Peta Wisata Jawa Timur: 30 Destinasi Wisata Terbaik

Posted on

Jawa Timur, adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Dari wisata alam, sejarah, religi, kuliner, hingga wisata modern tersedia di Jawa Timur. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Jawa Timur, ada baiknya mempersiapkan peta wisata Jawa Timur sebagai panduanmu. Berikut adalah 30 destinasi wisata terbaik di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi:

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah destinasi wisata alam yang terkenal di Jawa Timur. Gunung Bromo menjadi primadona bagi para pendaki dan pecinta alam. Gunung Bromo memiliki pesona alam yang begitu indah, terlebih saat matahari terbit. Kamu bisa menyaksikan keindahan sunrise dari puncak Gunung Bromo.

2. Pulau Sempu

Pulau Sempu adalah pulau kecil yang terletak di Kabupaten Malang. Pulau Sempu memiliki pantai yang eksotis dan alam yang masih asri. Pulau Sempu menjadi tempat favorit bagi para pecinta alam yang ingin menikmati keindahan alam Jawa Timur.

3. Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah pantai yang terletak di Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar memiliki pesona alam yang memukau dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Pantai Klayar juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta surfing.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah destinasi wisata sejarah yang terkenal di Jawa Timur. Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan memiliki arsitektur yang indah dan kaya akan sejarah. Kamu bisa mengetahui sejarah dan kebudayaan Jawa kuno melalui Candi Prambanan.

5. Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah destinasi wisata alam yang terkenal di Jawa Timur. Kawah Ijen memiliki pesona alam yang begitu indah dengan danau asam serta kawah yang aktif. Kawah Ijen juga memiliki pemandangan sunrise yang begitu memukau.

Wisata Lainnya:  Harga Tiket Wisata Bhakti Alam Pasuruan: Rute yang Menakjubkan untuk Liburan Anda

6. Pantai Tanjung Papuma

Pantai Tanjung Papuma adalah pantai yang terletak di Jember, Jawa Timur. Pantai Tanjung Papuma memiliki pesona alam yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai Tanjung Papuma juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta fotografi.

7. Trowulan

Trowulan adalah destinasi wisata sejarah yang terkenal di Jawa Timur. Trowulan merupakan situs purbakala Kerajaan Majapahit. Di Trowulan kamu bisa mengetahui sejarah dan kebudayaan Jawa pada era Kerajaan Majapahit.

8. Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo adalah pantai yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pantai Pasir Putih Situbondo memiliki pesona alam yang indah dengan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih dan ombak yang tenang. Pantai Pasir Putih Situbondo juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta diving.

9. Pantai Gua Cina

Pantai Gua Cina adalah pantai yang terletak di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Pantai Gua Cina memiliki pesona alam yang indah dengan tebing batu karang yang menjulang tinggi dan air laut yang jernih. Pantai Gua Cina juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta hiking.

10. Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe adalah destinasi wisata sejarah yang terkenal di Jawa Timur. Monumen Jalesveva Jayamahe merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang jasa TNI AL dalam menjaga kedaulatan laut Indonesia. Kamu bisa mengetahui sejarah perjuangan TNI AL di Monumen Jalesveva Jayamahe.

11. Taman Dayu

Taman Dayu adalah destinasi wisata modern yang terkenal di Jawa Timur. Taman Dayu merupakan resort yang memiliki fasilitas lengkap seperti hotel, golf, kolam renang, dan lain-lain. Taman Dayu cocok untuk kamu yang ingin berlibur dengan keluarga atau pasangan.

12. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen adalah destinasi wisata modern yang terkenal di Jawa Timur. Taman Safari Prigen merupakan taman safari yang memiliki beragam hewan, seperti singa, harimau, dan lain-lain. Kamu bisa berkeliling Taman Safari Prigen dengan menggunakan mobil atau kereta.

13. Pantai Boom

Pantai Boom adalah pantai yang terletak di Lumajang, Jawa Timur. Pantai Boom memiliki pesona alam yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai Boom juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta surfing.

14. Sangiran

Sangiran adalah destinasi wisata sejarah yang terkenal di Jawa Timur. Sangiran merupakan situs purbakala manusia purba. Di Sangiran kamu bisa mengetahui sejarah dan evolusi manusia purba di Indonesia.

15. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau adalah pantai yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Teluk Hijau memiliki pesona alam yang indah dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Pantai Teluk Hijau juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta snorkeling dan diving.

Wisata Lainnya:  12 Tempat Wisata di Bumiayu yang Wajib Dikunjungi

16. Goa Gong

Goa Gong adalah destinasi wisata alam yang terkenal di Jawa Timur. Goa Gong adalah gua yang memiliki stalaktit dan stalakmit alami yang indah. Kamu bisa menikmati keindahan Goa Gong dengan menyusuri gua yang terdapat di dalamnya.

17. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih adalah destinasi wisata alam yang terkenal di Jawa Timur. Bukit Jaddih memiliki pesona alam yang indah dengan pemandangan perbukitan yang hijau. Bukit Jaddih juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta hiking.

18. Goa Lowo

Goa Lowo adalah destinasi wisata alam yang terkenal di Jawa Timur. Goa Lowo adalah gua yang memiliki stalaktit dan stalakmit alami yang indah. Kamu bisa menikmati keindahan Goa Lowo dengan menyusuri gua yang terdapat di dalamnya.

19. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng adalah pantai yang terletak di Gunung Kidul, Jawa Timur. Pantai Wedi Ireng memiliki pesona alam yang indah dengan pasir hitam yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai Wedi Ireng juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta surfing.

20. Pantai Sedahan

Pantai Sedahan adalah pantai yang terletak di Gunung Kidul, Jawa Timur. Pantai Sedahan memiliki pesona alam yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai Sedahan juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta snorkeling dan diving.

21. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda adalah destinasi wisata alam yang terkenal di Jawa Timur. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda memiliki luas area hutan yang sangat besar. Kamu bisa menikmati keindahan alam Jawa Timur dengan berjalan-jalan di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

22. Museum Angkut

Museum Angkut adalah destinasi wisata modern yang terkenal di Jawa Timur. Museum Angkut merupakan museum transportasi yang memiliki koleksi kendaraan dari berbagai negara dan era. Kamu bisa mengetahui sejarah transportasi dunia di Museum Angkut.

23. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru adalah pantai yang terletak di Malang, Jawa Timur. Pantai Sendang Biru memiliki pesona alam yang indah dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Pantai Sendang Biru juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta snorkeling dan diving.

24. Museum Mpu Purwa

Museum Mpu Purwa adalah destinasi wisata sejarah yang terkenal di Jawa Timur. Museum Mpu Purwa merupakan museum seni dan budaya Jawa Timur. Kamu bisa mengetahui seni dan budaya Jawa Timur melalui Museum Mpu Purwa.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Cikupa Tangerang

25. Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok adalah pantai yang terletak di Pacitan, Jawa Timur. Pantai Banyu Anjlok memiliki pesona alam yang indah dengan tebing batu karang yang menjulang tinggi dan air laut yang jernih. Pantai Banyu Anjlok juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta hiking.

26. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo adalah destinasi wisata alam yang terkenal di Jawa Timur. Air Terjun Coban Rondo memiliki pesona alam yang indah dengan air terjun yang tinggi dan air yang jernih. Kamu bisa menikmati keindahan alam Jawa Timur di Air Terjun Coban Rondo.

27. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna adalah pantai yang terletak di Malang, Jawa Timur. Pantai Tiga Warna memiliki pesona alam yang indah dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Pantai Tiga Warna juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta snorkeling dan diving.

28. Museum Zoologi Frater Vianney

Museum Zoologi Frater Vianney adalah destinasi wisata sejarah yang terkenal di Jawa Timur. Museum Zoologi Frater Vianney merupakan museum zoologi yang memiliki koleksi hewan dari Indonesia dan luar negeri. Kamu bisa mengetahui tentang spesies hewan yang ada di Indonesia di Museum Zoologi Frater Vianney.

29. Pantai Pasir Putih Watu Karung

Pantai Pasir Putih Watu Karung adalah pantai yang terletak di Pacitan, Jawa Timur. Pantai Pasir Putih Watu Karung memiliki pesona alam yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai Pasir Putih Watu Karung juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta surfing.

30. Desa Wisata Jodipan

Desa Wisata Jodipan adalah destinasi wisata modern yang terkenal di Jawa Timur. Desa Wisata Jodipan merupakan kampung warna-warni yang menjadi tempat favorit bagi para pecinta fotografi. Kamu bisa menikmati keindahan kampung warna-warni di Desa Wisata Jodipan.

Kesimpulan

Jawa Timur memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan indah. Dari wisata alam, sejarah, religi, kuliner, hingga wisata modern tersedia di Jawa Timur. Kamu bisa mempersiapkan peta wisata Jawa Timur sebagai panduanmu dalam menjelajahi destinasi wisata di Jawa Timur. Semoga artikel ini bisa menjadi referensimu dalam memilih destinasi wisata di Jawa Timur.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *