih menantang dibanding jalur Rejoso, karena memiliki medan yang lebih berat dan terjal. Namun, jalur ini juga menawarkan pemandangan yang lebih spektakuler dan cocok bagi pendaki yang lebih berpengalaman.

Keindahan Gunung Kelud

Saat Anda sampai di puncak Gunung Kelud, Anda akan disambut dengan pemandangan yang luar biasa. Dari puncak, Anda bisa melihat panorama yang sangat luas, termasuk pemandangan kubah lava, danau yang indah, serta kota di sekitar Gunung Kelud. Selain itu, di puncak juga terdapat tempat untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam sambil menikmati makanan dan minuman yang disediakan oleh pedagang di sekitar puncak.

Persiapan Pendakian

Sebelum melakukan pendakian ke Gunung Kelud, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Pertama-tama, pastikan Anda dalam kondisi fisik yang sehat dan siap untuk melakukan pendakian. Selain itu, pastikan Anda membawa perlengkapan yang cukup, seperti jaket tebal, tenda, matras, sleeping bag, dan perlengkapan pendakian lainnya.

Wisata Lainnya:  Kolam Renang Citra Wisata: Tempat Rekreasi Keluarga yang Menyenangkan

Sebelum mendaki, pastikan juga Anda telah melakukan registrasi di pos pendakian dan membayar biaya retribusi. Selain itu, pastikan juga Anda membawa makanan dan minuman yang cukup, karena di sepanjang jalur pendakian tidak terdapat banyak warung makan.

Keselamatan Pendakian

Pendakian ke Gunung Kelud memiliki risiko yang cukup tinggi, terutama jika Anda tidak memperhatikan keselamatan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti petunjuk dan aturan yang diberikan oleh petugas di pos pendakian. Selain itu, pastikan juga Anda membawa perlengkapan keselamatan seperti helm, masker, dan kacamata untuk melindungi diri dari abu vulkanik yang mungkin terjadi.

Kesimpulan

Gunung Kelud menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Timur. Namun, sebelum melakukan pendakian, pastikan Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik dan memperhatikan keselamatan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan alam Gunung Kelud dengan aman dan nyaman.

Post Lainnya:
Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Ungaran yang Lagi Hits

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *