Ranca Upas: Keindahan Alam yang Menakjubkan di Bandung

Posted on

Berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, Ranca Upas adalah sebuah objek wisata yang sangat populer di Bandung. Terletak di kawasan Ciwidey, Ranca Upas menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan serta udara yang sejuk dan segar.

Sejarah Ranca Upas

Sejarah Ranca Upas bermula dari keberadaan sebuah kebun binatang di area tersebut pada tahun 1959. Namun, kebun binatang tersebut akhirnya ditutup pada tahun 1980. Setelah kebun binatang tutup, pemerintah setempat kemudian mengembangkan area tersebut menjadi tempat wisata alam. Dan sejak saat itu, Ranca Upas menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Bandung.

Fasilitas di Ranca Upas

Ranca Upas menawarkan berbagai fasilitas yang membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Salah satu fasilitas yang paling terkenal adalah camping ground. Di sana, pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil berkemah bersama keluarga atau teman-teman.

Wisata Lainnya:  Harga Paket Wisata Bromo 2 Hari 1 Malam

Selain itu, di Ranca Upas juga terdapat kolam renang yang dikelilingi oleh pemandangan pegunungan yang indah. Kolam renang ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berenang atau sekadar bersantai di tepi kolam.

Terdapat juga beberapa wahana permainan, seperti flying fox, paintball, dan ATV. Pengunjung yang ingin mencoba wahana permainan tersebut harus membayar tiket tambahan.

Pemandangan yang Menakjubkan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Ranca Upas menawarkan pemandangan alam yang sangat memukau. Di sana, pengunjung bisa menikmati keindahan hamparan rumput hijau yang luas, danau yang jernih, dan pegunungan yang menjulang tinggi di sekelilingnya.

Di sekitar Ranca Upas juga terdapat beberapa objek wisata alam lain yang tak kalah menarik, seperti Kawah Putih, Situ Patenggang, dan Gunung Tangkuban Perahu. Pengunjung bisa menyusuri objek wisata tersebut dalam satu hari, karena semuanya berada dalam jarak yang relatif dekat.

Akses ke Ranca Upas

Ranca Upas terletak sekitar 45 kilometer dari pusat kota Bandung. Pengunjung yang ingin berkunjung ke sana bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkutan umum. Dari pusat kota Bandung, pengunjung bisa naik angkutan umum menuju Terminal Ciwidey. Setelah itu, pengunjung bisa naik ojek atau taksi untuk sampai ke Ranca Upas.

Wisata Lainnya:  Jembangan Wisata Alam Kebumen: Menikmati Pesona Alam yang Menakjubkan

Biaya Masuk ke Ranca Upas

Untuk masuk ke Ranca Upas, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang. Sedangkan untuk menggunakan fasilitas camping ground dan wahana permainan, pengunjung harus membayar tiket tambahan. Harga tiket ini bisa berbeda-beda tergantung dari jenis wahana yang ingin digunakan.

Kesimpulan

Ranca Upas adalah salah satu objek wisata yang sangat menarik di Bandung. Di sana, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang memukau, serta berbagai fasilitas yang membuat liburan semakin menyenangkan. Jadi, jika kamu sedang berada di Bandung, jangan lupa untuk berkunjung ke Ranca Upas dan rasakan keindahan alamnya.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *